Harits さんの未確認動物学の恋人

Minggu, 24 April 2011

Doyarchu-Monster Sungai Irlandia

Hai Readers, met paskah dan met hari minggu semuanya! Btw, semalem ada yang liat konser JB di sentul ga?

Tau ga sih, tadi kan aku mandi nih, terus kan di tembok ada gantungan anduk, nah, tiba-tiba, tak disangka, tak dinyana, tu anduk gerak-gerak sendiri! Padahal ga ada angin! Apaan ya kira-kira? Aku sempet cengok 3 menit sebelum akirnya ngelanjutin mandi dan kabur (ga andukan)..

What a wonderful sunday morning.. 

Eh, malah curhat kan jadinya.. Ya udah langsung ke post aja, kali ini aku mau bahas tentang cryptoid yang namanya Doyarchu.. Pasti baru pernah denger kan? Gini-gini..


Okeh, Doyarchu adalah sebutan buat cryptoid yang idup di aer dan gedenya sebuaya. Konon, bentuknya kaya persilangna antara berang-berang dan harits anjing. Bulunya item licin kaya rambut kebanyakan dikasih gatsby, tapi ada juga yang bilang dia ga berbulu sama sekali, bagian depannya mirip berang-berang dan bagian belakangnya miirip anjing greyhound. Dia punya cakar yang besar yang berselaput , mirip kaya mamalia amphibi, platipus. Kepalanya ramping dan badannya langsing, bener-bener built to swim deh badannya. 

Doyarchu punya sebutan laen: dobhar-chu, anchu, anjing air & buaya irlandia.

Cryptoid ini dilaporin idup di danau-danau di irlandia sejak jaman jebot. Mereka sangat agresif sama manusia dan anjing. Mereka menyerang dengan menyergap mangsa mereka dan menyeretnya ke aer.. Mereka sering berburu secara berkelompok, biasanya berdua. Jadi yang satu nyerang, sedangkan yang satu baru keluar pas temennya kerepotan. Nah, kalo temennya mati, dia bakal ngamuk dan bakal ngebunuh yang ngebunuh temennya. Ada cerita, kalo seekor doyarchu ngejar seseorang yang ngebunuh temennya sampe 20 mil jauhnya ke darat. 


Serangan misterius di danau Erie, Doyarchu?
Beberapa cryptozoologists sebagai spesies baru dari berang-berang raksasa, walopun kemungkinan mereka adalah sisa-sisa dari berang-berang primitif yang emang gedenya segitu..

Di jaman modern, penampakan doyarchu udah jarang banget, bahkan bisa dibilang ga ada, jadi bisa kita simpulin kalo mungkin makhluk bernama doyarchu ini ga pernah ada, ato udah punah, ato cuma dongeng. 

Tapi walopun jarang, penampakan doyarchu sering terjadi di pulau Achill yang ada di lepas pantai barat irlandia di County Mayo. Disana ada danau bernama Sraheens Lough yang disebut-sebut ditinggali sejumlah kecil doyarchu, tapi doyarchu adalah makhluk bermigrasi dimana mereka ga ada di danau itu sepanjang taun.


PulauAchill
Penampakan paling awal tercatat tentang Doyarchu a.k.a Dobhar-chú tercatat di 'A Description of West Connaught' (1684), oleh Roderick O'Flaherty. Cerita ini konon terjadi di sebuah tempat bernama Lough Mask:

"..Ada satu keanehan lagi, sesuatu yang disebut buaya irlandia,sepuluh tahun lalu terjadi pengalaman menyedihkan. Ada seorang pria yang berjalan di tepi sungai, dan dia melihat kepala dari sesuatu yang berenang, dilihatnya itu seekor berang-berang, dan tidak mengacuhkannya; tapi hewan itu mengangkat kepalanya, kemudian menyambar orang itu; lalu dia menyelam ke dasar air: orang itu lantas berusaha keluar dari air tapi makhluk itu lalu menyambar siku nya, makhluk itu mempererat gigitan di sikunya, dan mnyeretnya ke air lagi; pria itu berpegang pada batu dan berusaha mempertahankan diri, saati tu juga dia mengambil pisau di jaketnya, dan menusuk makhluk itu, dan makhluk itu akirnya melepaskannya. Air disekitarnya dipenuhi darah, entah darah makhluk itu, atau darahnya, atau keduanya. Ada bekas gigitan mirip gigitan greyhound di tangannya, ditinggalkan oleh makhluk berbulu hitam, atau mungkin tak berbulu. Seorang tua dan anjingnya menemukan bangkai dari makhluk yang menyerang pria itu beberapa hari kemudian. Seekor makhluk yang sering terlihat di danau-danau irlandia,mereka menyebutnya doyarchu,anjing air, atau anchu.."




Pada 2003 seorang seniman irlandia, Sean Corcoran dan istrinya menyebutkan kalo mereka bertemu Dobhar-Chú di pulau Omey di Connemara, County Galway. Dia ngeliat seekor makhluk besar berwarna gelap dan punya kaki berselaput berwarna orange memekik, dan kemudia berenang dengan cepat menimbulkan kecipak air yang besar. Makhluk itu mampu berenang dari ujung barat danau ke ujung timur danau dengan sangat cepat, sangat cepat untuk makhluk seukuran anjing labrador. Mkalhuk itu terus berenang sampe akirnya menghilang di kedalaman air.



Ada peninggalan kuno yang disebut sebagai bukti keberadaan Doyarchu, peniggalan itu disebut batu Kinlough, batu Kinlough adalah batu nisan dari seorang wanita yang terbunuh oleh Doyarchu di abad 17.. Wanita itu bernama Gráinne. Suaminya mendengar teriakannya pas dia lagi nyuci baju di sungai Glenade, pas dia dateng istrinya tapi udah meninggal, dengan Docharyu di atas tubuhnya yang berdarah-darah dan termutilasi. Pria itu terus ngebunuh Docharyu. Saat makhluk itu mati, dia ngeluarin suara mirip siulan, dan seekor Docharyu lain muncul dari sungai dan mengejar pria itu, setelah pertarungan panjang, pria itu berhasil membunuhnya.

Ada juga peninggalan yang disebut batu Glenade, ditemuin di pemakaman Conwall di Glenade, Ada figur Docharyu tergambar di atasnya, disebut-sebut kalo insiden yang mirip pernah terjadi di tempat itu dan ini adalah peninggalannya.




Nampaknya kisa Docharyu menginspirasi banyak karya tulis, diantaranya, The Legend of the Dobharchú (Water hound) yang ditulis oleh Joe McGowan yang terinspirasi dari pembunuhan oleh Docharyu di Grainne Ni Conalai di Glenade Lake, pada 24 September 1722

Wow, ini cryptoid paling agresif yang pernah di bahas di blog ini.. Sumpah horor abis.. Udah suka bunuh orang, dimakan lagi..

Nah, sebenernya Docharyu itu apa ya? Dari ciri fisiknya sih bisa dibilang itu berang-berang, tepatnya berang-berang raksasa.. Berang-berang bisa di temuin di sungai, danau, laguna, telaga, empang bahkan di laut. Tapi ga ada berang-berang yang idup di danau-danau di Irlandia. Satu-satunnya berang-berang yang ada di Irlandia idupnya di sungai dan ukurannya kecil dan unyu bangeeeet..


Berang-berang, Lutra lutra (Irlandia)
Hmm.. Menurutku ya, yang namanya Doyarchu, Dobhar-Chú, Haritschu itu bukan berang-berang, tapi beneran cryptoid, mungkin berang-berang primitif yang ukurannya gede yang masih idup di jaman sekarang..

Well, yang jelas jangan pernah deketin mereka kalo ketemu, mendingan lari deh.. Ato ga mending buka celana aja, kali-kali dikirain temen..

Yup, thats it.. Menurut Readers Doyarchu itu apa? Beneran cryptoid? Berang-berang? Ato harits?

naturalplane

13 komentar:

  1. Berang berang raksasa

    BalasHapus
  2. kayaknya pernah lihat deh

    dimna ya ????

    BalasHapus
  3. Kayak nya di sungai barito ada mahkluk ini

    tpi warnanya putih
    konon ada anak kecil yang gi berenang itunya ilang

    hiiiiiiiiii

    BalasHapus
  4. Apaan yaaaaach....ntar dech ane tidur dulu ntar kalo udah bangun baru mikir lagi daaach.
    ne link ente udah nongol bro diblog ane, thank,s ya.

    BalasHapus
  5. @anonim:waah..dlu aku tnggalnya di muarateweh,sbelah sungai barito..tpi ga tw ada mkhluk ky gtu..serem.. :x
    @divine:yee..mkirnya klamaan.. sip2,sama2..
    :3

    BalasHapus
  6. hei hei berarti kamu orang kalimantan juga ya..
    Ikam sudah lawaskah kada kabanjar? nangapa bapatak dibanua urang.

    BalasHapus
  7. Banjar....Banjar

    Ane Banjar

    BalasHapus
  8. seumur-umur ane ngikutin blog ini udah ada 2 cryptid yg pernah makan manusia..., btw nais post

    BalasHapus
  9. ^
    hehehe soalnya niru NII nih pake KW"-an

    BalasHapus
  10. emg made in china apa? pk kw sgala?
    :3

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter