Harits さんの未確認動物学の恋人

Jumat, 17 Desember 2010

Ular Laut Gloucester-Sea Serpent Pertama yang Terdokumentasi?

Hai Readers, lama ga ngeblog nih.. Tapi kali ini harits udah balik ngeblog dan mau bahas tentang ular laut Gloucester.. Tapi karena kepanjangan kita singkat aja jadi glou.. Gini-gini..


Sebelumnya tapi ma ngasih ucapan selamat ke timnas INDONESIA karena berhasil menang lawan philipina, gut job!


Gloucester adalah nama pelabuhan yang terletak di Massachusetts, utara boston..Di kota inilah kejadian yang ga bisa dijelasin dengan ilmu pengetahuan terjadi..




Pada taun 1638, kira-kira waktu harits umur 2 taun, terjadi penampakan pertama si glou: John Josselyn menulis "Orang bercerita kepadaku bahwa mereka ngeliat sesosok ular laut melingkar di atas batu karang di cape ann, dimana saat itu sebuah kapal yang dinaiki seorang inggris dan 2 orang indian melintas, orang inggris itu hampir menembak ular itu tapi dilarang oleh si india, dia khawatir kalo ular itu ga langsung mati bakal bahayain hidup mereka."


Makhluk itu dideskripsiin sepanjang 80 sampe 100 kaki dengan kepala mirip kuda tapi dengan tonjolan di tengkoraknya, tubuhnya dilapisi sisik dan badannya setebal barel. Habitatnya sendiri di samudra atlantik..


gloucester sea serpent, scoliophis atlanticus, gloucester sea monster, lost tapes


Penampakan yang lebih asoy terjadi agustus 1817, 2 orang wanita ngeliat glou berenang menuju pelabuhan, disaat yang sama seorang kapten juga ngeliat makhluk itu, total ada 18 penampakan di taun itu. Penampakan ini banyak lo, bayangin, nessie aja belum tentu keliatan setaun sekali.. 


"@#%*!!&$!"


Penampakan yang bejibun ini ngebuat New England Linnaean Society ngelakuin investigasi pada glou, bahkan sampe dikasih nama ilmiah segala: Scoliophis Atlanticus. Ga puas, glou bikin heboh lagi dengan 12 penampakan taun 1839, 9 penampakan taun 1875 dan 13 di taun 1886, total ada 190 penampakan termasuk penampakan di abad 12 yaitu 56 penampakan.


Sayang, jarang ada penampakan glou di abad 20, hal ini tentu aja ngebuat para ilmuwan penasaran, kemana dia pergi? Banyak yang berspekulasi kalo sebenernya glou itu ga ada, dia cuma kesalahan persepsi aja, hali ini diperkuat dengan catatan John Brown taun 1817: ""Saya melihat sesuatu di jarak tiga atau empat mil, bentuknya mirip tiang dan timbul tenggelam secara tegak lurus setiap sekitar delapan atau sepuluh menit. Saat kapal saya mendekat, saya melihat kayu dani sejumlah ikan lumba-lumba dan ikan hitam bermain dan melompat-lompat di sekitarnya, apa yang saya kira ular laut ternyata cuma tiang. " Nah lo..


Penampakan di abad 20 terjadi taun 1997 di Fortune Bay, Newfoundland dimana sekelompok orang ngeliat leher sepanjang 6 kaki dengan kepala mirip kuda dan mata gelap.


Tapi kayanya ga ada yang perlu ditakutin deh sama si glou, secara dia ga pernah makan manusia.. Tapi dia itu sebenernya apaan ya? Ular laut? Hiu? Ato apaan?


Menurut Readers gimana? Apakah glou itu kesalahan persepsi? Ato cuma hoax? 

13 komentar:

  1. BagaskorO LaskarOmeT a.k.a BOLOT THE MOLOR17 Desember 2010 09.15

    sebenernya ane ragu rits kalo dia nggak makan manusia soalnya terbukti banyak bgt pelaut dan nelayan gloucester yg meninggal waktu melaut pd thn 1990-an padahal nggak ada angin atau hujan

    BalasHapus
  2. meninggalnya kenapa? jatuh, apa gimana?
    :3

    BalasHapus
  3. Kalo menurut akuu... Peluang real ato tidaknya si gloucester tergantung sarangnya... kalo tempatnya memungkinkan untuk mahluk segede itu hidup, bisa jadi glou itu ada...

    BalasHapus
  4. sarangnya ga tw dimana..
    :3
    kayanya ya d laut atlantik itu deh..

    BalasHapus
  5. BagaskorO LaskarOmeT a.k.a BOLOT THE MOLOR17 Desember 2010 17.46

    @haharits
    meninggalnya ya di laut lah padahal nggak ada badai atau apapun lautnya tenang banget

    BalasHapus
  6. 100 kaki (lebih kurang 30 m) di laut gak gedelah... kalau disungai mungkin bisa dikategoriin gede..

    lagian bisa aja itu adalah octopus.. bentuknya meliuk2 hehehehe

    BalasHapus
  7. Great Blog..!!!! Keep Blogging.... : )

    BalasHapus
  8. Kelihatannya itu spesies baru...
    Eh...tapi koq dari jaman jebot ampe sekarang lom ketangkep 1pun ya......

    Kalo hoax masa ampe orang sebanyak tu yang mo bo'ong.....

    Kalo salah persepsi trus masa orang sebanyak tu juga yang ketipu......

    AHHH!!!BINGUNG!!!!

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter