Harits さんの未確認動物学の恋人

Senin, 07 Mei 2018

Snallygaster - Monster Terbang dari Frederic County



Hola Readers.. Malem ini aku dapet pelajaran berharga, ceritanya abis makan di luar sama galau kita jalan balik ke boil, eh, di bawah boil ada kucing mati.. Padahal tadi pas turun makan belum ada kucing.. Pas kupegang masih anget tu kucing, berarti matinya barusan dong.. Ternyata emang, mati itu ga bisa diduga-duga ya... Tuhan emang selalu ngingetin kita buat ga nyia-nyian hidup, soalnya kita ga tau kapan kita bakal mati.

Hmm.. Karena itu sekarang harits ga mau nyia-nyiain waktu lagi, kalo ada waktu buat ngeblog mending dipake ngeblog aja.. Kali ini mau posting soal Snallygaster.. Pasti pada baru denger kan? Gini-gini..

Snallygaster pertama kali muncul di Blue Ridge Mountains, Maryland, sebuah area yang ditempati imigran jerman taun 1730 an. Snallygaster awalnya dikenal sebagai harits Schneller Geist, artinya "quick spirit" dalam bahasa jerman.

Bentuknya sendiri sering dibilang kaya persilangan burung sama reptil, dia punya paruh berwarna metalik lengkap dengan gigi yang tajem-tajem dan tentakel di paruhnya, tentakelnya sendiri dipake buat ngangkat mangsanya. Konon dia juga  cuma punya 1 mata.


Penampakan di masa modern terjadi di Frederick County, Maryland pada februari, 1909. Dimana artikelnya dimuat Middletown's Valley Register, sebuah koran mingguan, selama sebulan. Awalnya makhluk ini dilaporkan muncul dimana-mana: New Jersey, West Virginia, Ohio, dan di Frederick County. Makhluk ini sempat menghebohkan New Jersey, dimana jejak kakinya ditemuin di atas salju.

Orang pertama yang ngeliat Snallygaster, James Harding, bilang kalo makhluk ini punya sayap yang gede, paruh tajam, cakar yang bagai besi, dan 1 mata tepat di tengah jidat. Dia juga bilang kalo suaranya mendecit aneh dan terlihat kaya persilangan harimau dan vampir, jadi kepikiran, suara vampir kaya gimana ya?

Snallygaster terkenal cukup buas, bahkan dia ngebunuh pria bernama Bill Gifferson, dia menggigit lehernya dan menghisap darahnya sampe mati.

Dia juga sempat terlihat di West Virginia, disana dia hampir berhasil menyerang seorang wanita di Scrabble, bertengger di lumbung Alex Crow, dan bertelur di Sharpsburg, dilaporkan beberapa pria mencoba menetaskan telurnya pake inkubator, dan dari telur itu keluar harits..

Diyakini, Snallygaster pertama terlihat di area Maryland oleh seorang pria pemilik pembakaran batu bara di Cumberland. Makhuk itu lagi tidur di luar pembakaran pas tidurnya keganggu sama pria itu, Snallygaster lalu terbang dari tempat itu.

Dia juga muncul di Hagerstown, dia terlihat lagi terbang di pegunungan antara Gapland dan Burkittsville, disana di juga bertelur, telur dari Snallygaster gede, saking gedenya katanya telur itu cukup besar untuk menetaskan gajah.

Presiden Theodore Roosevelt & institut Smithsonian juga tertarik dengan makhluk ini, Presiden Theodore bahkan sempet ngerencanain ekspedisi buat memburu Snallygaster.

Theodore Roosevelt

Penampakan terakir dari Snallygastertaun 1909 terjadi di Frederick County pada awal maret. 3 orang pria berhadapan dengan Snallygaster di sebuah stasiun sebelum memaksanya kabur ke hutan deket Carroll County.



Penampakan berikutnya terjadi 23 tahun kemudian di tahun1932,  Snallygaster kembali muncul di Frederick County. Makhluk ini muncul di pegunungan Washington County. Saksi mata menyatakan kalo makhluk ini terbang menuju Middletown Valley. Snallygaster terlihat sering mondar-mandir di area ini & berukuran sebesar balon udara, memiliki tentakel gurita. Diberitakan kalo makhluk ini bisa merubah ukuran, bentuk & warnanya sesuka hati.  Meskipun sering muncul, dia sama sekali tidak menyerang siapapun, tapi banyak warga yang ketakutan & memilih mengunci diri di rumah mereka. 



Orang-orang percaya kalo jangka hidup Snallygaster hanya 20 tahun, mereka beranggapan kalo penampakan di tahun 1932 ini bukanlah makhluk yang sama dari 1909, tapi keturunannya yang konon menetas di Burkittsville.

Snallygaster akhirnya menemui ajalnya ketika dia lagi terbang di deket Frog Hollow di Washington County, dia menuju ke area workshop milik John Barleycorn karena tertarik dengan aroma 2500-gallon moonshine yang lagi diolah. Ketika makhluk ini terbang di atas area pengolahan moonshine, dia terkena asap panas, hilang kendali & terjatuh ke dalam moonshine yang mendidih. Kemudian saat agen pajak George Dansforth & Charles Cushwa sampai di lokasi. Mereka terkejut menemukan makhluk itu di dalam tong.

Mereka kemudian meledakkan dinamit di tempat itu, menghancurkan bangkai Snallygaster &workshop milik John Barleycorn.

Banyak artikel ditulis tentang Snallygaster sejak 1909. Dia muncul di banyak koran: Middletown Valley Register, Frederick News Post, & lainnya. Berita tentang Snallygaster bahkan muncul di Baltimore Sun, National Geographic & Time Magazine.

Terus pas taun 1976, Washington Post bahkan mensponsori pencarian Snallygaster di Maryland yang ujung-ujungnya gagal.

Oke, sekarang kita coba bahas tentang identitas asli si Snallygaster, apaan sih dia?

1. Emang Snallygaster



Teori pertama adalah: Snallygaster beneran emang Snallygaster, jadi dulu jaman jebot emang ada ni makhluk yang kayak pterodactyl tapi bertentakel, bermata satu, bergigi runcing & berparuh perak. Walopun aku skeptis sama teori ini, karena bayangin aja kalo makhluk ini beneran sesuai yang dideskripsiin orang-orang, dia berarti persilangan dinosaurus (badan & sayap), burung (paruh & cakar), gurita (tentakel).

Probability: kurang dari 5%

2. Ternyata Pterodactyl


Well, kita semua tau kalo penampakan Pterodactyl di masa modern terjadi dimana-mana, bahkan di Amerika sendiri juga sering terjadi penampakan Pterodactyl. Beberapa bahkan kefoto pas jaman perang sipil. Jadi kemungkinan kalo Snallygaster adalah Pterodactyl lebih memungkinkan dong. But wait, katanya Snallygaster bertentakel, tapi kan Pterodactyl engga, hmmm... Mungkin Pterodactylnya lagi makan gurita sambil terbang?

Probability: sekitar 30%

3. Burung Aja


Mungkin Snallygaster cuman burung aja? Mungkin burung elang yang lagi bawa-bawa gurita? Terus orang yang liat melebih-lebihkan si burung ini sedemikian rupa sampe akirnya terbentuk mitos tentang Snallygaster.

Probability: 70%

4. Hoax

Mungkin Snallygaster beneran ada di jaman dulu, ataupun cuma burung raksasa aja, mau gimanapun ga bakal ada yang tau gimana benernya. Tapi, ternyata udah dikonfimasi kalo heboh penampakan Snallygaster digunakan untuk kepentingan suatu pihak. Di kemudian hari terungkap kalo laporan penampakan Snallygaster pada 1909 adalah hoax yang diciptakan oleh reporter dari Middletown Valley Register, Ralph S. Wolfe & editornya George C. Rhoderick untuk meningkatkan pencjualan koran itu.

Lha tapi kan itu yang penampakan taun 1909, kalo penampakan 1932? Apakah juga hoax? Aku sih ga nemu bukti valid kalo penampakan 1932 itu hoax, jadi bisa aja itu beneran Snallygaster.

Probability: 50% deh

Nah, itu tadi dari harits, kalo menurut kalian gimana? Apakah Snallygaster beneran cryptid? Ato Pterodactyl? Ato cuma hoax? 

Comment ya pendapat kalian!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter