Harits さんの未確認動物学の恋人

Sabtu, 24 November 2012

Kusshi - Monster Danau dari Hokkaido

Wah ujan-ujan gini emang enaknya tidur sih, enaknya sih gitu, tapi demi mengejar kredibilitas sebagai blogger yaudah deh gajadi..

Betewe kali ini mau posting tentang kusshi, dari namanya aja udah ketauan sih, pasti dia sodaranya nessie deh.. Jadi gini..



Konon, di danau Kussharo yang ada di taman nasional Akan di Hokkaido hiduplah seekor makhluk misterius yang disebut Kusshi. Danau ini dulunya adalah kawah gunung berapi & merupakan danau terbesar ke 6 di jepang.



Selain terkenal karena terletak di taman nasional, danau ini juga terkenal sebagai tempat hidup Kusshi, saking terkenalnya bahkan sampe ada patungnya segala.



Kusshi diceritakan punya panjang 10 sampe 20 meter & berwarna coklat gelap. Dibeberapa penampakan Kusshi juga katanya punya punuk . Kepalanya mirip kepala kuda, cuma lebih gede & punya mata berwarna silver, kadang Kusshi juga dibilang punya 2 'tanduk' kaya jerapah. 
Menurut laporan, Kusshi bersuara kaya mendengus gitu.
Karakteristik paling menonjol dari Kusshi adalah kecepatan geraknya. Pada September, 1974, 15 orang bersaksi kalo seekor makhluk dengan kulit mengkilat dengan sisik perak, terlihat dibawah permukaan air dengan kecepatan sama dengan speedboat yang mereka naiki. Taun 1988, Mr. Takashi Murata yang lagi naek motorboat melaporkan kalo diadikejar sama seekor makhluk misterius yang berjarak 15 meter darinya, makhluk ini punya punggung berwarna gelap yang mirip kaya lumba-lumba gitu teksturnya. Makhluk ini mengejarnya selama beberapa saat sebelum akirnya masuk ke dalam air.


Keberadaan Kusshi di danau Kussharo mulai mendapat perhatian taun 70an saking seringnya makhluk ini menampakkan diri. Pada 1972, seorang pria ngeliat objek yang terlihat kaya “kapal terbalik,” berenang cepat dipermukaan air. Pada agustus 1973, 40 siswa SMP lagi mengunjungi danau ini bersama guru mereka, mereka melihan sesosok makhluk besar di air tidak jauh dari tepian danau. Juli 1974, terjadi penampakan Kusshi paling terkenal, Mr. Wada, seorang petani, ngeliat makhluk besar, berkulit gelap dengan beberapa punuk yang masing-masing jaraknya 4 meter. Dia ngeliat makhluk itu selama beberapa saat sebelum akirnya dia masuk ke air lagi.






Penampakan ini menarik perhatian masyarakat, sebentar aja banyak stasiun TV yang ngeliput. Bulan September 1974, TV crew, beberapa kapal dengan perlatan sonar, & beberapa tim penyelam mencari makhluk ini. Usaha ini lumayan memuaskan. Kapal-kapal dengan peralatan sonar menangkap keberadaan maklhuk berukuran 15-20 meter di dalam air & TV crew dari Hokkaido Broadcasting Company berhasil mendapat foto dari makhluk ini. Selama beberapa taun Kusshi beberapa kali muncul & disaksikan orang.

Kusshi sering banget muncul, ga cuma diliat 1 orang aja, orang ramean juga sering liat. Mei, 1976, Kusshi disaksikan oleh 22 orang di dalam tour bus. Taun 1997, sekelompok pemadam kebakaran melihat makhluk ini berenang 100 meter dari tepian danau, dimana menurut mereka makhluk ini memiliki panjang 20 meter, dengan sirip penggerak. Kusshi muncul lagi taun 2002 & disaksikan beberapa turis. Buset..
Meskipun Kusshi baru ngetop taun 1970an, Kusshi ternyata udah ada dari jaman jebot. Suku Ainu yang tinggal di area itu udah sejak lama punya cerita tentang ular raksasa yang idup di danau ini. Para pelopor asing di era Meiji juga konon melihat makhluk ini menyerang & memakan seekor rusa. Pada taun 40 - 50an, Kusshi juga beberapa kali muncul tapi ga seheboh taun 70an.
Okeh, terus kira-kira si Kisshi ini apa ya?
Danau Kussharo sebenernya bagus buat habitat makhluk air, cuman taun 1938 di danau itu terjadi letusan vulkanis yang mencemari danau dengan belerang, ikan aja bakalan susah idup di kondisi kaya gini, gimana makhluk gede kaya Kusshi?
Penjelasan yang mungkin masuk akal adalah, Kusshi ini adalah rusa ato kuda yang lagi renang.


Kenapa gitu? Soalnya dibeberapa penampakan dia dibilang kaya kuda gitu kan? Terus ada juga yang bilang di bertanduk, jadinya bisa aja itu rusa, lagian mereka bisa renang, jadi bisa aja kan..

Jadi taun 75, seorang pekerja kehutanan ngeliat kuda renang di danau, tapi pas diliat-liat lagi tu kuda lebih gede dari kuda biasa terus abis itu dia nyelem & ga keluar-keluar lagi. Nah lo.. Bisa aja sih beneran kuda renang, tapi kuda kan ga mungkin renang secepet speedboat?

Tapi selaen kuda ato rusa, bisa aja itu rainbow trout, sockeye salmon, ato Sakhalin taimen (Hutcho perryi), yang emang berhabitat di Hokkaido & merupakan salah satu spesies salmon tertua & terbesar. Tapi kalo Kisshi itu ikan? Gimana ngejelasin leher sama pala mirip kudanya coba? 

Kalo menurut Readers itu apaan? Kuda renang? Ikan? Beneran Kisshi? Ato harits? Share di comment yak!

Betewe aku mau pamer sesuatu nih, klik link ini yak!

11 komentar:

  1. sudah jelas bahwa ini sepertinya memang cadborosaurus :D
    muka seperti kuda<-- cadborosaurus banget nih
    cuman yg ane masih pertanyakan yaitu tanduknya mungkinkah mereka salah lihat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kmungkinan salah liat mah jg gede sih, lgian di foto burem gitu si kusshi..

      Hapus
  2. Ciri-cirinya memang hampir mirip dengan cadborosaurus.
    Tapi apakah bener cadborosaurus pernah ditemukan ada di Jepang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cardborosaurus panjangnya ada 20 meter?? wah, setauku sih blm prnh ditemuin di jepang deh..

      Hapus
  3. Artikel Keren bang ! Btw ane heran ilmuwan2 sono dah bisa nyelidikin galaxi terjauh di alam semesta tp nemuin mahluk gede di danau aja selama berpuluh taun koq ga dapet2 yak? menurut Bang Harits kenapa nih? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mslh ga dapet slm berpuluh taun itu sih cuma mslh prioritas aja, mnurut orang luar sono, lbh pentng nyelidiki galaxy luar & lain2, drpd nyelidiki makhluk danau yg blm tentu ada beneran.. :D

      Hapus
  4. kalo sekarang gimana gan ?
    apa ada berita terbaru tentang makhluk itu?
    misalnya tahun 2000an gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah blm tau sih, mngkin ada, tp pas nyari2 info, websitenya bhs jepang gitu, trs pke google translate jd ngaco..

      Hapus
  5. rits, gua heran sm monster2 danau... umur mereka berapa sih... udah puluhan tahun loh, apaliagi si nessie.. mereka apa cuman 1 ato beranak pinak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah krg paham tuh, mngkin puluhan mngkin ratusan.. :p

      Hapus
  6. ternyata jepang cerdik juga ya? lumayan untuk ningkatin turis.

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter