Harits さんの未確認動物学の恋人

Jumat, 29 April 2011

Quicread-Kerangka Chupacabra Ditemuin?

Hai Readers.. Karena ntar malem mau terbang ke malang dan ga sempet ngepost, sekarang makanya mau apdet dikit dulu.. Kali ini tentang penemuan kerangka chupacabra di chili, gini-gini..


Di kota Pucón, Chili, sekelompok pekerja menemukan kerangka aneh di tempat proyek mereka. Menurut mereka, kerangka itu punya kepala kucing dan ekor tikus, sayang udah ga utuh lagi ni kerangka. Kerangka ini ditemuin sma beberapa kerangka tikus.. Mungkin makanannya..

Menurut website, La Cuarta, keluarga yang tinggal di rumah itu sekarang lagi minta bantuan ahli untuk mengidentifikasi kerangka ini. Kerangka yang ditemuin di bawah lantai rumah oleh beberapa pekerja ini panjangnya 30 sentian ato kurang lebih 1 kaki. 

Kerangka ini dipamerin ke penduduk kota, dan banyak yang bilang kalo ini kerangka dari chupacabra.. Wooow.. Chupacabra 30 senti? Kecil juga..

Well, mekipun belum ada pendapat dari ahli, tapi banyak yang berspekulasi kalo ini cuma kerangka kucing biasa.. 

http://www.ghosttheory.com/wp-content/uploads/2011/04/housecat_Felis-catus_.jpg

Itu aja deh, kalo menurut Readers itu kerangka apa? Chupacabra  ato cuma kucing?

Minggu, 24 April 2011

Doyarchu-Monster Sungai Irlandia

Hai Readers, met paskah dan met hari minggu semuanya! Btw, semalem ada yang liat konser JB di sentul ga?

Tau ga sih, tadi kan aku mandi nih, terus kan di tembok ada gantungan anduk, nah, tiba-tiba, tak disangka, tak dinyana, tu anduk gerak-gerak sendiri! Padahal ga ada angin! Apaan ya kira-kira? Aku sempet cengok 3 menit sebelum akirnya ngelanjutin mandi dan kabur (ga andukan)..

What a wonderful sunday morning.. 

Eh, malah curhat kan jadinya.. Ya udah langsung ke post aja, kali ini aku mau bahas tentang cryptoid yang namanya Doyarchu.. Pasti baru pernah denger kan? Gini-gini..


Okeh, Doyarchu adalah sebutan buat cryptoid yang idup di aer dan gedenya sebuaya. Konon, bentuknya kaya persilangna antara berang-berang dan harits anjing. Bulunya item licin kaya rambut kebanyakan dikasih gatsby, tapi ada juga yang bilang dia ga berbulu sama sekali, bagian depannya mirip berang-berang dan bagian belakangnya miirip anjing greyhound. Dia punya cakar yang besar yang berselaput , mirip kaya mamalia amphibi, platipus. Kepalanya ramping dan badannya langsing, bener-bener built to swim deh badannya. 

Doyarchu punya sebutan laen: dobhar-chu, anchu, anjing air & buaya irlandia.

Cryptoid ini dilaporin idup di danau-danau di irlandia sejak jaman jebot. Mereka sangat agresif sama manusia dan anjing. Mereka menyerang dengan menyergap mangsa mereka dan menyeretnya ke aer.. Mereka sering berburu secara berkelompok, biasanya berdua. Jadi yang satu nyerang, sedangkan yang satu baru keluar pas temennya kerepotan. Nah, kalo temennya mati, dia bakal ngamuk dan bakal ngebunuh yang ngebunuh temennya. Ada cerita, kalo seekor doyarchu ngejar seseorang yang ngebunuh temennya sampe 20 mil jauhnya ke darat. 


Serangan misterius di danau Erie, Doyarchu?
Beberapa cryptozoologists sebagai spesies baru dari berang-berang raksasa, walopun kemungkinan mereka adalah sisa-sisa dari berang-berang primitif yang emang gedenya segitu..

Di jaman modern, penampakan doyarchu udah jarang banget, bahkan bisa dibilang ga ada, jadi bisa kita simpulin kalo mungkin makhluk bernama doyarchu ini ga pernah ada, ato udah punah, ato cuma dongeng. 

Tapi walopun jarang, penampakan doyarchu sering terjadi di pulau Achill yang ada di lepas pantai barat irlandia di County Mayo. Disana ada danau bernama Sraheens Lough yang disebut-sebut ditinggali sejumlah kecil doyarchu, tapi doyarchu adalah makhluk bermigrasi dimana mereka ga ada di danau itu sepanjang taun.


PulauAchill
Penampakan paling awal tercatat tentang Doyarchu a.k.a Dobhar-chú tercatat di 'A Description of West Connaught' (1684), oleh Roderick O'Flaherty. Cerita ini konon terjadi di sebuah tempat bernama Lough Mask:

"..Ada satu keanehan lagi, sesuatu yang disebut buaya irlandia,sepuluh tahun lalu terjadi pengalaman menyedihkan. Ada seorang pria yang berjalan di tepi sungai, dan dia melihat kepala dari sesuatu yang berenang, dilihatnya itu seekor berang-berang, dan tidak mengacuhkannya; tapi hewan itu mengangkat kepalanya, kemudian menyambar orang itu; lalu dia menyelam ke dasar air: orang itu lantas berusaha keluar dari air tapi makhluk itu lalu menyambar siku nya, makhluk itu mempererat gigitan di sikunya, dan mnyeretnya ke air lagi; pria itu berpegang pada batu dan berusaha mempertahankan diri, saati tu juga dia mengambil pisau di jaketnya, dan menusuk makhluk itu, dan makhluk itu akirnya melepaskannya. Air disekitarnya dipenuhi darah, entah darah makhluk itu, atau darahnya, atau keduanya. Ada bekas gigitan mirip gigitan greyhound di tangannya, ditinggalkan oleh makhluk berbulu hitam, atau mungkin tak berbulu. Seorang tua dan anjingnya menemukan bangkai dari makhluk yang menyerang pria itu beberapa hari kemudian. Seekor makhluk yang sering terlihat di danau-danau irlandia,mereka menyebutnya doyarchu,anjing air, atau anchu.."




Pada 2003 seorang seniman irlandia, Sean Corcoran dan istrinya menyebutkan kalo mereka bertemu Dobhar-Chú di pulau Omey di Connemara, County Galway. Dia ngeliat seekor makhluk besar berwarna gelap dan punya kaki berselaput berwarna orange memekik, dan kemudia berenang dengan cepat menimbulkan kecipak air yang besar. Makhluk itu mampu berenang dari ujung barat danau ke ujung timur danau dengan sangat cepat, sangat cepat untuk makhluk seukuran anjing labrador. Mkalhuk itu terus berenang sampe akirnya menghilang di kedalaman air.



Ada peninggalan kuno yang disebut sebagai bukti keberadaan Doyarchu, peniggalan itu disebut batu Kinlough, batu Kinlough adalah batu nisan dari seorang wanita yang terbunuh oleh Doyarchu di abad 17.. Wanita itu bernama Gráinne. Suaminya mendengar teriakannya pas dia lagi nyuci baju di sungai Glenade, pas dia dateng istrinya tapi udah meninggal, dengan Docharyu di atas tubuhnya yang berdarah-darah dan termutilasi. Pria itu terus ngebunuh Docharyu. Saat makhluk itu mati, dia ngeluarin suara mirip siulan, dan seekor Docharyu lain muncul dari sungai dan mengejar pria itu, setelah pertarungan panjang, pria itu berhasil membunuhnya.

Ada juga peninggalan yang disebut batu Glenade, ditemuin di pemakaman Conwall di Glenade, Ada figur Docharyu tergambar di atasnya, disebut-sebut kalo insiden yang mirip pernah terjadi di tempat itu dan ini adalah peninggalannya.




Nampaknya kisa Docharyu menginspirasi banyak karya tulis, diantaranya, The Legend of the Dobharchú (Water hound) yang ditulis oleh Joe McGowan yang terinspirasi dari pembunuhan oleh Docharyu di Grainne Ni Conalai di Glenade Lake, pada 24 September 1722

Wow, ini cryptoid paling agresif yang pernah di bahas di blog ini.. Sumpah horor abis.. Udah suka bunuh orang, dimakan lagi..

Nah, sebenernya Docharyu itu apa ya? Dari ciri fisiknya sih bisa dibilang itu berang-berang, tepatnya berang-berang raksasa.. Berang-berang bisa di temuin di sungai, danau, laguna, telaga, empang bahkan di laut. Tapi ga ada berang-berang yang idup di danau-danau di Irlandia. Satu-satunnya berang-berang yang ada di Irlandia idupnya di sungai dan ukurannya kecil dan unyu bangeeeet..


Berang-berang, Lutra lutra (Irlandia)
Hmm.. Menurutku ya, yang namanya Doyarchu, Dobhar-Chú, Haritschu itu bukan berang-berang, tapi beneran cryptoid, mungkin berang-berang primitif yang ukurannya gede yang masih idup di jaman sekarang..

Well, yang jelas jangan pernah deketin mereka kalo ketemu, mendingan lari deh.. Ato ga mending buka celana aja, kali-kali dikirain temen..

Yup, thats it.. Menurut Readers Doyarchu itu apa? Beneran cryptoid? Berang-berang? Ato harits?

naturalplane

Rabu, 20 April 2011

Sea Monk & Sea Bishop-Cryptoid Religius?

Pagi Readers, kemaren pas libur kan aku maen bowling nih, terus jempolku keseleo, sumpah sakitnya ampun-ampunan deh, sampe-sampe ga bisa ngetik, jadinya ga ngepost deh.. (ya, aku ngetik pake jempol).. Tapi sekarang udah mendingna nih, jadinya eke mau posting aja pagi-pagi, kali ini mau bahas simong, eh, sea monk..

Sea Monk a.k.a rahib laut adalah monster laut yang ditemuin pertama kali di pesisir pantai denmark, sekitar taun 1546.Konon bentuknya mirip "ikan" tapi mirip kaya pendeta, nah lo..  (William M. Johnson seorang sejarawan bilang kalo sea monk mirip banget sama Saint Francis of Assisi).

Kata Conrad Gesner, seekor/seorang? sea monk keliatan di norwegia pas badai, dan seekor/seorang? ditemuin di Firth of Fourth, dia mendiskripsiin makhluk yang tertangkap itu kaya gini: "A.D. 1187. Seorang nelayan di Suffolke, menangkap ikan yang sangat mirip manusia dari berbagai sudut di jaringnya, 'ikan' itu lalu diserahkan pada Barlemew de Glanville, penguasa kastil Orforde, selama 6 bulan lebih: Dia tidak bicara 1 kata pun, dia memakan semua makanan yang diberikan kepadanya, dia menjadi rakus ketika makan ikan mentah. Seringkali di dibawa ke gereja untuk dipamerkan. Suatu ketika, ketika tidak seorangpun mengawasinya, dia melarikan diri ke laut dan tidak pernah muncul lagi."


Ilustrasi Rondele (kiri) & ilustrasi Belon (kanan)
Sekitar taun 1545–1550, Raja Denmark, Christian III, diundang oleh Kaisar Romawi, Charles V untuk menggambarkan makhluk aneh yang tertangkap di Øresund (jangan tanya aku gimana bacanya), sebuah selat diantara Sjælland (Denmark)& Swedia. Makhluk yang digambarkan sebagai sea monk ini, menarik perhatian seluruh masyarakat eropa saat itu.

Sea monk dikatakan  punya kepala dan wajah manusia, dimana penampakan kepalanya mirip orang yang rambutnya dipangkas abis atasnya,gara-gara itu makhluk ini dibilang sea monk.

http://www.ulyssesulysses.com/images/telemachus/tonsure.jpg
Model rambut rahib jaman itu
Nah badan bawahnya diselimuti sisik, 'kakinya' nyatu dan kesambung secara aneh dengan badannya yang mirip badan manusia.

Kiri: Sea Monk, Kanan: Sea Bishop
Selaen sea monk ada juga yang disebut Sea Bishop a.k.a uskup laut, tipe lain dari sea monk yang muncul pada abad 16. Menurut legenda, makhluk ini dibawa ke Raja Polandia, yang pingin memeliharanya. Makhluk ini terus deprlihatkan kepada sekelompok uskup katolik, kepada salah satu dari mereka sea bishop memberi isyarat untuk melepaskannya. Mereka mengabulkan permintaannya, di tepi laut sea bishop membuat tanda salib dan menghilang di laut.

2 orang naturalis, Rondelet & Pierre Belon, membuat deskripsi dari makhluk yang disebut Sea Monk, ato monk-fish. Seabad kemudia naturalis yang sangat berbakat, Japetus Steenstrup, mempresentasikan kalo apa yang diilustrasiin Rondelet & Belon mirip banget sama cumi-cumi yang ketangkep taun 1853. Dia juga membahas diskripsi dari Conrad Gesner tentang sea monk di abad 16. Steenstrup menyatakan bahwa: "Sea Monk adalah cephalopoda pertama yang teridentifikasi."

Berikut argumen dari Steenstrup::

1. Secara umum badan dari sea monk mirip dengan cumi-cumi, sirip dari sea monk sebenernya adalah kasula, sebuah rongga deket vestimentum. Lengannya sebenernya adalah tentakel cumi-cumi
2. Warna hitam dikepala (bagian yang mirip rambut) sebenernya adalah kantong tinta yang ada di bawah kulit
3. Sea monk punya totol-totol merah hitam sama kaya cumi-cumi
4. Cumi-cumi jelas ga bersisik. Menurut Steenstrup, sisik itu adalah kesalahpahaman dari warna cumi-cumi. meskipun ada satu family cumi-cumi yang bersisik, Lepidoteuthidae
5. Sea monk bisa idup di darat. Ini juga karakteristik cumi-cumi, cumi-cumi bisa idup di darat asal kelembabannya memadai.
6. Sea monk kaga ngomong apa-apa, ini jelas banget, nenek-nenek bungee jumping juga tau kalo cumi-cumi ga bersuara, bahkan napasnya aja ga bunyi

Okeh, aku pribadi setuju sama pendapat Steenstrup di atas..  Menurut dia juga, sea monk itu seekor Architeuthis yang kedampar dan berhasil bertahan idup.. Menurutku sih masuk akal banget..

Architeuthis dux, Giant Squid

Okeh, kalo sea monk itu cumi-cumi raksasa, sea bishop apaan dong? Menurut Bernard Heuvelmans, seorang cryptozoologist, sea bishop adalah spesies hiu 'angel shark' yaitu Squatina squatina.. Nih gambarnya:

Squatina squatina, Angel Shark
Tapi ada 1 yang ngeganjel, sea monk ma sea bishop diceritain bisa kabur ke laut, ngebentuk tanda salib etc.. Tapi apa iya ada cumi bisa kaya gitu? Kalo menurutku pribadi sih, itu cuma rekayasa orang jaman dulu aja.. Biar heboh.. 

Tapi kemungkinan cryptoid macem gitu beneran ada tetep masih ada, secara laut itu kan luas benjet.. Mungkin aja sea monk sekarang lagi berenang bebas di laut sambil baca postingan ini..

Hunyem..

Segini aja deh ya postingannya.. Abisnya laper sih.. Hehe.. Kalo menurut Readers sea monk & sea bishop itu apaan? Cumi? Angel shark? Hoax? Apa harits?

Lav, pis en gauuul!

Minggu, 17 April 2011

Penampakan Chupacabra di Goodyear

Hai Readers, mumpung bangun pagi kali ini quickpost aje ya.. Cuma mau bagi video penampakan chupacabra di goodyear, arizona..

Darrin Jackson lagi nganter anaknya ke sekolah, waktu dia ngeliat sesuatu yang asing lagi jalan di taman."Warnanya abu-abu, ga bebulu, mungkin ada tapi dikit doang di bagian atas, dan ekornya berbentuk aneh," kata Jackson.Jackson percaya kalo yang diliatnya itu adalah chupacabra."Makhluk itu mirip alien, sulit untuk tidak mengingatnya karena bentuknya yang aneh dan makhluk itu terlihat di siang bolong.".

Ini penampakan yang berhasil direkam sama Jackson sebelum 'chupacabra' itu ngilang ke gorong-gorong..

 
Hmm.. Apakah itu chupacabra? Menurutku sih mirip anjing yang rambutnya rontok.. Mungkin aja itu anjing peliharaan yang lepas, ato ga coyote, ato kalo mau yang lebih mirip lagi ya thylacine, tapi ga mungkin ada thylacine di arizona sih.. Jadi yang paling masuk akal ya cuma anjing yang rambutnya rontok..

http://www.kidcyber.com.au/IMAGES/Thylacine_gape.jpg 
thylacine?

Kalo menurut Readers itu apaan? Anjing? Coyote? Thylacine? Ato harits lepas?

UPDATE: Screenshoot

http://media1.break.com/dnet/media/2011/4/15/f6053d24-eeef-4912-a064-a7f202cf119b.jpg

Sabtu, 16 April 2011

Cuti

Berhubung UTS banyak tugas maka saya deklarasikan bahwasanya harits bakal libur ngeblog sampe ilang capenya..

Dan buat ngingetin aja, HHAW 2011 bakal diadain bulan depan..

http://idol.sankakustatic.com/data/cd/21/cd21747647d2eff6553f80fc887ce7a6.jpg
Lav, pis en gauuul!

Sabtu, 09 April 2011

Video Objek Aneh Terdampar di Jepang-Klarifikasi

Well, beberapa hari kebelakang ada video yang diunggah ke yutup, judulnya 'Strange Object Washed Up On Japan's Shore', tentu aja banyak spekulasi tentang benda ini, ada yang bilang itu telor godzilla lah, telor sea serpent, alien, harits, etc.. Tapi apa bener?


Nah daripada entar terjerumus, sekarang aku mau kalrifikasyong masalah ini mumpung belom melebar kemana-mana..

Liat dulu deh videonya:


Gimana? Telornya looks real banget kan? Mungkin dari segi tampilan emang meyakinkan.. Tapi kalo dicermati ada yang aneh di video ini..

Katanya ini video objek aneh kedampar di jepang, tapi orang di tu video ngomong pake bahasa inggris..

Guy: "What the fuck is that?"
Girl: "I don't know but it's stinky"

Okeh, itu jelas-jelas bukan bahasa jepang..

Why? Soalnya ini bagian dari viral marketing.. Sebenernya itu bagian dari trailer film yang berjudul 'The Bournemouth Incident'..


Case closed..

Kamis, 07 April 2011

Apakah Megatherium Masih Hidup di Jaman Modern?

Hai Readers.. Sumpah hari ini ga fit banget, tepar-seteparnya deh.. Bayangin, udah 2 hari ini tidur jam 3 pagi, jadi tiap hari aku cuma tidur 3 jam, jam 3 sampe jam 6.. Semua gara-gara aku lagi uts.. Dari semua pelajaran, cuma 1 yang teori, yang laen take home semua..

Kalo orang bilang anak DKV itu santai, itu boong..
Kalo orang bilang anak DKV tiap hari cuma maen-maen, itu boong..
Kalo orang bilang anak DKV cuma modal bisa gambar pasti nilainya bagus, itu boong..

Halah, langsung posting aja deh.. Gini-gini..

Entah kenapa aku mikir gini, mungkin ga sih kalo megatherium itu masih idup.. Kenapa? Soalnya banyak bukti-bukti yang walopun ga gitu kuat, tapi banyak..

Sebelumnya pada udah tau belom kalo megatherium itu kaya gimana? Belom pada tau kan?Gini-gini..

Megatherium ("Great Beast") adalah mamalia yang gedenya segajah dan idup di jaman pleistosen 5 juta taun yang lalu.. Dia berhabitat di amerika selatan.. Bentuknya mirip-mirip sloth tapi lebih gede dan idup di atas tanah, ga di atas pohon kaya sloth.. Saking miripnya ,egatherium sering dibilang sloth raksasa.. Keren ya raksasa, padahal makannya taneman, udah gitu dia bisa mencapai berat 8 ton..

http://kidicarus222.blogspot.com/uploaded_images/sloth_111-700305.jpg 
sloth

The image “http://www.abc.net.au/beasts/evidence/prog5/images/evi_megatherium_large.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.
megatherium

Nah, udah pada kebayang kan kaya gimana bentuknya? Gut-gut..

Okeh, dia punah di akhir jaman pleistosen, tapi kenapa aku mikir dia masih idup di jaman modern ini? Padahal nenek-nenek buang ingus aja tau kalo dia udah punah.. Jadi gini:

Di daerah patagonia, argentina. Ada makhluk yang dijuluki Yemisch, bentuknya kaya megatherium tapi makannya orang..  Yemisch emang jadi momok di argentina, soalnya dia agresip banget dan suka nyerang orang.. At all, penampakan megatherium di argentina lumayan sering ,bahkan Ramon Lista (1856-1897), seorang gubernur di argentina di abad 19, pernah bertemu sama si megatherium ini.. Nah lo..

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/6e/Ram%C3%B3n_Lista.jpg 
Ramon Lista

Selaen itu, di akhir abad ke 19, tepatnya januari 1895, ditemuin kulit, pup dan jejak kaki dari megatherium di sebuah goa di chili..

 

Suku indian lokal juga pernah ketemu megatherium, mereka nyoba ngusir si megatherium pake panah, tapi gagal, soalnya panah ga bisa nembus kulitnya yang tebel.. Emang ada semacem lapisan armor yang terbuat dari tulang di bawah kulitnya..


Selaen di argentina dan chili, di amazon juga ada penampakan cryptoid yang mirip banget sama megatherium, ga laen ga bukan cryptoid itu adalah Mapinguari..

Jadi mapinguari itu cryptoid yang idup di hutan brazil, tepatnya di amazon.. Fisiknya mirip banget ma megatherium..

http://1.bp.blogspot.com/_iq2vQY1Jeaw/TTIKy_WLeWI/AAAAAAAAXPg/UvsnI91A7sw/s1600/sloth.JPG
mapinguari

Taun 2003 ada kejadian mapinguari yang hampir nyerang sebuah desa. Geovaldo Karitiana, 27 taun, anggota dari suku karitiana pernah mengalami kejadian itu, waktu itu dia lagi berburu di area yang dijuluki "goa mapinguari", udah bisa ditebak, mapinguarinya keluar dan nguber dia sampe ke deket desa. Waktu mapinguari udah sampe deket Geovaldo, dia mencium bau yang busuk yang ngebuat dia pingsan. Lucas Karitiana, ayahnya Geovaldo membenarkan kejadian itu, soalnya dia yang nyelametin anaknya, dia ngeliat jelas ada jejak kaki mapinguari disana..

Taun 2007 juga ada penampakan dari rio branco, brazil. Konon di hutan daerah itu ada makhluk berkaki empat, tapi dilaporkan bisa berdiri dengan 2 kaki. Berambut kecoklatan dan sangat kuat..

Hm.. Kalo emang penampakan mapinguari dan penampakan sloth raksasa laennya itu beneran si megatherium,berarti mungkin megatherium emang masih idup sampe sekarang dong? Rasanya sih mungkin-mungkin aja, dia toh cuma makan taneman, dan di hutan argentina dan brazil itu banyak pohon.. Tinggal pilih aja mau makan yang kaya gimana..

The image “http://3.bp.blogspot.com/_omhQOjiWp6s/TRWRq_c58aI/AAAAAAAAAfo/WxKOuqPVi4I/s1600/megatherium.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.

Dan dia jarang ditemuin soalnya dia berhabitat di daerah terpencil dan jarang keluar-keluar..

Menurutku ya, kemungkinan mereka masih ada tu lebih dari 50%.. Penampakan udah sering, bukti dia idup aja ada, kebukti dengan temuan pup dan kulitnya megatherium di goa di argentina.. Itu udah ngebuktiin kalo dia bukan cuma mitos, tapi fakta..

Yang jadi problem cuma 1, megatherium tu makan taneman, tapi kenapa ada laporan yang bilang kalo yemisch si 'sloth raksasa' makan manusia?? Apakah pola makannya berubah seiring berubahnya jaman?

Menurut Readers gimana? Apakah megatherium masih eksis sampe sekarang?


scienceblog
wikipedia
naturalplane

twitter