Harits さんの未確認動物学の恋人

Kamis, 23 September 2010

Quick Read-Kting Voar-Cryptoid dari Kamboja

Nyuu.. Hai Readers..

Tau ga? Barusan eke baru dari kuliah 2D animation history, dan bapak dosen ngedongeng tentang walt disney, sumpah tadi ketiduran, ngantuk banget soalnya, untung dibangunin sama gani.. Hehe..

Post ini bukan mau cerita tentang tidur siangku kok Readers, tapi mau bahas tentang kting voar! Gini-gini..

Kting voar ato  khting vor ato Linh Dương ato sapi pemakan ular (Pseudonovibos spiralis), adalah cryptoid yang konon idup di kamboja, bahkan sampe vietnam segala. Nih gambarnya:


Kalo diliat sekilas emang mirip kaya sapi, tapi yang bikin asoy tu tanduknya Readers, kting voar punya tanduk spiral sepanjang 45 senti dan diselubungi bulu.

Bukti pertama tentang eksistensi kting voar ditemuin pada taun 1994 oleh Wolfgang Peter, seorang zoologis. Jadi waktu dia lagi belanja di ho chi minh city, dia nemuin sepasang tanduk yang diduga sebagai milik harits spesies baru.

Sebelum penemuan tanduk itu juga ada cerita yang menguatkan eksistensi kting voar, konon di awal abad 20 prajurit inggris menembak 2 ekor kting voar dan menggunakannya sebagai umpan harimau. 

Nah disini eke agak rancu, soalnya ada 2 gambar yang ngaku sebagai tanduk kting voar, yaitu yang ini:


 
  
Sama yang ini:
























Ga tau deh mana yang bener. daripada salah mending kuserahin sama Readers aja soal mana yang beneran tanduk kting voar dan mana yang bukan.

Tapi di gambar yang kesatu itu ada tulisannya "Pseudonovibos spiralis", jadi kemungkinan besar tanduk kting voar tu yang gambar pertama, tapi gambar ke 2 kumasukin soalnya lebih asoy.

Beda sama para ahli yang menganggap kting voar sebagai cryptoid ato hewan langka, para skeptis menganggap kalo kting voar itu cuma hewan bualan, dan tanduk yang ditemuin sama Peter cuma tanduk sapi yang dibilang sebagai tanduk kting voar.

Tapi pada 2001 dibuktikan kalo para skeptis itu salah, soalnya dari hasil penelitian phylogenetic dari tanduk tersebut, ditemukan gen mitochondrial 12S rRNA yang berarti tanduk itu asli dan merupakan bagian dari hewan yang sekerabat dengan sapi.

Menurut Readers gimana? Are they exist?

4 komentar:

  1. Kbetulan nih bcax mlm dptx PERTAMAXXXXXXX asooy geboy dehhh

    BalasHapus
  2. kting voar?baru denger ane.sama gak kaya kouprey??

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter