Harits さんの未確認動物学の恋人

Rabu, 19 Desember 2012

Quickread - Ular Raksasa di Koh Mai Pai?

Halo Readers! Gimana kabare? Gile ni body pegel abis, kemaren abis futsal setelah sekian lama vakum.. Betewe, kata si aldy temen kampus, kalo badan pegel-pegel abis olahraga tu berarti ototnya robek ya? 

Oya, sekarang mau posting tentang berita heboh nih, gini-gini..



Sebuah jejak ular raksasa tiba-tiba muncul kemaren jumat (14 desember) di pulau Koh Mai Pai, Thailand, jejak itu dimulai dari hutan, terus ngelewatin sekolah terus terakir ngilang ke arah laut, jejak ini kontan aja ngebikin murid-murid & orang tua nya kawatir, takut kalo-kalo ular itu muncul pas lagi pelajaran.

Di jejak ular ini ada sepasang pola lingkaran, masing-masing lingkaran berdiameter 20 senti. Menurut peneliti yang diterjunkan disana, ular ini beneran panjangnya 15 meter.

Pannee Atwaree, guru di sekolah itu, bilang, dia & penduduk pulau kawatir kalo kemunculan ular ini merupakan salah satu pertanda kiamat yang akan datang besok tanggal 21 desember, nah loh. 


serem abis

Kepala desa Baan Koh Mai Pai, Anan Sansamuth malam sebelum kemunculan jejak itu, permukaan air laut lagi tinggi banget. Sekitar jam11 malem, dia denger suara bebek gitu tapi dia cuekin. 

Emang sih selama beberapa bulan terakir kambing piaraan warga pulau sering ngilang gitu, penduduk sekitar emang ngira kalo itu dimangsa piton – soalnya beberapa taun kemaren ternak warga pada dimakanin gitu sama piton.

Mr Damrong & Koh Panyee OrBorTor, seorang petugas polisi bersama penduduk pulau Koh Mai Pai, sekarang menjaga pulau itu selama 24 jam.

Kalo menurut Readers itu apaan?

P.S betewe besok hari terakir buat kumpulin artikel buat kaos gratis loh! Terus taun depan kuumuin sapa yang menang.. :D

Rabu, 05 Desember 2012

Giveaways - Kaos Harits Cryptozoology Lover


Hai Readers.. Kalo diliat kok rasa-rasaya aura pecinta misteri di Indonesia makin redup gitu yak? Apa gara-gara yang dibahas itu-itu aja? 

Nah, biar ga makin redup terus padam, aku mau menyegarkan semua pembaca blog misteri, terutama pembaca blog harits, dengan ngebikin kontes kecil-kecilan yang ada giveawaynya gitu.. Giveaway-nya adalah kaos yang desainnya asli buatan harits!

Gimana cara ngedapetin kaos cantik nan ciamik ini? Caranya gampang: Kalian tinggal kirimin tulisan yang berbau cryptozoology ke harits. Nih ketentuannya:

  • Bikin artikel tentang cryptozoology yang berbobot & (kalo bisa) belom pernah dibahas di Indonesia
  • Jangan pendek-pendek banget
  • Kirim ke emailku: botolgula@yahoo.co.id. Ntar di dpan judulnya kasih tulisan [crypto giveaways]
  • 1 penulis yang beruntung bakal dapet kaos & tulisannya dimasukin ke blog ini 

Ntar semua tulisan yang masuk bakal langsung harits baca & dikasih penilaian. 

Asik kan? Kapan lagi cuma nulis doang dapet kaos gratis? Tenang aja sodara-sodara, peluang dapet kaosnya BUESAR banget, soalnya yang demen crypto ga banyak-banyak amat, terus yang mau nulis juga paling dikit doang..

Batas akhir penulisan artikelnya tanggal 20 desember

Betewe kaosnya kaya gini:



Sabtu, 24 November 2012

Kusshi - Monster Danau dari Hokkaido

Wah ujan-ujan gini emang enaknya tidur sih, enaknya sih gitu, tapi demi mengejar kredibilitas sebagai blogger yaudah deh gajadi..

Betewe kali ini mau posting tentang kusshi, dari namanya aja udah ketauan sih, pasti dia sodaranya nessie deh.. Jadi gini..



Konon, di danau Kussharo yang ada di taman nasional Akan di Hokkaido hiduplah seekor makhluk misterius yang disebut Kusshi. Danau ini dulunya adalah kawah gunung berapi & merupakan danau terbesar ke 6 di jepang.



Selain terkenal karena terletak di taman nasional, danau ini juga terkenal sebagai tempat hidup Kusshi, saking terkenalnya bahkan sampe ada patungnya segala.



Kusshi diceritakan punya panjang 10 sampe 20 meter & berwarna coklat gelap. Dibeberapa penampakan Kusshi juga katanya punya punuk . Kepalanya mirip kepala kuda, cuma lebih gede & punya mata berwarna silver, kadang Kusshi juga dibilang punya 2 'tanduk' kaya jerapah. 
Menurut laporan, Kusshi bersuara kaya mendengus gitu.
Karakteristik paling menonjol dari Kusshi adalah kecepatan geraknya. Pada September, 1974, 15 orang bersaksi kalo seekor makhluk dengan kulit mengkilat dengan sisik perak, terlihat dibawah permukaan air dengan kecepatan sama dengan speedboat yang mereka naiki. Taun 1988, Mr. Takashi Murata yang lagi naek motorboat melaporkan kalo diadikejar sama seekor makhluk misterius yang berjarak 15 meter darinya, makhluk ini punya punggung berwarna gelap yang mirip kaya lumba-lumba gitu teksturnya. Makhluk ini mengejarnya selama beberapa saat sebelum akirnya masuk ke dalam air.


Keberadaan Kusshi di danau Kussharo mulai mendapat perhatian taun 70an saking seringnya makhluk ini menampakkan diri. Pada 1972, seorang pria ngeliat objek yang terlihat kaya “kapal terbalik,” berenang cepat dipermukaan air. Pada agustus 1973, 40 siswa SMP lagi mengunjungi danau ini bersama guru mereka, mereka melihan sesosok makhluk besar di air tidak jauh dari tepian danau. Juli 1974, terjadi penampakan Kusshi paling terkenal, Mr. Wada, seorang petani, ngeliat makhluk besar, berkulit gelap dengan beberapa punuk yang masing-masing jaraknya 4 meter. Dia ngeliat makhluk itu selama beberapa saat sebelum akirnya dia masuk ke air lagi.






Penampakan ini menarik perhatian masyarakat, sebentar aja banyak stasiun TV yang ngeliput. Bulan September 1974, TV crew, beberapa kapal dengan perlatan sonar, & beberapa tim penyelam mencari makhluk ini. Usaha ini lumayan memuaskan. Kapal-kapal dengan peralatan sonar menangkap keberadaan maklhuk berukuran 15-20 meter di dalam air & TV crew dari Hokkaido Broadcasting Company berhasil mendapat foto dari makhluk ini. Selama beberapa taun Kusshi beberapa kali muncul & disaksikan orang.

Kusshi sering banget muncul, ga cuma diliat 1 orang aja, orang ramean juga sering liat. Mei, 1976, Kusshi disaksikan oleh 22 orang di dalam tour bus. Taun 1997, sekelompok pemadam kebakaran melihat makhluk ini berenang 100 meter dari tepian danau, dimana menurut mereka makhluk ini memiliki panjang 20 meter, dengan sirip penggerak. Kusshi muncul lagi taun 2002 & disaksikan beberapa turis. Buset..
Meskipun Kusshi baru ngetop taun 1970an, Kusshi ternyata udah ada dari jaman jebot. Suku Ainu yang tinggal di area itu udah sejak lama punya cerita tentang ular raksasa yang idup di danau ini. Para pelopor asing di era Meiji juga konon melihat makhluk ini menyerang & memakan seekor rusa. Pada taun 40 - 50an, Kusshi juga beberapa kali muncul tapi ga seheboh taun 70an.
Okeh, terus kira-kira si Kisshi ini apa ya?
Danau Kussharo sebenernya bagus buat habitat makhluk air, cuman taun 1938 di danau itu terjadi letusan vulkanis yang mencemari danau dengan belerang, ikan aja bakalan susah idup di kondisi kaya gini, gimana makhluk gede kaya Kusshi?
Penjelasan yang mungkin masuk akal adalah, Kusshi ini adalah rusa ato kuda yang lagi renang.


Kenapa gitu? Soalnya dibeberapa penampakan dia dibilang kaya kuda gitu kan? Terus ada juga yang bilang di bertanduk, jadinya bisa aja itu rusa, lagian mereka bisa renang, jadi bisa aja kan..

Jadi taun 75, seorang pekerja kehutanan ngeliat kuda renang di danau, tapi pas diliat-liat lagi tu kuda lebih gede dari kuda biasa terus abis itu dia nyelem & ga keluar-keluar lagi. Nah lo.. Bisa aja sih beneran kuda renang, tapi kuda kan ga mungkin renang secepet speedboat?

Tapi selaen kuda ato rusa, bisa aja itu rainbow trout, sockeye salmon, ato Sakhalin taimen (Hutcho perryi), yang emang berhabitat di Hokkaido & merupakan salah satu spesies salmon tertua & terbesar. Tapi kalo Kisshi itu ikan? Gimana ngejelasin leher sama pala mirip kudanya coba? 

Kalo menurut Readers itu apaan? Kuda renang? Ikan? Beneran Kisshi? Ato harits? Share di comment yak!

Betewe aku mau pamer sesuatu nih, klik link ini yak!

Senin, 19 November 2012

Makhluk Misterius Tertembak di Namibia - Dwarf? [BUSTED!]

Yo Readers, gimana kabare? Baik? Ciyus? Miapah?

Okay, kali ini aku mau posting tentang seekor makhluk misterius yang ketembak di Namibia beberapa hari yang lalu, gini-gini:

Sebuah harian lokal di Namibia mengangkat berita tentang sekumpulan turis yang lagi wisata nembak yang ketemu beberapa makhluk aneh & menembak seekor diantaranya di sebuah hutan disana.

Menurut saksi yang juga penduduk lokal yang memandu sekumpulan turis, mereka lagi jalan pas tiba-tiba mereka ngeliat makhluk ini lagi berusaha nyari makan di semak-semak. Salah satu turis menembak makhluk itu di bahunya & makhluk itu lari ke dalam rerimbunan semak.

Mereka mengejarnya sampe ke sebuah sarang, disana mereka melihat 3 makhluk lagi yang sama percis. Salah satu diantara makhluk itu yang tadi ketembak di bahu nyerang para turis sebelum akirnya ditembak mati, sisanya kabur ke dalam hutan.



Bangkai makhluk itu terus dibawa ke camp sebelum akirnya dibawa ke polisi, sampe sekarang proses forensik masih berjalan.

Nah loh, dari bentuknya sih itu ga mirip hewan apapun. Diliat dari tangan orang yang lagi megang, ukurannya paling gede cuma sekucing. 

Tapi dari postur badan sama tangannya ini keliatan kaya primata gitu deh. Monyet? Bukan pastinya, monyet matanya lebih belo, lebih buluan terus kupingnya ga gitu, mukanya juga beda jauh ma primata. 


kalo monyet kaya gini nih

Sekilas kaya orang gitu. Betewe kaya dwarf ga sih? Jangan-jangan dwarf beneran ada & idup di Afrika sono..

Well, percuma juga kita debat kusir nentuin itu maklhuk apa, kita ga bisa nyimpulin makhluk apa ini sebenernya sebelum hasil uji forensiknya keluar.

Kalo menurut Readers itu apaan? Monyet? Dwarf? Makhluk yang bener-bener belum teridentifikasi? Ato harits?

Apdet:
Barusan aja dapet feedback dari bang denny di pesbuk, jadi ternyata sodara-sodara, gambar diatas itu hoax gitu, nih linknya. Jadi pesan moralnya adalah, jangan langsung percaya media gede kaya dailytelegraph dll, tanpa kroscek dulu -_-

dailytelegraph

Sabtu, 13 Oktober 2012

Bola Mata Misterius Terdampar - Cumi-Cumi Raksasa?


Ahoy Readers, kemaren kan lagi abis posting nih, terus seperti biasa kutaro di forum misteri gitu di pesbuk, eh pas baca komen-komennya ternyata pada nyuruh biar postingannya lebih rajin.  Pengen sih, tapi kan lagi rada sibuk nih, jadi emang ga sempet gitu.. Tapi sekarang mumpung ga ada kesibukan aku posting deh.. Gini-gini..

Jadi baru-baru ini ada sebuah bola mata yang terdampar di pantai Pompano, bola mata biasa aja udah serem, tapi yang terdampar ini bola mata yang ukurannya gede. Nih fotonya:



Gino Covacci lagi jalan-jalan di pinggiran pantai waktu dia ngeliat ada benda aneh lagi dipermainkan gelombang ombak (cailah..) 
Tanpa menyadari benda apa itu sebenarnya, dia menendangnya ke arah pasir, karena tadi pas ditendang berasa jemek, dia lantas memperhatikannya dengan seksama. Ternyata yang dia liat adalah bola mata yang gede banget.
Bola mata berwarna biru & seukuran bola softball itu ditemuin hari rabu kemaren. Dia lalu mengambil bola mata itu & menaruhnya ke sebuah kantong plastik & menaruhnya ke dalam kulkas.


"Bola mata itu masih sangat segar," ujarnya. "Bola mata itu bahkan masih berlumuran darah pas ditaro ke dalam plastik."
Gino langsung menghubungi kepolisian, dia lalu dihubungkan dengan Florida Fish and Wildlife Conservation Commission. Tapi mereka belum bisa menentukan dari spesies apa bola mata itu berasal.
Petugas dari Wildlife Conservation menaruh bola mata itu dalam es. Bola mata itu nantinya akan diawetkan dengan formalin, sebelum diteliti lebih lanjut oleh Florida Fish and Wildlife Research Institute di St. Petersburg.
Okeh, jadi makhluk apa yang sekarang lagi berenang di laut dengan satu mata?
Belum ada yang bisa mastiin juga sih, meskipun di perairan South Florida ada banyak kandidat hewan air yang berukuran besar, termasuk ikan moncong pedang, tuna, hiu & paus. 
Charles Messing, professor dari Nova Southeastern University Oceanographic Center, menyatakan bahwa dari penelitian foto-foto hewan laut yang berukuran besar, yang paling memungkinkan adalah ikan moncong pedang a.k.a swordfish.


Swordfish sendiri merupakan spesies umum yang ditemuin di South Florida..
Hmm.. Bisa aja sih, tapi bola mata itu kaya berasal dari cumi-cumi raksasa ga sih? Soalnya setelah mempelajari beberapa foto swordfish, mata mereka warnanya agak kehitam-hitman, ga putih kaya di gambar.
Mata cumi-cumi raksasa kaya gini nih:




Nah kalo menurut Readers gimana? Dari spesies apakah mata itu berasal? Swordfish? Cumi-Cumi Raksasa? Apa harits?




Sabtu, 06 Oktober 2012

Yamakachi - Misteri Ular Raksasa di Jepang

Sore Readers. Abis ngubek-ngubek internet cari bahan & akirnya ada sesuatu yang asoy buat diposting, kali ini postingan tentang Yamakachi, yaitu ular raksasa yang konon idup di jepang. Jadi gini.
Ular yang 'panjang', 'besar' & serem emang ada dimana-mana diseluruh dunia, dari hutan di Asia, Amerika Selatan, Afrika, Akan tetapi tak dinyana tak disangka, di Jepang juga ada sejarah tentang penampakan ular raksasa.
Banyak cerita tentang para pionir yang ke Jepang bertemu dengan ular raksasa di hutan-hutan di jepang. 
Di pegunungan jepang konon ada ular yang saking besarnya dia bisa nelen anjing, banyak juga cerita tentang pengembara jaman dulu yang apes & diserang ato bahkan kalo apesnya kebangetan sampe dimakan sama ular raksasa itu. Para pengembara menjulukinya uwaba-mi, ato yamakachi.
Ular-ular ini jarang muncul, tapi sangat ditakuti oleh penduduk lokal, & banyak rumor yang bilang kalo anak-anak & perempuan suka dimangsa sama mereka. Pada jaman itu penduduk ga lazim ngebawa senjata pas lagi jalan, tapi gara-gara ada banyak ular yang buas mereka jadi banyak yang bawa buat melindungi diri.
Biasanya, para ular ini dibunuh ato bahkan ditangkep idup-idup untuk dipajang sama penduduk desa. 
Penampakan ular misterius yang ukurannya besar ini tetep sering muncul bahkan di jaman modern. Salah satu penampakan yang paling terkenal terjadi di gunung Tsurugi, yang terletak di perfektur Tokushima.
Gunung Tsurugi banyak dihubung-hubungin sama fenomena paranormal, legenda bilang kalo gunung ini awalnya piramid buatan manusia, dipercaya harta karun Raja Solomon/Sulaiman tersembunyi di bawahnya. 
Menariknya, harta karun ini dijaga oleh ular raksasa yang bakal menyerang siapapun yang mendekati harta itu.
Gunung Tsurugi
Ular raksasa disana sering diliat sama para hiker & camper, katanya yang mereka lihat disana adalah ular sepanjang 12 meter. 
Gunung ini juga terkenal gara-gara banyak kasus orang yang hilang, sering dibilang kalo ada orang ilang disini berarti dia dimakan sama harits ular raksasa. Konon ular yang berhabitat disini super agresif & nyerang bahkan pas ga diganggu, kaya anak-anak yang sering tawuran gitu lah.
Pada 26 mei taun 1973, pekerja kehutanan yang kerja di gunung Tsurugi ngeliat ular yang badannya setebel tiang telepon, berwarna item & perutnya putih. Menurut dia, 5 meter dari tubuhnya muncul dari semak-semak terus sisanya ngumpet di rerimbunan, dengan ketebelan segitu kurang-lebih sih panjangnya bisa 10 meter lebih. 
Ular ini dilaporin bersuara kaya berkicau gitu tapi dicampur desisan, well, ga tau gimana tuh suaranya tapi kayanya seksi.
Laporan ini tentu aja bikin panik penduduk sekitar, berturut-turut setelah laporan itu banyak penduduk juga liat ular, panjang yang dilaporin bervarasi antara 8-10 meter.
Bulan berikutnya, sekumpulan besar sukarelawan menyisir daerah itu, sama kaya cryptoid lainnya, ular ini juga ga pernah ditemuin, mereka cuma berhasil nemuin jejak melatanya ular yang selebar 40 senti.
Gunung lainnya, Tateiwa, di perfektur Gunma, juga konon dihuni ular raksasa. Sering ada laporan tentang penampakannya, kali ini ada buktinya, yaitu kulit dari ular yang abis ganti kulit. Setelah diteliti, itu berasal dari ular sepanjang 7 meter.
Di perfektur Izu, ular putih sepanjang 9 meteran menghentikan pembangunan sebuah hotel pas tiba-tiba ular itu muncul dari sekitar daerah & masuk ke komplk bangunan. Para pekerja yang ketakutan menolak kembali selama beberapa hari. 
Pas mereka balik tentu aja ular itu udah ga ada, inspeksi di daerah itu ga nemuin ular sama sekali.
Kira-kira apa yang mereka liat? Apakah emang ada ular segede itu yang idup di jepang?
Salah satu ular yang paling panjang adalah anaconda hijau (Eunectes murinus) yang idup di amerika selatan, panjang mereka bervariasi dari 6 sampe 9 meter, beratnya bisa mencapai 250 kg sampe 500 kg. Ular anaconda hijau paling panjang memiliki panjang 11.4 meter.
Anaconda hijau
Spesies lain, ular piton (Python reticulatus) yang idup di Asia tenggara adalah spesies ular terpanjang, mereka lebih pnjang dari anaconda hijau tapi ga se-bulky mereka, alias kurusan.
Piton
Apakah ular raksasa yang sering muncul di jepang adalah salah satu dari spesies ini, ato beneran spesies ular baru?
Meskipun Jepang memiliki banyak spesies ular, ga ada ular boa ato piton yang berhabitat di jepang. Selain itu, ga ada juga ular yang idup di jepang yang panjangnya bisa mencapai kepanjangan itu.
Ular terpanjang di jepang adalah Hime habu (Ovophis okinavensis), mereka spesies viper beracun yang idup di selatan pulau Ryukyus, panjang mereka rata-rata cuma 1.1 sampe 1.8 meter, maksimal panjangnya cuma 3 meter. Ga mungkin ular semungil ini bisa punya panjang  8 sampe 10 meter. Hime Habu ga cuma terlalu kecil, tapi juga cuma bisa ditemuin di selatan Jepang.
Hime Habu
Lebih-lebih, ga ada bukti yang nunjukin kalo uler macem gini pernah idup di Jepang. Jangankan ularnya, fosilnya aja ga ada.
Pelaku dari penampakan tidak bertanggung jawab ini kemungkinan besar ular-ular eksotis yang kabur dari pet shop ato dilepas pemiliknya gara-gara udah terlalu gede. Beberapa tipe dari piton & bo emang ada di pet shop jepang & dijual bebas. 
gede banget, jijay
Kalo emang yang diliat orang-orang adalah ular piaraan yang lepas, berarti mereka mencapai panjang yang super & itu susah banget, makan apa mereka di hutan? Kan susah cari hewan buat dimakan di hutan jepang. 
Kalo gitu apa dong? Ya kemungkinan para saksi mata salah ngitung panjangnya ular, ya pasti salah sih, ga mungkin kan kita ngeliat ular gede di tengah hutan terus kita deketin diukur dulu? Mau bilang apa sama ularnya? "Bang misi bang badannya lurusin dulu, saya susah ngukurnya." gitu?
Bukan ga mungkin piton sama anakonda mencapai panjang kaya gitu sih di alam liar, asal mereka ad di lingkungan yang kondusif tanpa gangguan dari manusia mereka bisa aja mencapai panjang segitu. Tapi ular yang bisa sepanjang itu pastinya udah tua.
Tambah lagi, area penampakan mereka bukanlah tempat ideal buat ular gede idup. Piton & boa biasa ditemuin di tempat lembab & beriklim tropis, nah, iklim Jepang itu beda banget. Ular emang bisa toleran sama iklim panas yang ekstrim, tapi susah buat bertahan idup di tempat yang dingin, bahkan di tempat perawatan, ular harus terus dimonitor temperatur kandangnya.
Ular-ular macem piton gitu bakal having hard time buat nyesuain diri dengan iklim di Tsurugi & Izu. Meskipun penampakannya terjadi di musim panas, kemungkinan ular-ular (yang kabur) ini ga bakal bisa bertahan dari musim dingin. Inilah kenapa ular di jepang bakalan susah mencapai panjang 8 sampe 11 meter.

Tapi lain ceritanya kalo ular itu berhibernasi di musim dingin, kaya boa satu ini, boa constrictor namanya, dia punya kemampuan adaptasi terhadap iklim & bisa berhibernasi di musim dingin. Cuma ular ini panjangnya cuma 4 meter, jadi bukan ular ini yang bikin heboh.
Oke, katakan aja ular lepas adalah jawaban dari penampakan yang ada, tapi kalo gitu ada 1 masalah, ular yang muncul di jaman dulu ular darimana dong? Ga mungkin kan impor dari negara lain?
Oke kalo gini hanya ada 1 jawaban yang masuk akal & nakal. Berarti di jepang masih ada spesies ular gede yang misterius & tahan segala iklim. Apakah ular ini ancaman? Kalo bener mereka gresif & suka makan orang udah pasti itu ancaman, tapi sejauh ini belom ada bukti pastinya sih.

Kalo menurut Readers gimana? Apakah itu beneran Yamakachi? Piton lepas? Ato harits?

cryptomundo

Kamis, 20 September 2012

Penampakan Nesski di Danau Labynkyr


Malem Readers! Hari ini pilgub pada milih sapa? Jokowi apa Foke? Well, kali ini mau bahas cryptoid danau dari Rusia, gini-gini:

Jadi akademisi Russia mengklaim bahwa ada 'Siberian Loch Ness monster' di salah satu danau terpencil di Rusia sana.

Para peneliti yang make alat pendeteksi bawah air menemukan bukti keberadaan 'Nesski' - yang panjangnya 33 kaki - di kedalaman danau Labynkyr.

Hal ini diperkuat dengan pengakuan penduduk Evenk & Yakut yang menyatakan kalo makhluk itu udah disana sejak jaman dulu.

Proof: This photograph, said to be the head of the underwater beast, is being used as evidence to prove the existence of a Siberian Loch Ness monster
wowow

Ini dia foto dari makhluk yang disebut-sebut menghuni danau Labynkyr, foto ini dimuat di the Siberian Times.

Nesski disebut ‘the Devil' oleh penduduk setempat, disebut gini soalnya mengacu pada kejadian pada abad 19 dimana Nesski sempet bikin kehebohan.
 
    Lyudmila Emeliyanova, dari Moscow State University, bilang sama Siberian Times kalo pada ekspedisi ilmiahnya ke danau Labynkyr dia merekam beberapa penampakan sesuatu yang 'panjang' & 'besar' di dalam air dengan perlengkapan sonarnya.

    Territory: Lake Labynkyr in Siberia, the home of 'Nesski'
    Danau Labynkyr 

    Dari pembacaan sonic, peneliti menggambar makhluk itu di atas layar fish-finder.
    ‘Hari itu adalah hari ke 4 atau ke 5 di danau saat echo sounding device menangkap penampakan sesuatu yang besar di bawah kapal," kata Dr Emeliyanova.

    Apapun itu itu terlihat sangat 'hidup' dan besar untuk sekumpulan ikan maupun spesies ikan apapun di danau.

    ‘Objek itu padat, berstektur homogen, sudah pasti bukan ikan besar maupun segerombolan ikan & objek itu berenang tepat di dasar danau," tambahnya lagi.

    ‘Saya sangat terkejut tapi tidak merasa takut, karena kita tidak melihat mekhluk ini secara langsung, kami hanya mendapat sebuah objek aneh di danau. Tapi saya daat mengatakan bahwa - saat ini, sebagai peneliti, saya tidak dapat memberitahu apakah objek ini sebenarnya.’

    Is this it?: The echo device shows a mysterious shape

    Lady in red: Drawing of Nesski in red
    Echo device menangkap objek misterius & seorang peneliti membuat gambar, tepat dikanannya, dari wujud imaginer makhluk itu

    Nesski caught: The device, normally used to find and trace fish movements discovered a strange dense object in the lake
    Alat ini, normalnya dipake buat mendeteksi & mengejar ikan-ikan di dalam aer

    Artists impression: The scientists have made a drawing of a not-so-happy monster on the screen
    Gambar ilustrasi makhluk itu yang digambar peneliti

    Untuk memperkuat hipotesa kalo ada makhluk besar yang idup di danau itu, dikatakan kalo pada taun 2002 sebuah perahu sepanjang 10 meter yang ditumpangi 2 nelayan tiba-tiba terangkat seakan-akan didorong dari dalam danau.

    'Perahi itu sangat berat, hanya hewan yang besar & kuat yang bisa melakukan hal itu.’

    Penampakan lain terjadi saat beberapa geolog Russia lagi mancing di danau. ‘Tiba-tiba orang-orang di perahu mulai berteriak - mereka melihat 'kepala' yang sangat besar dari makhluk misterius di permukaan danau. Lainnya, yang ada di tepian danau, muali memotret & membuat makhluk itu pergi,’

    Monster or myth?: The local population have given testimonies on the monster they call 'the Devil' since the 19th century

    Di jaman-jaman jebot juga pernah terjadi penampakan 'monster' di danau tetangga, yaitu danau Vorota pada taun 1953 oleh geolog Rusia yang disegani, Viktor Tverdokhlebov, penampakan ini ditutupi oleh pemerintah Soviet di masa itu

    Saat ini Dr Emeliyanova ingin menginvestigasi teori bahwa ada terowongan bawah air yang menghubungkan kedua danau itu.

    Menambah keanehan, walopun lokasi kedua danau itu deket sama Oymyakon, kota terdingin di muka bumi, danau-danau itu ga membeku walopun lagi musim dingin. Ada spekulasi kalo di Russia, di danau Labynkyr & Vorota kemungkinan ditempati oleh sekelompok ichthyosaurs, reptil air jaman prasejarah yang mirip bentuknya sama lumba-lumba/hiu, atau sekelompok  plesiosaur, sama kaya 'Nessie' di Skotlandia yang berleher panjang.

    Dalam beberapa kejadian 'makhluk' mengeluarkan teriakan khas saat dia menyerang mangsanya
    .
    ‘Menurutku pribadi, saya percaya cerita penduduk tentang makhluk ini, hal itu tidak mungkin tak berdasar, ini berarti ada sesuatu di danau itu,’ ucap Dr Emeliyanova. ’Saya mengenap penduduk lokal dengan baik - mereka tulus & tidak akan berbohong.’

    Hmm.. Oke banget ni cerita. Kalo tanya pendapatku sih aku bakal bilang kalo ini 99% asli, soalnya secara danau itu masih terpencil banget & pastinya belum begitu tercemar, jadi seharusnya disana banyak pasokan ikan untuk makanannya Nesski.

    Kalo menurut Readers yang idup di danau itu Ichthyosaurs? Plesiosaur? Ato harits?

    dailymail

    twitter