Harits さんの未確認動物学の恋人

Sabtu, 16 Agustus 2014

Burung Anzud - Burung Raksasa Dari Sumeria

Nighty night Readers.. Well, if you guys still out there reading my post of course. Aku barusan buka blogger lagi, blog ini udah lama banget ga di apdet, kalo ini blog ini negara pasti udah ganti presiden 4 kali saking lamanya ga ada post baru. Kangen rasanya saling bales komen sama kalian.

So, biar bisa segera komen-komenan lagi yuk kita langsung ke topik. Kali ini aku mau bahas tentang cryptid yang disebut Burung Anzud. Mungkin di sumber lain dia disebut burung Anzu, tapi aku pakenya Anzud soalnya biar lebih 'Sumeria' aja. Konon, dia hidup berdampingan sama manusia, sampai masa banjir besar, kira-kira 12-14 ribu tahun yang lalu. Pada masanya dia ditakuti karena dia adalah burung predator.

Sebenernya Anzud (gausah pake burung-burungan, ribet nulisnya) itu makhluk mitologi dari Sumeria, tapi gimana kalo ada sedikit probabilitas kalo Anzud ini sebenernya cryptid? 

Sebelum bahas itu kita cek yuk mitologinya:


Di mitologinya, Anzud adalah burung raksasa yang tinggal di pegunungan di masa Sumeria kuno. Dia berbulu putig & memiliki gigi seperti hiu. Dia berburu banteng, sapi & rusa. Dia punya bentangan sayap yang sangat lebar & punya kuku berukuran besar yang bisa menyambar mangsanya dengan mudah.

Di tablet Sumeria kuno, Anzud muncul di tulisan berjudul "Lugalbanda & burung Anzud". Selain mendeskripsikan tentang Anzud di dalamnya, juga dituliskan tentang Luganlbanda yang berhasil menjinakkan seekor anak Anzud. Dikatakan kalo Anzud memekik, gunung Lullubi bakal terguncyang karenanya.

Well, di tablet emang deskripsinya gitu, tapi kalo kita googling dengan keyword "Anzud Bird" kita bakal nemu ginian:


More like a Manticore, rather than a bird ya? Di relief itu ngegambarin Anzud (yang berkepala singa) lagi ngegotong 2 rusa sekaligus dengan cakarnya. Nah, kalo itu mirip Manticore kenapa judul postingan ini ngasih embel-embel "burung"? Gini..

Kita tau kalo makhluk mitologi & cryptid itu beda, makhluk mitologi disebut mitologi karena dia cuma ada dalam mitologi, alias ga ada di dunia nyata, sebut aja Manticore, Unicorn, Sphinx. Makhluk mitologi ga akan pernah ditemuin fosilnya. Kalo cryptid lain lagi, masih ada posibility kalo mereka eksis. 

Belum pernah ditemuin fosil burung yang kepalanya singa. Tapi, ditemuin fosil burung yang berukuran raksasa, mengingat orang pada masa itu belum kenal sains, mereka cenderung melebih-lebihkan apa yang mereka liat, misalnya cumi-cumi raksasa yang ukurannya "cuma" 7 meteran mereka bilang gede bagnet sampe bisa ngelilit kapal. Jadi ada kemungkinan kalo mereka juga melebih-lebihkan apa yang mereka liat pada waktu itu. 

Jadi setelah riset singkat, kemungkinan Anzud adalah:

Nenek moyang Elang
Ini adalah posibilitas terbesar tentang apa itu Anzud, dari ciri-cirinya yang paling memungkinkan emang cuma elang, bukan elang biasa sih emang, tapi elang raksasa. Cuma 1 yang ga cucok, elang ga bergigi kaya hiu.

Posibilitas: 80%



Pelegornis Sandersi
Ini adalah spesies burung terbesar yang pernah ditemuin, bentangan sayapnya 7 meter & dari fosilnya yang mirip albatros, peneliti nyimpulin kalo dia adalah nenek moyang albatros. Tapi dia hidup 6 juta taun yang lalu & berhabitat di benua Amerika. Well, hampir ga mungkin kalo dia Anzud, dia ga punya cakar yang bisa mencengkeram & secara dia aja ga hidup di daerah Sumeria. Tapi gatau deh kalo ada spesies sejenis yang hidup di Sumeria.

Posibilitas: 60%


Elephant Bird
Elephant bird pernah hidup di Madagaskar, dia adalah burung yang berdiri dengan 2 kaki & memiliki tinggi 10 kaki. Diasempet hidup berdampingan dengan manusia tapi diduga punah karena manusia menjadikan telurnya yang besar sebagai makanan. Apakah dia Anzud? Bisa jadi, tapi dia ga bisa terbang.

Posibilitas: 30%


Anzu Wyliei
Predator seberat 250 kilogram ini disebut ayam dari neraka karena memiliki struktur mirip raptor tapi berkepala mirip unggas & berbulu. Nama spesies ini terinspirasi dari Anzud & Wylie J. Tuttle pecinta dinosaurus dari museum Carnegie, Pittsburg. Doi gabisa terbang & hidup di benua amerika jutaan taun yang lalu.

Posibilitas: 40%


Nah, menurut kalian apakah Anzud adalah salah satu dari 4 kemungkinan diatas? Atau Anzud beneran sebuah spesies tersendiri yang sampe sekarang belum ditemuin? Kalo ada pendapat boleh lho kasih komen.

Yaudah sampe jumpa di postingan berikutnya ya Readers!

ATS, telegraph, BBC, ABC

6 komentar:

  1. hore akhirnya ada postingan baru juga, hahaha.. :D
    kalo dibilang nenek moyang burung masuk akal sih, soalnya kan ada teori yang bilang burung itu awalnya dari raptor, jadi mungkin ada yang punya gigi dan cakar :/

    BalasHapus
  2. Thanks sudah ada updatenya.. :-)

    Asrul, Kuala Lumpur.
    asrulr.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Nenek moyangnya ayam kalleee...

    BalasHapus
  4. Kadang sesuatu seperti itu di puja bagai dewa

    BalasHapus
  5. kak harits kok nggak ngepost ngepost nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, seneng ada yang nanya kapan ngepost.

      maaf ya readers, akhir2 ini lagi sibuk soalnya udah kerja sekarang.. :3

      Hapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter