Harits さんの未確認動物学の恋人

Jumat, 01 Oktober 2010

Zuiyo Maru-Plesiosaurus?

Ehem.. Eke ga tau apakah artikel yang bakal kutulis ini repost, rewrite,retell ato mala reggae.

Tapi di post kali ini eke mau bahas tentang zuiyo maru, buat yang mau tau itu apa silakan lanjut baca!

Zuiyo maru itu sebenernya nama dari kapal pemancing jepang. Nah, pada 25 april 1977 mereka menjaring bangkai makhluk yang diduga sebagai seekor plesiosaurus waktu mereka lagi ada di perairan selandia baru, nih gambarnya:


tampak depan

tampak belakang

Apa tanggapan pertama Readers begitu liat foto ini? Thats look very prehistoric kan?

Nah, sebenernya apa sih identitas dari bangkai ini? Bandingin sama foto globster yang terdampar di pantai kanada ini? Apakah keliatan mirip?


Image:Canadacorpse-baskingshark.jpg


Keliatan mirip? Mungkin, tapi ga keliatan sama, soalnya itu cuma bangkai basking shark yang terdampar di kanada..

Okeh, banyak yang bilang kalo si zuiyo maru itu basking shark. Tapi begitu liat perbandingan ini aku jadi heran..


Miripnya dimana sih?? Terus terang eke ga tau kenapa ini dibilang basking shark:

1.Ga ada sirip dorsalnya

Kalo itu basking shark dimana sirip dorsalnya? Sirip dorsal itu sirip yang ada di punggung ikan.

no dorsal fin

http://wildlifemysteries.files.wordpress.com/2009/08/basking-shark.jpg
with dorsal fin

Di bangkai zuiyo maru ga ada siripnya kan? Kenapa dibilang basking shark? Kalo hiu sirip dorsalnya ilang/kepotong bentuknya kaya gini:

The image “http://files.sharenator.com/shark_fin_soup_73_Million_Sharks_Killed_Every_Year-s210x399-69395-580.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.

Beda ya sama punggungnya si zuiyo maru, tapi ga tau juga kalo uda membusuk bisa kaya gitu apa ga punggungnya..

2.Struktur tulangnya beda

Struktur tulangnya beda, kalo itu basking shark, dimana tulang kepalanya? Ada yang nemuin 'kepala' basking shark disana?
http://sarwoedi.files.wordpress.com/2008/11/10-ikan-hiu.jpg
Tulang hiu tu kaya gitu, tulang kepalanya gini:

http://3.bp.blogspot.com/_S5xc4FYp9ZY/RvOE8_rSTrI/AAAAAAAAELY/6S_9pYFfwsE/s400/PC020300.JPG

Wakakaka, nemu kaga tulang bentuknya gitu di zuiyo maru? Bandingin ma tulang plesiosarus, lebih mirip mana?

http://www.dinostar.com/images_product/replicas/plesiosaurus_macrocephalus.gif

http://japonenunatazadete.files.wordpress.com/2009/01/zuiyo-maru-monster.jpg

Kalo menurutku sih dia itu plesiosaurus, tapi tenang ini cuma pendapat pribadi kok, kalo mau bilang itu basking shark gapapa, bilang kecebong juga gapapa.  Kalo ada yang ga setuju gapapa, tapi kasih tau alesan kenapa ga setuju ye..

Buat bonus:

Zuiyo maru dari berbagai sudut. Liat dan simpulkan sendiri apakah itu basking shark ato plesiosaurus..

http://www.strangemag.com/globstergifs/hangingcarc.gif     http://dagmar.lunarpages.com/~parasc2/en/cryptozoo/aquarium09.jpg

http://www.talkorigins.org/faqs/paluxy/zm1c.jpg

http://www.creationresearch.org/crsq/articles/38/38_1/images/Goertzen2blur.JPG

11 komentar:

  1. agus...
    petromaxx!!!

    BalasHapus
  2. tengyu Rits dah nulis ini,,nice!! :ceria:

    BalasHapus
  3. @agus:sya gerobax aja
    @sony:sma2..seru ni d bahas..
    :3

    BalasHapus
  4. kalo menurutku ya Rits, ndak ditemukannya sirip dorsal pada bangkai tersebut bisa jadi karena proses pembusukan bangkai atau mungkin juga telah dimakan hewan laut lainnya ketika masih berada di laut, sehingga sirip tersebut hilang, hal ini juga mungkin terjadi pada kepalanya.( saya pernah menemukan foto bangkai paus yang terapung dilautan dan keadaannya mirip dengan foto diatas.
    kenapa saya berkata begitu? saya hanya melihat keadaan bangkai tersebut yang sebagian besar dagingnya telah hilang ( hampir tinggal tulangnya saja ), namun saya tidak menyimpulkan bahwa bangkai tersebut adalah bangkai basking shark, bisa saja mkhluk lain...

    BalasHapus
  5. kok geto ya bangkainya bikin :takut aja hiii

    BalasHapus
  6. @vahn:iya bisa aja sih vahn, tapi ruas tulang belakangnya kayanya terlalu rapi gitu deh, aneh, masa dimakan bisa serapi itu? ya itu pendapatku sih..
    @ben:kalo idup lbh serem tu..
    @feb:bebek? angsa juga bisa,wkwkwk..
    :3

    BalasHapus
  7. itu fake, nih blogku yg atu lagi

    http://499-komunikasi.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. Mungkin hiu basking (berjemur) yg siripnya udah patah & badannya udah rusak berat. Meski begitu, gak menolak kalo bangkai itu mirip dgn plesiosaurus.

    BalasHapus
  9. klo mnurut gw sich klo yg d kanada itu antara "Ogopogo" monster mrip plesiosaurs cma ad d kanada and ogopogo dri jrak jauh kpala na mrip naga...atw g itu plesiosaurs....klo hiu basking g mngkin bgt lah...mngpa..???karena cba dperhatikan baek'' gmbar bangkai d kanada itu...lhernya agk pnjang sdangkan basking shark lhernya tdk pnjang...dan bangkai itu tdk add sripp...mmg klo dlhat mrip dngan ikan...ttpi jika itu ikan sya brtnya...adakah ikan yg memiliki lher pnjang dan tdk memiliki sirip..??jika add ikan apkah itu berjenis app..??

    jdi mnurut saya itu antara Ogopogo atw g Plesiosaurus....

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter