Harits さんの未確認動物学の恋人

Jumat, 24 September 2010

Request:Mongolian DeathWorm-Cacing Raksasa dari Gurun Gobi

Hai Readers, Kali ini bahas mongolian deathworm yuk, emang sih uda sering dibahas, tapi ga masalah kan?

Langsung aja deh, mongolian deathworm itu sebutan buat cryptoid yang konon idup di gurun gobi, kalo masih ada yang goblok dan bingung kenapa dinamain mongolian deathworm padahal tinggal di gurun gobi silakan liat peta dibawah.

http://www.chinapage.com/images/gobidesert.gif

Nah, jadi gurun gobi itu terletak di selatannya mongolia, makanya dinamain mongolian deathworm.

Padahal di mongolia sendiri, cryptoid ini lebih dikenal dengan nama Olgoi-Khorkhoi, kurang lebih artinya tu cacing usus berdarah ato disingkat "cacing darah", soalnya konon dia berwarna merah gelap dan tebel, mirip kaya usus sapi. Panjangnya sendiri konon bisa sampe 2-5 kaki (0,6-1,5 meter). Gini nih bentuknyo:

 

Masyarakat lokal percaya kalo cacing ini idup di bawah gundukan pasir di gurun gobi. Dikatakan juga kalo mongolian deathworm ini tertarik sama warna kuning, jadi jangan sekali-kali ke gurun gobi pake sesuatu yang warnanya kuning. Kalo dicaplok kan gawat tuh..

[IMG00686-20100806-0744.jpg]
"mampus BBku warnanya kuning.."

Tunggu, kalo cuma cacing raksasa bukannya uda umum ya? Emang kalo cuma cacing raksasa aja ga gitu horor, tapi mongolian deathworm beda: Dia bisa nyemburin cairan asam yang ngebikin siapapun yang kena cairan itu instantly death, bagian tubuh yang kena langsung berubah kuning dan langsung ter-korosi, di beberapa sumber dibilang yang disemburin bukan asam, tapi racun, aku juga ga tau mana yang bener, besok pas aku ke gobi aku cek dulu. Uda gitu dia bisa nyemburin cairannya sejauh beberapa kaki, gimana ga serem tuh. Oia, ada juga yang bilang kalo ability dari mongolian deathworm itu sengatan listrik.

The image “http://www.virtuescience.com/mongolian-death-worm.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.

Ivan Mackerle adalah orang yang bertanggung jawab atas kepopuleran mongolian deathworm. Dia emang sering neliti cryptoid, bahkan dia pernah nyelam di danau ness buat neliti nessie. Nah, salah satu muridnya yang dari mongolia kagum sama si Ivan, dia terus mutusin buat cerita soal cryptoid di negaranya. Nah, sejak saat itu mongolian deathworm mule mendunia.


Dalam tulisannya di majalah Fate (Juni 1991) dia bilang kalo monster ini membunuh mangsanya dengan sengatan listrik. Kemudian ahli kehewanan dari Inggris bernama Karl Shuker berhasil mendapatkan perhatian dari pemerintah inggris untuk meneliti mahluk ini lebih lanjut karena meluncurkan bukunya pada tahun 1996 yang berjudul The Unexplained. Sedangkan Loren coleman menuliskan penelitian hewan ini dalam buku berjudul Cryptozoology A to Z

Hm.. Mungkinkah mongolian deatworm itu eksis? Penelitian terakir dilakuin taun 2005-2006 dan belum ngedapetin hasil apapun. Bisa di cek di site mereka disini: Cryptoworld - Operation Death Worm - Mongolia, 2005. Tapi aku belum ngecek juga sih.. Ga tau deh isinya apa..

Secara teori, ga mungkin spesies cacing bisa tahan idup di gurun gobi yang panas. Orang ditaro di aspal aja langsung wassalam. Berangkat dari kemustahilan cacing buat idup di lingkungan ekstrim, Ivan berteori kalo mongolian deathworm itu sebenernya sejenis reptil yang ga berkaki(berkaki kecil) dan berjulukan skink:

The image “http://www.wherelightmeetsdark.com/images/pagemaster/three_toed_skink_4.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.

The image “http://www.prospect.sa.gov.au/webdata/resources/images/1_Three_toed_skink__photo_courtesy_Mark_Hutchinson__SA_Museum.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.

Skink berhabitat di bawah pasir sih emang. Tapi ga pernah ada laporan kadal skink yang bisa mencapai ukuran 1,5 meter. uda gitu dia ga beracun.

Ada juga teori yang bilang kalo mongolian deathworm itu cuma seekor worm lizard:

http://www.hlasek.com/foto/blanus_cinereus_6253.jpg

Tapi teori ini juga terpatahkan soalnya spesies ini juga ga beracun.

Ada sih spesies kadal beracun, tapi mereka ga nyemprotin racun. Reptil yang bisa nyemburin racun dan bisa idup lingkungan gurun cuma spesies kobra yang dijuluki death adder:

The image “http://www.smuggled.com/AcaWoo1a.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.

Wah.. Bisa juga ya? Uda warnanya merah, bisa nyemburin racun lagi, pasti dia sosok sebenernya dari mongolian deathworm. Tapi sayang dia ga idup di gobi, dia cuma ada di selandia baru dan papua nugini.

Kalo gitu si mongolian deathworm itu apa dong? Para ahli akirnya mengeluarkan spekulasi dan bilang kalo ini adalah spesies yang bener-bener baru.

Emang sejauh ini ga ada bukti yang kredibel, foto aja ga ada satupun. Yang ada cuma ilustrasi.

Ada sih yang bilang kalo berhasil dapet mongolian deathworm, yaitu si Takeshi Yamada. Ga tau deh hoax apa beneran.

Mongolian Death Worm

Menurut Readers gimana? Apakah mongolian death worm eksis?

(Wikipedia) 

11 komentar:

  1. Weheeee PERTAMAXXXXXX
    Klo disate laku brapa ya kak???
    Mngkin itu manifestasi dri cacing kremi,ato cacing pita, pingin bukti, tuh
    ~~~~~~B-p

    BalasHapus
  2. Oh ya kak aku hampir lupa, klo diax ska wrna kning mngkin ja itu kning-kning yg d kali, sungai ato jamban ( jorok ) hehe b'canda kog kak ( ' ~ ' )

    BalasHapus
  3. Di sate jg g ad yg mau beli kali..
    :3
    Bkn kuning2 itu jg kali..

    BalasHapus
  4. BOLOT

    wew mayan aneh juga ya cacing ini

    BalasHapus
  5. hm.. ular mungkin? imajinasinya si ivan terlalu tinggi. kwkw.

    BalasHapus
  6. Bkn ular kok,lgian ivan cm neliti,yg blg cacing tu org mongolnya say..
    :3

    BalasHapus
  7. wew jijai deh liatinya..............untung dah habis makan he he he makasih infonya

    BalasHapus
  8. Mau muntah??fto trs aplot d fb ya?mau liaat..
    :3

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter