Harits さんの未確認動物学の恋人

Jumat, 02 Juli 2010

Misteri Leviathan Terpecahkan??

Hai Readers, sebelum mulai postingan ini, eke mau minta maap uda lama ga ngepost, abisnya lagi liburan dan di rumah ga ada internet sih, jadinya sori ye kalo jarang ngepost.. Hehe.. Poor me..

Yak kita mule aja yuk, gini-gini..

Tunggu, sebenernya pada tau ga sih leviathan itu apa? Mungkin ada yang uda tau, tapi mungkin juga belum. Buat yang belum tau kukasih tau deh..

Konon leviathan adalah monster penguasa lautan, saking asoynya, leviathan sampai muncul di dalam injil. Leviathan digambarkan berbentuk paus raksasa, kadang ular laut. Dia juga terkenal akan kebuasannya, ada yang bilang kalo leviathan bisa makan selusin kapal dengan sekali telan.

File:Lev-Beh-Ziz.jpg
leviathan, behemoth dan ziz

Nah, sekarang uda agak kebayang kan leviathan itu apa, emang sih, leviathan itu lebih menjurus ke legenda dibandingin cryptoid, tapi bukannya legenda sering mengacu sama kejadian nyata?

Hoho, dan kayanya emang leviathan berasal dari kisah nyata deh..

Baru-baru ini peneliti menemukan fosil dari paus yang gede banget, seperti yang dituliskan di ' journal nature'
para peneliti menamakan fosil berumur 12 juta tahun ini leviathan, panjangnya lebih dari 17 meter, diliat dari keadaan fosilnya yang ga komplit, para peneliti menyimpulkan kalo makhluk ini mati dalam pertempuran melawan predator lainnya.

Dari fosilnya, 'leviathan' memiliki bentuk yang sama dengan paus sperma, bedanya tentu aja, leviathan lebih gede.. Liat deh gambarnya..

http://brianlean.files.wordpress.com/2007/11/spermwhale.jpg

Tapi kemiripan antara paus sperma sama leviathan cuma di bentuknya aja, kalo paus sperma cenderung pasif, leviathan jauh lebih agresif.

Menurut Dr Christian de Muizon, direktur dari natural history museum, prancis. Leviathan memburu makhluk laut yang berukuran besar untuk dimakan, mulai dari lumba-lumba, hiu, maupun sesama leviathan.

Peneliti juga yakin kalo leviathan bisa memburu mangsa berukuran 8 meter atau lebih, walopun ada hiu berukuran 15 meter, leviathan masih bisa ngalahin hiu itu, rahasianya ada di struktur tulang rahangnya.

Kalo Readers jeli ngeliat gambar paus sperma diatas, pasti bakalan tau kalo giginya cuma ada di bagian bawah. Nah, kalo leviathan punya gigi yang kuat di rahang atas dan bawahnya. Diameter dan panjang giginya juga 2 kalinya paus sperma modern. Mantep..

Dr. Lambert, peneliti asal peru, yakin kalo leviathan yang legendaris adalah asli, dan fosil ini adalah buktinya. Tapi sampe sekarang mereka belum tau apa yang ngebikin paus kuno ini punah, teori yang muncul beragam, dari berubahnya habitat, sampe langkanya makanan dari leviathan.



Makhluk ini kini dinamai leviathan melvillei, 'melville' nya diambil dari pencipta novel moby dick, Herman Melville.

Nah, sekarang kalo ada yang bilang kalo leviathan itu cuma dongeng, kita bisa ngebantah dengan arogan dan bilang gini "Ah, cemen lo, leviathan itu beneran ada oon, kalo ga percaya baca aja tulisannya si harits yang Ganteng, Imut, Langsing & Asoy (disingkat 'GILA')"

Yup, thats all, komen ye Readers..

29 komentar:

  1. hehehe, aku pertamax lagi! Dulu aku sering diceritain tentang moby dick, keren kak harits!

    BalasHapus
  2. kalau diadu sama Kraken menang mana ya, xixixixi...

    BalasHapus
  3. kalo menurut mas vahn gimana? hahaha

    BalasHapus
  4. Waduh..sama2 hewan gede nih, kalau menurut enigma sih, musuh bebuyutan Kraken ya paus sperma, tapi jika melihat ukuran leviathan ini, saya kira leviathan lebih unggul, tapi ini cuma pendapat saya lho, lagipula nggak baik ah mengadu hewan, dosa!xixixixixi...

    BalasHapus
  5. hai yovi, hai vahn..
    =p
    wah, kalo diadu si susah nentuinnya, tapi aku dukung kraken deh..

    BalasHapus
  6. aku dukung si leviathan aja, haha

    BalasHapus
  7. sepiny
    klo di enigma berebut biasa

    BalasHapus
  8. Kwkwkw,k enigma aje yuk..
    Saya suka rame2..
    >3<

    BalasHapus
  9. artikelny keren deh, hoho :3
    klo levi vs kraken sy yakin 99% leviathan menang, d jamin garansi 1 tahun...
    pengalaman blm prnh dgn cumi mkn paus...

    btw..paragraph terakhir ny sukses bkn sy muntah darah(?) kak...

    numpang duduk(?) y kak, smbl nungguin Lica comment :)

    By Enigma & Lica Lover & Harits Lover ( khusus blog Harits Lmtd Edition)

    BalasHapus
  10. gila.. gede banget itu pausnya... 0_0

    @Enigma & Lica Lover & Harits Lover ( khusus blog Harits Lmtd Edition) : km cwe ya? 0_o

    BalasHapus
  11. @Enigma & Lica Lover & Harits Lover ( khusus blog Harits Lmtd Edition):apa jgn2 banci?? wkwkwkwk
    =p

    BalasHapus
  12. Lica@ ups, lica salah paham, wkwk, lover di sini lebih mengarah kpd penggemar, bukan lover yg lain sprt kpd lawan jenis/sesama jenis sprt yg d tuduhkan kak harits :P

    Harits@wkwk, iya kali :P

    By ENIGMA & Lica LOVER

    BalasHapus
  13. @enigma & lica lover : yup! Sy jg tau koq lovernya tu maksudnya penggemar.. Tp cara bicaranya kyk cwe.. Hehehe.. Sorry yah sy salah paham? Peace! -n,n-a

    BalasHapus
  14. Beda banget ama levi di DotA.....

    BalasHapus
  15. sebelumnya...
    boleh gga mengutip tulisan ini untuk tulisan saya bro?
    alamat blog dimasukkan dlm kredit kok

    dchost

    BalasHapus
  16. Boleh2,asal ada sumberny boleh..
    :3
    Slm knal..

    BalasHapus
  17. DC Host
    Sabar ya saya bikin dulu ntaran baru tak kbrin. Blognye aje blom jadi

    BalasHapus
  18. td di atas kan ktanya fosilnya gk lngkp,kalo makhluk ini mati dalam pertempuran melawan predator lainnya,..
    brrti otomatis ada hewan yg lbh bsar,n lbh mngerikan dari Leviathan donk,...
    gmna tuh,...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya hiu megalodon

      Hapus
  19. Oh kalo yg dimaksud adalah ikan paus, berarti Leviathan ini nama lain dari Basilosaurus, paus purba.

    BalasHapus
  20. makasih ya bro, atas info'x...

    BalasHapus
  21. makasih ya bro, atas info'x...

    BalasHapus
  22. makasih ya bro, atas info'x...

    BalasHapus
  23. nih baru leviathan http://static.pulsk.com/images/2016/02/20/145594870256c8039e7abb4.jpg

    BalasHapus
  24. tpi sih saya dengar besar nya sebesar pulau riau.benar?

    BalasHapus
  25. tpi sih saya dengar besar nya sebesar pulau riau.benar?

    BalasHapus
  26. Saya pernah baca besarnya 2000 km sampai 8000 kilo mete atau sepuluh kali kota medan ?
    Abis dong indonesia

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter