Harits さんの未確認動物学の恋人

Jumat, 27 November 2015

#Throwback: Dokumentasi Monster Laut Irlandia Tahun 1871


Hai Readers! Lagi mood ni apdet blog, kebetulan nemu artikel bagus. Kali ini tentang penampakan Monster laut di Irlandia dulu pada 21 Oktober 1871. Penampakan ini bikin heboh sampe dimuat di koran lokal: The Day's Doings.

Kejadian ini terjadi di Kilkee, monster laut itu dilihat oleh sekumpulan orang yang mengunjungi sebuah pesisir yang disebut "Diamond Rock". Saat mereka lagi liat laut, perhatian mereka tersita dengan kemunculan monster yang muncul dari dalam laut, kira-kira 70 yard dari posisi mereka.

Deskripsi si Monster di artikel itu gini:

Monster ini punya kepala yang mirip dengan kuda, dengan bagian belakang kepala sampai leher ditutupi dengan "rambut" yang bentuknya seperti rumput laut yang bergerak sesuai gerakan ombak.

Mata makhluk ini besar & tajam, dengan tubuh besarnya yang tertutup di bawah ombak. Mereka tidak bisa memperkirakan panjang makhluk ini karean jarak dengan monster itu yang jauh, namum semua setuju kalo itu adalah "makhluk terbesar yang pernah mereka lihat." 

Monster laut ini ada di permukaan selama beberapa menit sebelum menghilang.

Koran ini juga menyertakan pendapat dari Philip Henry Gosse, seorang naturalis terkenal pada jamannya:

Setelah melakukan pertimbangan & penilaian dari bukti yang ada, adalah bahwa makhluk ini adalah "spesimen yang tersisa dari ras monster laut yang hampir punah".

Dia juga menyimpulkan kalo monster laut yang terlihat di Kilkee ini memiliki kesamaan dengan fosil dari reptil laut bernama Enaliosauria (Sebutan untuk keluarga Plesiosaurus pada masa itu)


Artikel Day's Doings ditutup dengan kesimpulan bahwa penampakan ini adalah penampakan pertama di pesisir Inggris & Irlandia yang menghebohkan.

Artikel koran ini ditemuin di koleksi Mary Evans Picture Library, yang dibentuk untuk mengoleksi gambar dari fenomena-fenomena aneh di dunia termasuk UFO & fenomena paranormal.

Cakep yak? Emang kalo di luar archive koran dari jaman jebot juga ada aja. Coba di Indonesia, koran baru lewat 2 hari juga udah jadi bungkus pecel. Mungkin kalo di cari, bukan ga mungkin bakal ada 1 artikel dari koran kita yang isinya fenomena kaya gini. 

See you on the next post!

bbc

2 komentar:

Hayo, komennya yang sopan ye..

Protected by Copyscape Duplicate Content Detector