Harits さんの未確認動物学の恋人

Rabu, 20 April 2011

Sea Monk & Sea Bishop-Cryptoid Religius?

Pagi Readers, kemaren pas libur kan aku maen bowling nih, terus jempolku keseleo, sumpah sakitnya ampun-ampunan deh, sampe-sampe ga bisa ngetik, jadinya ga ngepost deh.. (ya, aku ngetik pake jempol).. Tapi sekarang udah mendingna nih, jadinya eke mau posting aja pagi-pagi, kali ini mau bahas simong, eh, sea monk..

Sea Monk a.k.a rahib laut adalah monster laut yang ditemuin pertama kali di pesisir pantai denmark, sekitar taun 1546.Konon bentuknya mirip "ikan" tapi mirip kaya pendeta, nah lo..  (William M. Johnson seorang sejarawan bilang kalo sea monk mirip banget sama Saint Francis of Assisi).

Kata Conrad Gesner, seekor/seorang? sea monk keliatan di norwegia pas badai, dan seekor/seorang? ditemuin di Firth of Fourth, dia mendiskripsiin makhluk yang tertangkap itu kaya gini: "A.D. 1187. Seorang nelayan di Suffolke, menangkap ikan yang sangat mirip manusia dari berbagai sudut di jaringnya, 'ikan' itu lalu diserahkan pada Barlemew de Glanville, penguasa kastil Orforde, selama 6 bulan lebih: Dia tidak bicara 1 kata pun, dia memakan semua makanan yang diberikan kepadanya, dia menjadi rakus ketika makan ikan mentah. Seringkali di dibawa ke gereja untuk dipamerkan. Suatu ketika, ketika tidak seorangpun mengawasinya, dia melarikan diri ke laut dan tidak pernah muncul lagi."


Ilustrasi Rondele (kiri) & ilustrasi Belon (kanan)
Sekitar taun 1545–1550, Raja Denmark, Christian III, diundang oleh Kaisar Romawi, Charles V untuk menggambarkan makhluk aneh yang tertangkap di Øresund (jangan tanya aku gimana bacanya), sebuah selat diantara Sjælland (Denmark)& Swedia. Makhluk yang digambarkan sebagai sea monk ini, menarik perhatian seluruh masyarakat eropa saat itu.

Sea monk dikatakan  punya kepala dan wajah manusia, dimana penampakan kepalanya mirip orang yang rambutnya dipangkas abis atasnya,gara-gara itu makhluk ini dibilang sea monk.

http://www.ulyssesulysses.com/images/telemachus/tonsure.jpg
Model rambut rahib jaman itu
Nah badan bawahnya diselimuti sisik, 'kakinya' nyatu dan kesambung secara aneh dengan badannya yang mirip badan manusia.

Kiri: Sea Monk, Kanan: Sea Bishop
Selaen sea monk ada juga yang disebut Sea Bishop a.k.a uskup laut, tipe lain dari sea monk yang muncul pada abad 16. Menurut legenda, makhluk ini dibawa ke Raja Polandia, yang pingin memeliharanya. Makhluk ini terus deprlihatkan kepada sekelompok uskup katolik, kepada salah satu dari mereka sea bishop memberi isyarat untuk melepaskannya. Mereka mengabulkan permintaannya, di tepi laut sea bishop membuat tanda salib dan menghilang di laut.

2 orang naturalis, Rondelet & Pierre Belon, membuat deskripsi dari makhluk yang disebut Sea Monk, ato monk-fish. Seabad kemudia naturalis yang sangat berbakat, Japetus Steenstrup, mempresentasikan kalo apa yang diilustrasiin Rondelet & Belon mirip banget sama cumi-cumi yang ketangkep taun 1853. Dia juga membahas diskripsi dari Conrad Gesner tentang sea monk di abad 16. Steenstrup menyatakan bahwa: "Sea Monk adalah cephalopoda pertama yang teridentifikasi."

Berikut argumen dari Steenstrup::

1. Secara umum badan dari sea monk mirip dengan cumi-cumi, sirip dari sea monk sebenernya adalah kasula, sebuah rongga deket vestimentum. Lengannya sebenernya adalah tentakel cumi-cumi
2. Warna hitam dikepala (bagian yang mirip rambut) sebenernya adalah kantong tinta yang ada di bawah kulit
3. Sea monk punya totol-totol merah hitam sama kaya cumi-cumi
4. Cumi-cumi jelas ga bersisik. Menurut Steenstrup, sisik itu adalah kesalahpahaman dari warna cumi-cumi. meskipun ada satu family cumi-cumi yang bersisik, Lepidoteuthidae
5. Sea monk bisa idup di darat. Ini juga karakteristik cumi-cumi, cumi-cumi bisa idup di darat asal kelembabannya memadai.
6. Sea monk kaga ngomong apa-apa, ini jelas banget, nenek-nenek bungee jumping juga tau kalo cumi-cumi ga bersuara, bahkan napasnya aja ga bunyi

Okeh, aku pribadi setuju sama pendapat Steenstrup di atas..  Menurut dia juga, sea monk itu seekor Architeuthis yang kedampar dan berhasil bertahan idup.. Menurutku sih masuk akal banget..

Architeuthis dux, Giant Squid

Okeh, kalo sea monk itu cumi-cumi raksasa, sea bishop apaan dong? Menurut Bernard Heuvelmans, seorang cryptozoologist, sea bishop adalah spesies hiu 'angel shark' yaitu Squatina squatina.. Nih gambarnya:

Squatina squatina, Angel Shark
Tapi ada 1 yang ngeganjel, sea monk ma sea bishop diceritain bisa kabur ke laut, ngebentuk tanda salib etc.. Tapi apa iya ada cumi bisa kaya gitu? Kalo menurutku pribadi sih, itu cuma rekayasa orang jaman dulu aja.. Biar heboh.. 

Tapi kemungkinan cryptoid macem gitu beneran ada tetep masih ada, secara laut itu kan luas benjet.. Mungkin aja sea monk sekarang lagi berenang bebas di laut sambil baca postingan ini..

Hunyem..

Segini aja deh ya postingannya.. Abisnya laper sih.. Hehe.. Kalo menurut Readers sea monk & sea bishop itu apaan? Cumi? Angel shark? Hoax? Apa harits?

Lav, pis en gauuul!

12 komentar:

  1. sea bishop tu kan yg nyanyi `it might be you`..

    BalasHapus
  2. dari ciri2 nya sih udah jelas kalo itu bang harits

    BalasHapus
  3. musuhnya garo tu

    BalasHapus
  4. itu kayaknya squidward yang lagi nyamar jadi pendeta

    BalasHapus
  5. kak, tukeran link yok
    http://earthriddle.blogspot.com/
    makasih sebelumnya

    jangan lupa kritik dan saran ya kak

    BalasHapus
  6. Kalau menurut penerawangan batin ane ya bro, itu kemungkinannya HARITS ...tul nggk.hehe canda.
    bro kalau nggk berat boleh nggk tukaran link.
    Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  7. @anonim:squidward?itu saya..
    @mad:siaap..
    @divine:boleh kok, sante aja..
    :3

    BalasHapus
  8. menurut saya itu pendeta ilmuwan yang bereksperimen dengan baju selam atau itu alien

    BalasHapus
  9. ah paling cuma orang dalemx trus pake costumx cumi2........!

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter