Harits さんの未確認動物学の恋人

Selasa, 20 Oktober 2020

Dokumentasi "Duyung" Kepulauan di Maluku Tahun 1700an [Updated]

Hai Readers baru-baru ini aku nemu dokumentasi cryptozoology lokal yang keren banget! Jadi ga sengaja banget nemu pdf dari sebuah jurnal keluaran tahun 1700-an yang berisi tentang catatan kehidupan laut di kepulauan Maluku.

Jurnal ini keluaran tahun 1754 yang membahas Poissons, écrevisses et crabes yang artinya kurang lebih: Ikan, udang & kepiting, lokasi dari penelitian kehidupan laut ini di Isles Moluques: Kepulauan Maluku. Jurnal ini ditulis & diilustrasi oleh Louis Renard (1678 - 1746).

Jurnal ini sebagian besar berisi ilustrasi kehidupan lautan di kepualauan Maluku, sekilas engga ada yang aneh, cuman ilustrasi ikan tropis yang penuh warna:





So far engga ada yang aneh kan? Eit jangan yakin dulu, liat halaman yang ini:


Ada duyung dong tiba-tiba. Di perairan Maluku ada duyungnya! Ini bukan ilustrasi pemanis semata, kalo kita liat ada semacem keterangan di samping gambar:


Nah, dengan sedikit ketak-ketik di google translate aku berhasil terjemahin tulisan berbahasa perancis itu: 


Nah inti dari keterangan itu kurang lebih gini:
"Seekor monster yang mirip siren (duyung) tertangkap di sisi pangkalan di daerah Ambon. Panjangnya 59 inchi (1,5 meter), seukuran belut. Dia ini hidup di darat di dalam tangki penuh air selama 4 hari dan 5 jam. Dari waktu ke watu terdengar suara tangisan mirip suara tikus. Dia tidak mau makan ketika diberi makan kacang-kacangan, kerang, kepiting maupun udang. Kotoran mirip kotoran kucing ditemukan di dalam tangki setelah dia mati."

Woooww. Keren banget ya, apakah ini bukti kalau dulu ada duyung yang tinggal di perairan Maluku? Kalau iya berarti sekarang kemungkinan udah punah dong?

Mari kita breakdown anatominya:

Melihat dia punya tete, dia fix betina, terus kayaknya makhluk ini adalah mamalia, digambarkan juga dia punya 5 jari yang berselaput, kayak tangan kodok, yang notabene adalah hewan amphibi. Hmm.. 


Terus setengah badan ke bawahnya adalah ikan, seperti duyung pada umumnya.


Menariknya, makhluk ini punya ciri dari mamalia, amphibi & juga ikan. Jadi penasaran kalo reproduksi mereka gimana, apakah bertelur? Apakah punya alat reproduksi seperti mamalia?
 
Diceritain juga kalo makhluk ini bersuara mirip kucing, berarti punya pita suara, apakah mereka cukup cerdas untuk berkomunikasi? 

Emang sih ada juga kemungkinan kalo ini isapan jempol aja, namanya juga orang jaman dulu ya kan..

Kalo disini ada pembaca dari Maluku boleh dong di share, ada cerita rakyat yang nyeritain tentang duyung engga disana?

rct.uk

2 komentar:

  1. Harisss, pa kabar?? Wkwkwk seneng gua lau masih ngepost.

    Btw yg keren dari jurnal itu adalah bahwa keterangan kalo monster itu sempet ketangkep dan dikurung. Rada yakin 70 30 ini real sih, secara itu adalah sebuah jurnal, apalagi dijaman segitu pengetahuan masih minim. Jadi rada gamungkin diselipin hal yang bukan fakta.

    Btw tetep ngepost ris. Apdet juga dong ufo sama strange phenomenonnya. Kangen kaliann T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo.. im fine nih thank you for asking! Insyaallah aku mah bakal tetep update blog ini kalau ada artikel ngehits.

      YESS, setuju, menurutku juga ini fenomena yang real, at least worth it buat ditulis di jurnal.

      Kalau aku sempet yg 2 blog ufo sama strange phenomenon bakal aku update tp ga janji yakk

      Hapus

Hayo, komennya yang sopan ye..