Harits さんの未確認動物学の恋人

Jumat, 30 Juli 2010

Trunko-Monster Laut dari Margate

Hai Readers, bahas monster laut yuk.. Uda lama ga bahas gituan.. Kali ini trunko!

Trunko itu sebutan buat monster laut yang konon terlihat di margate, afrika selatan pada 25 oktober 1924. 

 

Trunko pertama kali terlihat lagi tarung sama 2 paus pembunuh selama 3 jam. Konon trunko menggunakan ekornya buat nyerang paus itu terus dia loncat setinggi 20 kaki diatas permukaan laut untuk nyemek paus-paus itu. Salah satu saksi mata, Hugh Ballance menyebutnya beruang kutub raksasa, kenapa? Soalnya warna trunko itu putih.. Nih gambarnya..

Image:Trunko.jpg

Konon lagi, bangkai trunko pernah terseret ke pantai pada 1 november 1922. Awalnya trunko masih idup tapi akhirnya mati. Dilaporin kalo trunko memiliki badan sepanjang 14 meter dengan lebar 3 meter yang bikin beda ama paus biasa, trunko itu berbulu sodara..selain itu dia juga berbelalai..

Sayang, selama 10 hari terdampar ga satupun peneliti dateng dan menelitinya. Bahkan bulunya ga ada yang ngambil.. Ah ga usa jauh-jauh, bahkan ga ada yang motret..


Pada Charleroi Mail edisi 27 maret (ultahku!) 1915, ada artikel berjudul "Whales Slain By Hairy Monster", di artikel itu ditulis kalo ada paus yang dibunuh sama makhluk misterius yang buluan, setelah pertarungan makhluk misterius itu kehabisan tenaga dan pingsan dan terdampar di pantai selama 10 hari, nah setelah dia sadar dia langsung renang lagi ke laut dan ga keliatan lagi sampe sekarang.

Hmm.. Makhluk apaan ya dia? Banyak teori tentang trunko, ada yang bilang kalo dia itu murni cryptoid. Ada juga yang bilang kalo dia cuma globster.. Tau kan globster? Itu tuh pamannya donal bebek.. Ga ding, globster itu sisa-sisa dari organisme laut yang ga jelas soalnya uda terurai, bisa aja paus, bisa aja hiu.. Yang pasti globster itu punya lapisan tisu yang berwarna putih kay wol..

Teori yang bilang kalo trunko itu cuma globster banyak dibenerin orang, sebut aja mawar tasmanian globster, dia juga berbulu.. Nih gambarnya tasmanian globster..

Image:The Mercury Tasmanian Globster.png

Walopun banyak yang setuju kalo trunko itu cuma globster tapi ada 1 kelemahan fatal, yang diliat ama Hugh Ballance apaan dong? Masa globster tarung ma paus pembunuh?

Ada juga teori yang lebih edan, katanya trunko itu alien!

Wakakaka, info tentang trunko emang simpang siur.. Tapi pada akhirnya identitas trunko tetep jadi misteri sampe sekarang..

Menurut Readers trunko tu apa?

11 komentar:

  1. trunko itu anaknya bezita ya??hahaha

    BalasHapus
  2. Brow ttg trunko ni criptid yg menarik bgt,,dr dulu analisa di situs2 laen ga prnah komplet,,,coba klo ada data lain ntar diupdate y, aq tunggu ,,,thx

    BalasHapus
  3. @pram:iye prtamax,anaknya bejita mah trunks
    @anonim:ok,eke cba deh..
    :3

    BalasHapus
  4. Wah...
    Aku benar2 terkejut liat gambarnya mas Haritz, bukan karena heran/ seram. tapi gambar ini sangat familiar di daerah saya,Bali.
    Di banyak lukisan bali, makhluk yang persis seperti itu sering digambar. Diberi nama Gajah Mina. yang artinya ikan gajah. karakteristiknya benar2 sama.
    Semoga membantu

    St. Germain

    BalasHapus
  5. Trkejut liat gmbar 'mas harits'?trkejut liat trunko dong ah..
    :3
    Makasih germain,tr cb q cri infonya..

    BalasHapus
  6. ngeliat gambar trunko diatas aneh banget,kepala kaya gajah badan kaya anjing laut plus berbulu iiih,bro apa ada berita terbaru dari trunko ini?

    BalasHapus
  7. bro kayanya itu trunko betulan mirip gajah mina,soalnya dari segi bentuk kayanya mirip,tapi yang saya liat gambarnya bangkai gajah mina ga ada bulunya,mungkin bulunya hilang dikarenakan proses pembusukan yang mengakibatkan bulunya rontok,bangkai gajah mina pernah terdampar di daerah dipantai Dungun kecamatan Lingga beberapa waktu lalu.

    Kerangka ini sekarang dimasukkan dalam museum daerah Kabupaten Lingga sebagai salah satu benda sejarah yang mempunyai panjang kurang lebih 12 meter.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. A new found of an old source recently has shown "Trunko" was a white unknown mass. Until now nearly all of those globsters available for analysis of DNA have shown to be originally from whales. So it's most probably that "Trunko" also was a whale carcass. For further informations: http://karlshuker.blogspot.com/2010/09/behold-trunko.html and http://karlshuker.blogspot.com/2010/09/trunko-two-more-photographs.html

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter