Harits さんの未確認動物学の恋人

Senin, 04 Oktober 2010

Request:Bunyip-Monster Legendaris dari Australia

Hai Readers, karena kemaren ada salah satu Readers setia blog ini request minta dibahasin bunyip, makanya sekarang harits mau bahas tentang cryptoid bernama bunyip.. Gini-gini..

Bunyip ato Kianpraty adalah hewan mitologi yang ada dalam kebudayaan aborigin. Mereka dipercaya berhabitat di rawa, telaga, jeram, pinggiran sungai dan kubangan . Dalam bahasa wergaia yang merupakan salah satu  bahasa aborigin, mereka disebut Wemba-wemba.

 1822-ilustrasi seorang aborigin memperingatkan anak-anak tentang bunyip

Bunyip sendiri sangat terkenal di australia, konon ada 9 jenis bunyip yang ada di sana. Ini ga becanda lo, emang kayanya beneran 9 macem deh..

File:Bunyip 1890.jpg
Bunyip-1890

File:Bunyip (1935).jpg
Bunyip-1935

The image “http://www.eaudrey.com/myth/images/bunyip.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.
Perangko bunyip

The image “http://1.bp.blogspot.com/_iq2vQY1Jeaw/TCD0vasVAxI/AAAAAAAAUYY/7VQa2ZyAhP8/s400/bunyip01.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.
Perangko bunyip lagi

Image:Bunyip.jpg
Perangko lagi

The image “http://www.faithalone.com/bunyip.gif” cannot be displayed, because it contains errors.
Sketsa bunyip di dano barwon

The image “http://img78.imageshack.us/img78/4599/bunyip6ab9.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.
sketsa bunyip dari greta bunyip

The image “http://www.majorproject.mkysplace.ca/images/In_swamp.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.
sketsa bunyip

The image “http://www.nla.gov.au/exhibitions/bunyips/html-site/zoombie/thumbs/eggboy.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.
sketsa bunyip

The image “http://www.itsnature.org/wp-content/uploads/2008/03/fig03.jpeg” cannot be displayed, because it contains errors.
sketsa bunyip menurut orang aborigin

Nah, silakan simpulin sendiri mana yang bunyip.. Eke lepas tangan.

Bunyip sendiri artinya iblis ato roh jahat dalam bahasa aborigin. Penduduk disekitar murray river di aussie yang biasa dikenal dengan suku moorundi bilang kalo bunyip itu artinya roh air.

Bentuk bunyip pun beda-beda, tergantung bunyip dari daerah mana, ada yang bilang kalo bunyip itu punya muka kaya anjing, bulunya item, ekornya kata kuda, tangannya bersirip dan punya tanduk kaya walrus. Ada juga yang bilang kalo bunyip itu lebih gede dari orang, gendut dan buruk rupa dengan bulu berwarna item di sekujur tubuhnya, kadang malah ada yang bilang kalo bunyip itu berleher panjang dan punya sisik dan ada selaput di jari-jarinya.

"Bunyip, punya karakteristik dari burung dan buaya. Kepalanya mirip emu,-emu sendiri adalah burung terbesar kedua di aussie, sedangkan badan dan kakinya kaya buaya, ekornya kaya sting ray, punya tangan yang kuat dan bercakar panjang, kalo di aer dia berenang kaya kodok dan kalo di darat dia jalan pake 2 kaki belakangnya. Dia juga membunuh mangsanya dengan cara memeluknya sampe mati."—Peter Ravenscroft,

Berkas:Emoe.jpg
emu

Bunyip dikenal sebagai makhluk nokturnal, dia cuma keluar-keluar waktu malem. Di aussie sono, kalo pas malem-malem ada suara tangisan berarti si bunyip lagi berburu, mangsa favorit bunyip sendiri adalah anak-anak dan wanita. Bunyip juga dikenal sebagai pembawa wabah penyakit.

Tengkorak bunyip konon pernah ditemuin pada januari taun 1846 di tepian sungai murrumbidgee di new south wales, waktu itu tengkorak tersebut dibilang sebagai makhluk yang belum teridentifikasi secara ilmiah, tapi pada juli 1847 kerangka itu mule disebut sebagai kerangka bunyip, nih gambarnya:

 The image “http://www.nla.gov.au/exhibitions/bunyips/html-site/zoombie/thumbs/skull.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.
Wow, tengkorak apakah itu? Beberapa orang bilang percaya kalo tengkorak dari bunyip. Tapi ada juga yang bilang kalo itu mirip sama tengkorak diprotodon, tapi ga tau juga sih.. Tengkorak itu sendiri ada di australian museum selama 2 hari sebelum akhirnya ilang.


Diprotodon


Selain tengkorak di atas, ada 1 tengkorak lagi yang dibilang sebagai tengkorak bunyip. yang satu ini ga tau tengkorak apa dan ditemuin dimana..

Click for detail

Tapi ga tau deh mana yang bener..

Bunyip Sightings:

1818:Ditemuin kerangka yang diduga bunyip di danau bathurst di new south wales oleh Hamilton Hume


Click for detail

1821:Dimuat artikel di australian gazzete tentang bunyip, dilaporin ada penampakan bunyip yang bermuka mirip bulldog dan berebulu item.

Click for detail

1830:Ditemuin kerangka makhluk berkaki 4 yang lebih gede dari banteng di gua wellington
1846:Ditemuin tenkorak bunyi di sungai murrumbidgee
1852:William Buckley bunyip sightings

Click for detail

Di aussie, orang-orang percaya kalo bunyip idup di greta bunyip, sebuah rawa yang konon sering kedengeran suara teriakan misterius pada malam hari. Orang-orang yang penasaran memutuskan buat ngeringin rawa ini buat nyari bunyip, sejak rawa itu dikeringin suara-suara misterius itu juga ilang, mereka percaya kalo bunyip uda pindah dari tempat itu. Nih ada foto greta bunyip dan penampakan yang konon bunyip, tapi ga tau juga ini hoax apa beneran apa ternyata bukan gambar greta swamp.

The image “http://t.ah0.net/images/photos/wayneburton_bigfoot_swamp_arrow.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.


Hehe.. Cryptoid satu ini bener-bener misterius ya Readers, menurutku sih bukan ga mungkin dia beneran ada. Menurut Readers gimana? Apakah bunyip itu eksis?

PS:ada yang tau ga obat sariawan yang manjur, uda 3 hari nih sariawan ga ilang-ilang..heelp.. 

18 komentar:

  1. posting bagus kak
    obat sariawan pake abotil aja, langsung ditetesin di sariawannya manjur lho

    BalasHapus
  2. kalo gak mau pake obat, silahkan kumur pake aer garem (PERINGATAN KERAS : rasanya sakit buanget lebih sakit dari sariawan-ny tapi manjur) bisa aja bunyip itu mahluk yg belom diketahui kan?

    BalasHapus
  3. @leo:makasih, eh abotil?obat apa tuh?
    @499:aer garem?ga salah??
    :3

    BalasHapus
  4. @harits
    iya gan nggak salah kalo sariawan itu diobatin pake aer garem :D

    btw thx for mbuatin article yg komplit bro

    BalasHapus
  5. Uda d coba dan hasilnya rsa asin g ilang2 walopun dh kumur..
    :3
    Sma2 mamen..

    BalasHapus
  6. di obatin pake bunyip aja heheheheh

    BalasHapus
  7. Oh ya kak obat sariawan itu ALBOTHYL ditaro' d cotton but tyus di tmpelin d sariawanx en d pter en dteken perih pasti sembuh tpix
    Oh ya kak bbrpa hari ni d atas g. Bromo bax awan bagus kak tp aku cm dpt dikit ftox

    BalasHapus
  8. Iya ni uda mndingan,awan d bromo?mna cb kuliat..
    :3

    BalasHapus
  9. sariawan makan cabe rawit rits...
    dijamin sembuh (efek samping gk di tanggung)

    BalasHapus
  10. serem juga ya tu cryptoid ..

    ehm kak tukeran link y .
    (http://randy-revenge.blogspot.com)

    link kakak dah saya pasang di blog saya

    BalasHapus
  11. kalo gak sembuh2 juga tuh sariawan udah diemin aja ama makan banyak vit C (plus kesabaran tingkat tinggi) lama2 juga sembuh sendiri

    BalasHapus
  12. @kak harits
    kalo kerangka bunyip yang lengkap itu sama kaya di buku saya... mirip miriplah spt Toxodon. Panjangnya 3 meteran seukuran spt badak tapi itu hidup di Amerika Selatan pas zaman Pleiosten ato zaman es apa jangan2 kebawa es yang dah mencair terus mengapung ke australia ya???
    Yang ke2 mungkin Diprotodon nih sedikit infonya:
    *Hidup di Australia, zaman Pleitosen
    *Mamalia berkantung
    *Ngak pernah jauh dari air
    *Punya gerham yang dapat menghancurkan dahan yang tebal
    *Hidup dalam kelompok
    *Diburu ama orang aborigin
    itu sih analisis saya. Thx nice posting

    BalasHapus
  13. bunyip suara gendang rasa ingin berdendang....

    BalasHapus
  14. Permisi Kakak", numpang promo ya
    bagi pecinta poker online indonesia
    coba yuk main poker online uang asli yang di jamin
    tidak membuat para member nya kecewa.

    Mau Jackpot terus kakak ?
    Gak mau Kalah teruskan main poker ?
    yuk gabung aja dengan kami di #saranapelangi

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di www.saranapelangi.com atau melalui android kami.

    - BBM : 2B47BB9C
    - CALL : +855964972098
    - WEECHAT : saranapelangi
    - SKYPE : saranapelangi
    - EMAIL : saranapelangi99@yahoo.com
    - FACEBOOK : saranapelangi99@yahoo.com

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter