Harits さんの未確認動物学の恋人

Senin, 08 Juli 2019

Bakekujira - Paus Hantu dari Jepang


Halo Readers! Apakabar? Kali ini mau posting tentang cryptid jepang yaitu: Bakekujira.

Bakekujira (化鯨) adalah makhluk cryptid dari cerita rakyat Jepang. dalam bahasa jepang "bake"/"化" artinya "berubah" sedangkan "kujira"/"" artinya paus. Tapi di kasus Bakekujira, "bake" disini artinya bukan berubah, tapi cuma sebagai akhiran aja biar terkesan serem, karena di jepang "bake" itu lazim buat jadi embel-embel nama hantu, contoh: bakeneko/bakenezumi/bakeharits. Jadi Bakekujira disini diartiin sebagai "Paus Hantu".



Dipercaya, Bakekujira muncul pertama di Pulau Okino, perfektur Shimane. Gini-gini..

Pada malam berhujan, muncul sesuatu yang besar & putih di lautan. Para nelayan di pinggir pantai melihatnya makin mendekat ke darata. Mereka lalu memutuskan utnuk naik ke perahu & melihatnya daru dekat. Dari ukurannya, mereka tau kalo makhluk ini adalah semacam paus, tapi paus jenis ini tidak pernah mereka liaht sebelumnya. Semakin dekat mereka menyadari kalau permukaan lautan dipenuhi oleh ribuan ikan, ikan-ikan yang juga belum pernah mereka liat.

Saat sudah dekat dengan paus putih ini, salah satu nelayan melemparkan tombaknya tapi tombak itu menembus itu paus putih begitu aja. Saat hujan sedikit mereda, mereka baru menyadari kalau "paus" ini sebenernya berbentuk tulang belulang paus aja tapi tanpa daging. Tapi anehnya "paus" ini hidup & bergerak.

Para nelayan menjadi ketakutan, tambah lagi tiba-tiba di langit dipenuhi burung-burung aneh. Dan di kejauhan muncul pulau yang sebelumnya tidak pernah mereka lihat. Mendadak pulau itu hilang, termasuk si Bakekujira ini.

Mereka langsung balik ke daratan. Kemudian mereka berspekulasi kalau si Bakekujira ini adalah hantu dari paus yang mereka buru, atau bahkan dewa. Apapun itu Bakekujira tidak pernah terlihat lagi.

Udah, gitu doang sih, itu satu-satunya penampakan Bakekujira yang tercatat.

Mari kita analisis apa sih sebenernya Bakekujira ini. Tapi aku bakal analisis dari sisi si Bakekujira doang ya, masalah ada pulau misterius mendadak muncul + tombak yang nembus aku ga bahas, karena namanya juga cerita rakyat pasti banyak hiperbola nya (walaupun engga selalu gitu sih) & bakal berubah dari cerita asli seiring perkembangan jaman.

ANALISIS

1. PAUS ALBINO



Bentuknya paus 
Warnanya putih

Probabilitas: 80%


2. BANGKAI PAUS NGAMBANG




Beneran paus 
Keliatan tulangnya

Kalo keliatan malem-malem beneran serem banget kayak hantu paus, apalagi kalo lagi berombak dia keliatan idup, terus kalo pas berkabut makin serem lagi. 

Probabilitas: 90%

3. BENERAN BAKEKUJIRA ALIAS YOKAI



Kadang-kadang, kadang-kadang yaa.. Ada sesuatu yang engga bisa dikasih penjelasan ilmiah , mungkin ini salah satunya. Kalo kita liat di sekitar, sering kan ada misteri lautan yang engga terpecahkan, misteri nyi roro kidul misalnya. Jadi ga ketutup kemungkinan ini juga gitu.

Probabilitas: 50%

Nah oke, itu dia dari aku. Kalo menurut kalian gimana Readers? Kira-kira apa sebenernya si Bakekujira ini? Apakah dia paus albino? Bangkai paus? Atau harits?

hyakumonogatari



6 komentar:

  1. welcome back,salah satu blog yg selalu di tunggu. thanks updatenya bro harits....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wii sama2 bro, mkasih udah sempet baca2 blog ini lagi

      Hapus
  2. Wah, masih update aja blog ini, seneng rasanya ngeliat masih ada blog misteri yang masih aktif.
    Inget dulu pas SD selalu mantengin banyak blog misteri (bung E, Hawkson, dan bang Harits), good times lah pokoknya.
    Aku juga masih inget nyampah di beberapa postingan bang harits pake tulisan random gajelas (ya, itu saya).
    Tetep semangat bang, keep posting :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you udah ngikutin dari lama! aku bakal posting terus kalo ada konten yang oke buat di post, stay tuned!

      Hapus
  3. Salam dari Kuala Lumpur bro. Antara blogger faveret saya dari 2011 ni. Lama tak ada posting ya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo, makasih udah ngikutin blog ini. kalo ada yg asik nanti aku posting kook

      Hapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

Protected by Copyscape Duplicate Content Detector