Harits さんの未確認動物学の恋人

Jumat, 16 Juli 2010

Tikbalang-Manusia Kuda dari Filipina

Hai Readers.. Sebenernya kalo makhluk mitologi dibahas pada demen ga sih? Soalnya ni mau bahas makhluk (yang kayaknya)mitologi nih.. Tar kasi feedback ye lewat komen, kalo emang pengennya murni cryptozoology ya berarti aku bahasnya crypto aja..

Nah, post kali ini mau bahas tentang tikbalang! gini-gini..

Tikbalang adalah makhluk yang konon hidup di hutan dan pegunungan filipina. Nama tikbalang sendiri artinya 'kuda iblis'. Jadi kalo pengen usaha delmannya laku jangan sekali-kali ganti kuda pake tikbalang.. Ciri-cirinya tikbalang sendiri antara lain berkepala kuda, bertubuh tinggi banget, kaki tangannya panjang yang bahkan kalo dia jongkok lututnya ngelebihin kepala.

Tikbalang dipercaya suka keluyuran malem-malem buat memperkosa wanita yang nantinya akan ngelairin tikbalang lain.

Tikbalang juga punya kemampuan buat ngebuat ilusi untuk menyesatkan manusia pas lagi di hutan, bahkan bisa membuat orang menjadi gila. Di filipina, kalo hujan turun pas matahari lagi terang, itu berarti ada tikbalang yang lagi kawin. 
Buat yang uda terlanjur kena ilusi dari tikbalang dan telanjur keseret jauh ke hutan, sati-satunya cara cuma dengan make baju secara kebalik Kalo ga mau kejadian kaya gitu, sebelum masuk hutan harus minta ijin sama tikbalang dulu.

"Misi mbah.. saya mau lewat, jangan ganggu pliss.. love piss en gaul mbah.."

Kalo kita ngebaca mantra di atas, niscaya tikbalang ga bakal gangguin kita. Ato kalo lupa ngucapin mantra padahal udah di hutan, kita harus jalan pelan-pelan biar ga ngeganggu tikbalang.

Ternyata selain bisa ngeganggu manusia, tikbalang juga bisa dipiara, kalo kita bisa nyabut 3 rambut emas di surainya, maka dia bakal nurutin kemauan kita, asal ga ditendang duluan ma tikbalang. 
Ada cerita lain yang bilang, kalo kita bisa ngejawab teka-teki yang dikasih sama tikbalang, dia bakal ngasih kita seguci emas. Ah masa sih..

Walopun kayanya tikbalang itu makhluk yang ga iya banget, tapi jangan sampe kita ketemu tikbalang malem-malem, soalnya dia jadi buas banget di malem hari, matanya bakal berubah merah, surainya berubah jadi api dan dia bakal ngisep cerutu yang gede, pokoknya preman banget deh, dan bakal nendangin orang yang ngebikin dia marah sampe mati, tikbalang itu gampang marah di malem hari.
 

Hm.. Ceritanya meragukan ya.. Dan kayanya ini beneran cuma mitologi deh.. Masa iya ada makhluk kaya gitu di dunia ini.

Oia, padahal kuda baru dikenal di filipina sejak kedatengan bangsa spanyol kesana, legendanya juga konon ga ada sebelum masa pendudukan spanyol. Berarti bisa aja dong kalo tikbalang ini kesalahan persepsi ato cuma dongeng yang ngegambarin orang-orang spanyol. Tapi bisa aja doi beneran ada.. Hehe..

Menurut Readers gimana? Believe apa kaga?

PS: HAAW tinggal kurang dari 2 minggu lagi, dukung terus blog kesayangan Readers ye..

wikipedia.com

8 komentar:

  1. Kita tukeran link ya, kalau setuju tolong e-mail saya atau ke blog saya di bagian banner-award

    BalasHapus
  2. Wah,ok dik..tp bsk ye..pas pke pc..
    :p

    BalasHapus
  3. buset, hebat amat nih mahluk y? brarti kalo udah jadi temennya bisa nambah "pasukan" dong kalo ketemu mahluk sejenis?

    BalasHapus
  4. wewee kudaaaaaa :))))
    tapi kalo tikbalang gamau ah ''tik balang lho kamu!'' haha

    BalasHapus
  5. Klo di menado sulawesi utara ada loh ...
    namanya KUDACUKI .. lol

    BalasHapus
  6. tauren.......dari desanya cairne bloodhoof

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter