Harits さんの未確認動物学の恋人

Jumat, 30 April 2010

Apakah Diplodocus pernah hidup di Mesir?

Hai Readers.. Walaupun udah weekend tapi aku lagi pengen nulis nih, gapapa ya??

Kita semua tau kalo dinosaurus uda punah sekitar 65 juta taun yang lalu,tepatnya bukan tau sih tapi dari kecil dah dicekokin kalo yang namanya dinosaurus dah punah 65 juta taun lau.

Mungkinkah dinosaurus hidup di jaman manusia? Mungkin iya mungkin juga ga..

Aku dapet gambar yang mungkin nunjukin kalo ada dinosaurus yang idup sama manusia, dinosaurus yang beruntung itu adalah diplodocus, liat gambarnya diplodocus deh Readers..



Sekarang liat gambar di bawah ini..









Did you see something familiar? Yak, mata Readers ga salah kok, itu emang figur diplodocus.. Penggambaran diplodocus ini ditemuin terukir di lempeng narmer (atas) dan stempel silinder uruk (bawah)..

Oleh para arkeolog dia diidentifikasikan sebagai serpopard, hewan mistik dari mesir. Waw.. Tapi apa mungkin diplodocus idup di mesir? Mungkin banget, mengingat kalo mesir itu subur karena dilintasi sungai nil..

Kalo kita liat gambarnya, keliatannya diplodocus ini sengaja dipiara deh, liat ada orang yang jagain tali kekangnya. Mungkin di jaman dulu diplodocus dipake buat kendaraan dan bantuin ngolah ladang? Hehe..



Teori tetep aja teori, sayangnya teori ini ga diperkuat dengan penemuan fosilnya di mesir, mungkin masih kekubur ato mungkin juga terurai jadi tanah ato mungkin uda jadi minyak, who knows?

Temuan ini cuma satu dari banyak peninggalan sejarah yang bergambar atau berpahat figur dinosaurus. Apa mungkin suatu saat teori yang bilang kalo dinosaurus punah 65 juta taun yang lalu bakal terpatahkan? Kita tunggu aja tanggal maennya deh Readers..

Love, pis and gauul...

Update!

Pengumuman! Sosok yang digambarin di lempeng narmer itu ada serpopard, gabungan dari serpent ma leopard, aku abis baca juga sih, serpopard itu bisa aja jerapah!

Rabu, 28 April 2010

Nessie-Cryptoid paling ngetop di dunia

Halo Readers.. Wah, aku kaget pas maen ke blog bang enigma, ternyata ada blog misteri baru disana, banyaaak... Welcome teman seperjuangan! Senangnya banyak temen.. Yey..

Di post kali ini aku mau bahas tentang nessie, kalo biasanya kebanyakan ngocol, post ini mau bahas rada panjang tentang nessie, siap-siap bosen all..

Gini-gini..

Nessie, atau banyak orang bilang loch ness monster adalah cryptoid yang tinggal di danau ness, skotlandia. Kasian kalo cuma nessie yang ngetop, liat gambar danonya juga ya Readers..



Loh? Kok kastil? Iya, soalnya danaunya lagi dikuras..

Booming nessie dimulai pada april 1934, lewat foto yang disebut 'surgeon photograph', liat fotonya deh Readers..



Foto ini diambil sama Dr. Robert Kenneth Wilson dan dipublikasikan oleh koran daily mail edisi 21 april 1934. Dr. Robert yang ga mau namanya dipublikasiin trus minta daily mail menamai fotonya the surgeons photograph.

Sejak pertama kemunculannya, foto ini banyak diraguin, coba liat lekat-lekat, ambil lem trus lekatin mata ke monitor. Ombaknya keliatan gede, apakah di danau ness sering berombak? Oho.. Jawabannya tidak.. Ini berarti foto ini diambil dari jarak dekat, alias close up..

Kebenaran mule terkuak taun 1999 lewat buku 'nessie-the surgeons photograph exposed', dibuku ini disebutin kalo nessie yang ada di foto itu palsu, cuma sekedar mainan kapal selam yang ditempelin mainan nessie.. Tapi sayang deh, aku ga nemu cover bukunya..

Apakah nessie itu ga ada? Ga juga, foto ini ga cukup kuat buat ngebantah semua penampakan nessie dari taun ke taun.. Selain itu ada penampakan pada taun 565 a.d, a.d itu apa sih omong-omong?

Konon, Saint Columbia yang bermukim di deket danau ngeliat seorang pria melintasi danau, tiba-tiba sesosok naga muncul ke permukaan dan nyeret orang itu ke bawah air, ngeliat kejadian itu orang-orang pada nolongin pria itu, tapi sayang pria itu udah mati waktu diangkat.

Jadi, apakah nessie? Menurut para ahli nessie itu sejenis plesiosaurus yang hidup di danau, coba bandingin foto plesiosaurus ini ama surgeons photograph di atas..



Mirip ya? Tapi apa iya nessie itu plesiosaurus? Mengingat plesiosaurus itu bukan ikan yang punya insang, dia butuh udara dong buat napas, kalo emang gitu harusnya dia sering naik ke permukaan dong, kalo ga bakalan megap-megap..

Nah dari sini muncul teori tentang gua nessie, tempat dimana nessie tinggal, di teori ini disebutin kalo di dalem danau ness ada guanya, jadi nessie bisa bernapas disitu.

Keraguan kalo nessie itu bukan plesiosaurus juga muncul dari beberapa foto yang nunjukin kalo postur nessie itu ga mirip ama plesiosaurus, liat beberapa postur nessie yang ketangkep kamera ini deh..



Beberapa ga ada mirip-miripnya ma nessie kan?

Lagian plesiosaurus itu ga bakal bisa ngangkat lehernya kaya bebek gitu di air, dia bakal jatoh telentang kalo nekat, ga percaya? Aku juga pertamanya ga percaya..

Nessie itu ngetop loh Readers, buktinya ga ada 1 orang pun yang ga tau nessie itu apa di rumahku.. Tentu aja ada usaha buat nyari nessie dong, salah satunya adalah Robert Rines yang mencari nessie pada taun 1970an.



Dia pake teknologi sonar dan kapal untuk patroli di danau ness. Viola, dia dapet foto ini..



Di foto ini ada penampakan objek berleher panjang, apakah itu nessie? Menurutku sih itu nessie Readers..

Selain oleh Rines banyak pencarian-pencarian lain sampe sekarang, karena panjang dan aku ga suka yang panjang-panjang (kalo yang bulet-bulet aku suka, hehe..) silakan klik disitu>> klik

Diperkirakan nessie itu jantan, soalnya ga ada bukti kalo nessie berkembang biak, ukurannya segitu-gitu aja.

Ini galeri foto-foto nessie sepanjang sejarah..



Mr Peter A. Macnab ngambil foto nessie waktu lagi berjemur di Urquhart Bay taun 1955.



Foto yang diambil Frank Searle taun 1972, nessie baru bangun tidur dan lagi cuci muka..



Foto terbaru nessie, identitas pemotret dirahasiain.. Kalo aku bilang sih kaya bola..

So, nessie itu apa sih sebenarnya? Ada yang bilang kalo nessie itu:

  1. Belut
  2. Ular
  3. Batang pohon
  4. Gajah
  5. Efek cahaya
Dari yang diatas yang paling ga masuk akal itu yang ke 4, masa gajah sih? Tapi..


"..."

According to my opinion, nessie itu ada. Uwooo, hidup nessie.. Kenapa dia ga mau muncul ke permukaan, mungkin alesannya dia mau hidup damai, bayangin aja kalo ke permukaan, bisa ditangkep ato malah dibunuh tuh, naluri hewan menang..

Yap, itu dia sedikit penjelasan tentang nessie, ada yang mau ngecek ke skotlandia ga Readers?

Selasa, 27 April 2010

Row-Dinosaurus dari Irian?

Eh? Ada dinosaurus di irian? Beneran tuh? Boro-boro dinosaurus, mammoth aja jarang ada..

Kalo kalian tanya aku apa ada dino di irian aku bakal jawab ga tau, tapi aku nemu artikel tentang dino di irian loh, enjoy Readers..


Konon, pada taun 1930an
, seorang penjelajah bernama Charles Miller melaporkan penampakan dinosaurus dari Merauke Irian Jaya, Indonesia. Panjangnya 30-40 kaki, coklat kekuningan, berleher panjang kaya dinosaurus Diplodocus, dan memiliki ekor dengan duri dan kerah kaya ceratopsian? Wah, agak aneh nih dino..


+

"Ceraptosian"

Dia melihatnya waktu dia bulan madu (bulan madu kok ke irian, ke hotel kek..), dia juga bilang kalo dino ini punya sirip di punggungnya, seperti Stegosaurus.



+

"Ceraptosian"
+

"Stegosaurus"
=
row??

Aaaaah! Ga bisa bayangin bentuknya.. Ancur gitu..

Binatang ini disebut Row soalnya bunyinya ' roow '. Konon Miller juga menemukan sekelompok suku kanibal yang namanya, Kirrirri, mereka bersenjata duri' '(dari ekornya) Row..


"apakah kaya gini?"

Taun 1939 Miller nerbitin bukunya, Cannibal Caravan, sedangkan istrinya, Leona Miller pada taun 1941 nulis buku
Cannibals and Orchids, buku mereka menimbulkan minat dalam mencari Row. Tapi, Bernard Heuvelmans dan lain-lain merasa cerita ini cuma hoax.

Okeh, bentuknya row emang aneh banget.. Dan agak ga masuk akal buatku.. Kalo ada mereka harusnya seluruh dunia tau dong, gimanapun juga cerita ini cuma cerita soalnya ga ada bukti yang mendukung, kalo dipikir-pikir penampakam Miller itu yang pertama dan terakhir.. Beneran hoax kali ya..

Are they really exist?


Roooow....

Minggu, 25 April 2010

Monster Danau Buas dari Ukraina

Hai Readers.. Aku nemu artikel tentang cryptoid yang suka nyerang manusia lagi nih, baca ya..

Monster besar berkepala ular dan tubuh buaya dikabarkan hidup di dasar danau somin di Ukraina Barat.Makhluk itu meneror
penduduk desa selama lebih dari seratus tahun. Bahkan kadang menyerang manusia dan hewan ternak. Akibatnya penduduk desa ga berani deket-deket ke danau.


"ilustrasi"

Cryptoid ini juga sering meraung dan mendesah di malam hari. Sesepuh lokal mengatakan bahwa cryptoid ini terakhir terlihat di danau sekitar 30 tahun yang lalu.

"Makhluk itu menyerang Stepan, seorang tukang kuda. Dia sedang merawat kuda-kuda di dekat danau pada hari itu. Sebenarnya, Stepan terlalu banyak minum dan mabuk sehingga di bobok di rumput. Makhluk mirip buaya itu keluar dari air dan mendekati lelaki itu. Pemetik jamur yang sedang keluar hutan melihat hal itu dan mulai berteriak keras-keras untuk menakuti makhluk itu."kata Ivan 84 tahun Kovalchuk, seorang penduduk desa.

Cerita pertama tentang rakasa yang bersembunyi di Danau Somin dekat desa Lukiv muncul pada akhir abad ke-19. Pihak berwenang telah berencana untuk mengirimkan sebuah tim ekspedisi ke daerah itu untuk menyelidiki kasus ini. Tapi rencana tersebut gagal gara-gara Perang Dunia I pecah.

Militer Jerman dikabarkan berupaya untuk memecahkan misteri Danau Somin selama Perang Dunia II. Jerman menggunakan peralatan menyelam dan jaring untuk menjelajahi bagian bawah danau. Namun, upaya mereka untuk menangkap makhluk berakhir dengan kegagalan.

Beberapa peneliti percaya bahwa rakasa danau merupakan ikan lele. Banyak ikan lele ditemukan di sejumlah danau dan kolam yang terletak di daerah itu. "ikan lele dapat menggunakan sirip besar mereka yang kuat untuk menyeret tubuhnya ke darat. Beberapa ikan lele di sini benar-benar besar. Beratnya sekitar 100 kilogram, ukurannya bisa sampai dua meter. "kata Valentin Lyupa, seorang peneliti raksasa somin.



Ilmuwan lain menyatakan bahwa makhluk itu mungkin aja hiu air tawar prasejarah yang entah bagaimana selamat dari zaman es. "Para arkeologi menemukan bahwa banyak laporan kalo gigi dan tulang fosil ikan kuno digali oleh penduduk setempat di kebun mereka, "kata Valentin Volontai, seorang penasihat dengan Institut Arkeologi di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan Ukraina.

Danau Somin terletak di dataran rendah Polessie, ada sekitar 300 danau yang tersebar di seluruh daerah itu.

Danau Somin memiliki kedalaman 56 meter. Sejumlah gua karst juga terletak di dasarnya. Konon gua itu adalah tempat raksasa itu tinggal menurut penduduk setempat.

Apakah makhluk itu emang makhluk zaman prasejarah yang bertahan idup? Ato cuma ikan lele raksasa biasa? Apa dia masih juga idup?

Kita tunggu aja kabar terbaru ya Readers.. Commentnya di tunggu loh..

SUMBER:http://www.monstertracker.com

Kamis, 22 April 2010

Lizardman-Manusia Kadal dari Scape Ore Swamp

Mungkinkah ada manusia kadal? Di dunia nyata kayanya itu mustahil banget, tapi bukannya ga ada lo Readers.. Lizardman dilaporkan eksis sampe sekarang.

Sebenernya legenda lizardman udah ada dari jaman dulu sepanajng sejarah manusia, lets see..



Gambar di atas adalah Quetzalcoatl, arti namanya kurang lebih reptil yang berbulu. Di peradaban maya ia dikenal dengan nama kukulcan. Dia juga dikenal sebagai dewa angin, venus, senja, pedagang, seni dan ilmu pengetahuan. Serakah amat ni dewa..



Ini adalah figur dari cecrop, dia adalah raja mistik dari athena. Emang ga mirip kadal sih, tapi paling ga separo reptil.

Kasus penampakan lizardman paling terkenal terjadi pada taun 1988.

Penampakan dan penyerangan oleh lizardman ini terjadi di daerah rawa-rawa Lee County, South Carolina.



Penampakan ini dilaporkan oleh oleh Christopher Davis, 17 tahun, dia bilang dia bertemu dengan lizardman waktu pulang kerja dari restoran lokal pada pukul 2 pagi pada 29 Juni 1988. Davis berhenti di jalan yang berbatasan dengan Scape Ore Swamp karena ban mobilnya kempes. Waktu dia lagi ngeganti ban ia mendengar suara hentakan di belakangnya dan waktu dia liat belakang dia liat lizardman di belakangnya.

"Bisa saya bantu?" kata lizardman.
"Eh, kebetulan. Ini ban gue kempes." sahut davis.

Terus mereka ngeganti ban bareng dan hidup bahagia selamanya . . .

Ya ga lah!

Davis bilang kalo makhluk itu mendekati mobil dan mencoba menyerang David. Dia lompat ke atap waktu Davis mencoba melarikan diri. Setelah ia kembali ke rumah, kaca sampingnya rusak parah, dan ada tanda cakaran di atap mobil.



Menurut Davis makhluk itu barbentuk kaya kadal tapi berdiri dengan 2 kaki, tingginya kurang lebih 7 sampe 8 kaki. Matanya bersinar merah, tubuhnya dipenuhi sisik kaya ular dan mukanya kaya gabungan antara kadal sama orang.
Dia juga punya 3 jari yang ditumbuhi kuku yang panjang.

Sejak penampakan oleh Davis, muncul laporan lain tentagn penampakan lizardman di daerah itu. Meskipun gitu, pihak berwenang percaya kalo serangan itu ga lebih dari serangan beruang.

Penampakan lain
  1. Pada 2004 seorang perempuan konon diseret oleh lizardman ke rawa-rawa
  2. Pada 2005 seorang warga melaporkan penampakan lizardman di halaman belakang rumahnya
  3. Pada februari 2008, pasangan Bob & Dixie Rawson melaporkan kalo kucing mereka dibunuh lizardman, polisi mengatakan pelakunya coyote atau rubah. Tapi ga lama setelah itu sapi dan bahkan coyote juga jadi korban
  4. Selain itu tiap tahunnya ditemukan jejak dan bekas cakaran lizardman
Oke, dari sekian banyak laporan itu emang ga ada bukti fotonya, jadi aku juga ga tau apa mereka beneran ada apa cuma urband legend. Tapi firasatku bilang sih mereka ada..

SUMBER:wikipedia & unknowncreature.net

Rabu, 21 April 2010

Sucuriju Gigante-Ular Raksasa Amerika Selatan

Apa Readers udah pernah liat film anakonda yang blood orchid? Uda liat anakondanya belum? Gede banget ya? abis liat filmnya aku jadi parno kalo lagi jalan di deket got, takut ada anakonda..

Tapi untuk ngilangin phobiaku aku mau bahas tentang salah satu jenis anakonda yang konon paling gede.. Sucuriju Gigante!



Sucuriju gigante adalah seekor anakonda raksasa yang konon hidup di amazon. Beda dengan anakonda biasa yang panjangnya 10 meteran, konon sucuriju bisa mencapai panjang 40 meter! Dengan diameter 80 cm dan berat 5 ton, dia bisa ngancurin truk dengan sekali lilit, menurut suku asli amazon, sucuriju ini adalah pencipta dari sungai amazon.



Waktu Paus memberi bagian Amerika Selatan ke Spanyol dan yang lainnya ke Portugal dalam Perjanjian Tordesilla (dulu portugis ma spanyol rebutan amerika), Spanyolpun menjelajahi hutan tropis di amerika selatan. Konon waktu mereka balik mereka bawa cerita tentang ular yang sangat besar yang mereka sebut matora, atau "pemakan banteng". Menurut laporan mereka, ular ini mencapai lebih dari 80 meter panjangnya.



Kolonel Percy Fawcett, yang dikirim untuk memetakan bagian-bagian dari Amazon, mengklaim telah bertemu anaconda sepanjang 62 kaki.
Sebagai petugas Royal Engineers ia menuliskan informasinya cermat. Berikut buku hariannya:

"Waktu gue lagi mandi di sungai amazon tiba-tiba ada suara air berkecipak di belakangku, waktu kuliat ternyata temen gue ngentut di aer."

Maap salah halaman Readers, yang bener yang ini..

"Aku mengambil senapan untuk menembak makhluk yang mulai membuatperahu kami kandas, aku menembaknya tepat di tulang belakangnya dengan kaliber 44. Kami melangkah mendekati darat dan mendekati makhluk dengan hati-hati. Sejauh yang dapat diukur, panjangnya 45 kaki terapung di air dan 17 kaki di dalam air, sehingga total panjang 62 kaki . Tubuhnya tidak tebal, tidak lebih dari 12 inci diameternya, tapi mungkin sudah lama tanpa makanan. "

Pada tahun 1925, Pastor Victor Heinz juga melihat salah satu ular, kemungkinan besar anaconda, sedangkan orang-orang Negro Rio Sungai Amazon. Mengatakan bahwa mereka ngeliat ular sepanjang 80 kaki dan tubuh setebal drum.

Bernard Huevelmans, ayah Cryptozoology, mencatat pertemuannya dengan sebuah anaconda dengan sekelompok orang Prancis dan Brasil.

"Kami melihat ular tidur di padang rumput. Kami segera melepaskan tembakan ke tubuhnya. Tembakan membuatnya kejang dan dia mencoba lari, tapi kami berhasil mengejar dan menghabisinya. Saat itulah kami menyadari betapa besar ular itu, ketika kami berjalan mengitarinya, panjang tubuhnya sepertinya tidak akan pernah berakhir Yang membuat saya kagum adalah kepala besarnya, berbentuk segitiga sekitar 24 inci.. Kami tidak memiliki alat untuk mengukur binatang itu, tapi kami mengukurnya dengan merentangkan tangan kami. Kami mengukurnya dan menyimpulkan kalo makhluk itu panjangnya lebih dari 23 meter (75kaki). "



The Diario, surat kabar dari Pernambuco di Brasil, dari 24 Januari 1948 menerbitkan sebuah artikel dengan judul 'anaconda Beratnya 5 Ton. " Gambar menunjukkan bagian dari anaconda raksasa yang tertangkap oleh ras Indian. Mereka menangkapnya waktu anakonda itu tidur setelah makan banteng, panjangnya 131 meter. Empat bulan kemudian, surat kabar dari Rio berjudul A Noite Illustrada menampilkan satu foto anaconda dibantai oleh Milisi. Ini panjang mencapai 115 meter.

Kolonel Rene van Lierde adalah pilot helikopter yang sedang terbang di atas provinsi Katanga. Ular raksasa tiba-tiba menjulang seakan untuk menyerang helikopter itu. Dia mengangkat dan mengambil beberapa foto ular dan melanjutkan perjalanannya. Ia memperkirakan panjangnya kurang lebih 45 kaki. Ini ngalahin python sepanjang 32 kaki yang berasal dari Indonesia.

Ada yang bilang kalo sucuriju ini spesies ular jaman prasejarah yaitu Gigantophis..



Emang sampe sekarang belum ada sucuriju yang ketangkep ato kerekam, ini yang bikin orang-orang ragu, sebenarnya sucuriju beneran ada ato cuma rekaan sih? Sebelum ada yang bisa bawa makhluk ini hidup ato mati kita emang ga bakal tau.. Mana ukurannya beda-beda lagi, apa mereka dah berkembang biak? Ato orang jaman dulu matanya pada rabun jadi salah liat ukuran?

Setelah nulis artikel bukannya takutnya ilang tapi malah nambah nih Readers.. Hii..


Comment dong..

Buat yang mau liat sungai amazon silakan liat..


Selasa, 20 April 2010

Request:Chimera-Makhluk Mitologi Yunani

Waaah.. Ga kerasa aku udah sebulan lebih ngeblog.. Ternyata asik juga..

Hai Readers.. Post kali ini aku mau bahas chimera, chimera emang lebih ke mitologi dibanding cryptoid tapi gapapa ya?

Dalam mitologi yunani chimera adalah makhluk bernapas api yang konon tinggal di lycia di asia kecil, kalo harits dalam bahasa yunani berarti makhluk bernafas bau dari tangerang. Chimera terdiri dari beberapa bagian hewan, bagian atasnya singa betina, ekornya ular dan du ruas tulang punggungnya ada kepala kambing. Chimera sendiri keturunan dari Typhon dan Echidna, dia juga kakak perempuan dari cerberus dan hydra.

Ada versi lain yang nyebutin kalo chimera itu anaknya sphinx ma singa. Ga tau deh mana yang bener..





Homer mendiskripsikan chimera sebagai sesuatu yang abadi, singa di bagian depan, ular dibelakang dan kambing di tengah. Ia menyemburkan napas api yang terang benderang.

Ada juga yang menggambarkan chimera memiliki 3 kepala yang terdiri dari kepala singa, kambing dan naga. Chimera sendiri berjenis kelamin betina, liat deh gambar kepala singanya, walopun punya surai tapi kupingnya tetep keliatan, kalo singa jantan kupingnya ga keliatan.



Penampakan chimera merupakan pertanda badai, kapal karam dan bencana alam, khususnya gunung meletus. Chimera sendiri dikalahin sama Bellerophon, seorang pahlawan yunani sebelum masa hercules.


"sori bro, skenarionya gini.."

Dalam seni kristen abad pertengahan, chimera dianggap simbol dari kekuatan setan.

Banyak teori bermunculan tentang asal usul chimera, salah satu yang paling terkenal itu teori kalo chimera itu area semburan gas api yang ada di Lycian di barat daya turki. Semburan ini dinamakan Yanartas (batu membara), terdiri dari 2 lusin lubang yang nyemburin gas metana. Pada jaman dulu semburan ini dijadikan pedoman buat para pelaut.



"api abadi chimera"



So far, ga ada bukti kalo chimera beneran ada. Mau ga mau kita harus nyimpulin kalo chimera itu cuma imajinasi doang, cuma makhluk dalam mitologi. Tapi sapa tau beneran ada, kita tungguin aja deh Readers..

Commentnya ditunggu loh..

Senin, 19 April 2010

Request:Ogopogo-Monster danau Kanada

Hai Readers.. Sori baru apdet, maklum cuma bisa ngeblog di kampus. Jadi aku saranin buat blogger yang ga ada internet di rumah, kuliah di UMN aja, mau ngenet ampe ayan juga ga masalah.

Di post ini aku mau bahas tentang Ogopogo! karena nessie udah keseringan dibahas jadi aku bahas Ogopogo aja.

Ogopogo, disebut juga Naitata adalah sebutan buat monster danau yang konon tinggal di dano Okanagan, Kanada. Naitata itu rtinya iblis danau. Beda ama nessie yang bentuknya kaya plesiosaurus, ogopogo lebih mirip ular. Liat gambarnya deh Readers, aku ada beberapa..


1964


1968


1976

Zoologis inggris Dr. Karl Shuker menduga kalo ogopogo itu sejenis paus primitif yaitu zeuglodon. Karena sedikitnya bukti foto yang ada dan kalopun ada foto suka ga jelas, para skeptis langsung bilang kalo ogopogo itu cuma batangan kayu ato malah sekawanan berang-berang. Tapi menurut para saksi, ogopogo itu mirip ular yang panjangnya 25 meter dan berwarna ijo.

Kisah ogopogo dulunya diciptain oleh orang indian buat nakutin anak-anak mereka biar ga berenang di danau okanagan tanpa ditemani orang dewasa, tapi kemudian laporan tentang adanya ogopogo di danau malah banyak muncul.

Pada jaman dulu orang indian membawa ternak mereka kalo mereka lagi nyebrang danau, ini dilakuin biar kalo ogopogo muncul mereka bisa numbalin ternaknya dan nenangin ogopogo. Suku indian juga ga berani buat mancing ato mendekati apa yang disebut "Squally Point" di danau itu, "Squally Point" terletak di rattlesnake island, konon pintu masuk ke gua tempat ogopogo tinggal ada di sekitar pulau ini. Dari pictograph yang ditemuin di power creek ada penggambaran tentang iblis danau yang berbentuk ular raksasa. Buat orang kebanyakan, ini merupakan bukti eksistensi ogopogo di danau okanagan.


"Squally Point"


"pictograph power creek"

Laporan penampakan ogopogo di jaman modern pertama kali dilaporkan pada 1860, lebih awal daripada booming nessie yang dimalai taun 1933. Penampakan ogopogo yang paling menghebohkan terjadi taun 1926 di okanagan mission beach, ada 30 mobil penuh orang yang ngeliat penampakan ogopogo. Sampai sekarang ogopogo masih sering muncul, kemunculannya rata-rata 6 kali per tahun. Roy P. Mackal, seorang cryptozoologis mengungkapkan kalo mungkin aja di danau okanagan ada sekelompok ogopogo, ga cuma seekor dan terus berkembang biak.



"Penggambaran ogopogo, 1872"

Saking terkenalnya ogopogo, pemerintah kanada melindungi dan membuat perangko bergambar ogopogo, liat deh..



Ogopogo juga nama dari salah satu bos di final fantasy IV.

Nah, itu dia penjelasan pendek tentang ogopogo, mungkinkah ogopogo beneran eksis? Gimanapun juga keputusan akhir ada di tangan Readers.. Menurutku sih eksis.

Kamis, 15 April 2010

Megalodon-Penguasa Laut Dalam

Berita gembira buat yang doyan sup sirip ikan hiu, soalnya di post ini aku mau bahas tentang megalodon. Aku yakin buat Readers yang pernah maen R.O tau nama ini. Enjoy..

Megalodon menurut bangsa yunani artinya gigi besar, megalodon itu sebutan buat hiu raksasa yang konon hidup di masa prasejarah kira-kira 1,5 juta taun yang lalu.



Paleontologis menyimpulkan kalo megalodon itu predator terbesar dan terkuat sepanjang sejarah. Dengan panjang sekitar 20 meter, megalodon bisa ngebalik kapal ukuran sedang cuma pake senggolan. Karekteristiknya ga beda jauh ma hiu, megalodon juga disebut rajanya hiu.. konon megalodon bisa memangsa tyranosaurus.

Ilmuwan swiss, Louis Agassiz yang ngasih nama megalodon ke hiu ini pada 1835. Megalodon sendiri kependekan dari carcharodon megalodon. Dia yang nemuin kalo fosil gigi megalodon sama persis sama hiu putih jaman sekarang. Fosil giginya megalodon kira-kira sepanjang 18 cm (7,1 inci) dan gigitannya 10 kali lebih kuat dibanding hiu putih, bayangin deh kalo kegigit.. Hii..

Oia, katanya sebelum megalodon ditemukan orang jaman dulu ngira kalo gigi megalodon itu gigi monster ato gigi naga.

Fosil megalodon ditemuin di tempat-tempat yang berbeda, di amerika utara, selatan, selandia baru, jepang, afrika, malta dan india. Fosilnya utuhnya belum pernah ditemuin, fosil-fosil yang ada sekarang cuma rekontruksi dari tulang belulang hiu putih. Louis Agassiz sendiri baru berhasil merekontruksi fosil megalodon pada 1843.

Liat foto-foto fosil megalodon di bawah ini deh Readers..



"gigi megalodon"


"rahang megalodon"


"fosil utuh megalodon"


"aku lagi dikejar megalodon"

Pertanyaan yang sering muncul tentu aja, Apakah megalodon masih idup sampe sekarang? Para ahli sendiri ga nyimpulin kalo megalodon tu masih idup, tapi juga ga nyangkal kalo dia mungkin masih eksis.

Kalo megalodon masih idup dan ga pernah keliatan ma manusia sih wajar aja, dengan gede yang nyaingin dan bahkan ngelebihin paus, megalodon butuh perairan yang dalam buat bisa berenang bebas, dan kita, yang cuma bisa liat dari kapal ga bakal bisa ngeliat, jalur pelayaran sedikit banyak emang dirancang buat nyusuri daratan dan ngejauhin laut dalam. Liat perbandingan gedenya megalodon ma hiu dan manusia.



Kita cuma dipake buat tusuk gigi doang tuh.. Buat Readers yang demen sirip hiu, ada yang mau nangkep megalodon ga? kalo mau jangan lupa siapin surat wasiat ya? Hehe..

twitter