Harits さんの未確認動物学の恋人

Senin, 17 Januari 2011

Con Rit-Kelabang Laut Asal Vietnam

Hai Readers, tadi ada penampakan lo di kamar, tadi lagi ngubek-ngubek tas mau cari buku tiba-tiba ada yang lewat di belakangku! Pas tanya mami, mami bilang mami yang lewat, tapi pas tanya tomy, dia juga bilang dia yang lewat, tanya papa sama aja, tanya tante idem, gimana ga serem tuh kalo semuanya ngaku?

Oke, curhatnya udahan, sekarang harits mau cuhat, eh, salah ketik, malah curhat lagi jadinya.. Yang bener sekarang harits mau post tentang con rit, gini-gini..

Con rit itu sebutan buat cryptoid asal vietnam yang bentuknya kaya kelabang dan gede benjet, yang bikin asoy, con rit itu berhabitat di laut, tepatnya di perairan tenggara vietnam.. Bayangin kalo lagi renang tiba-tiba ada con rit dan kita langsung dililit dan diseret ke aer terus dimakan..

Menurut orang yang uda pernah liat, panjangnya amit-amit dan terdiri dari banyak segmen, selain itu dia juga punya selapis armor di punggungnya dan banyak kaki di sisi tubuhnya, bukan kaki ding, tapi sirip, soalnya dia idup di laut, bentuknya kira-kira gini:

Many-finned Sea Serpent - AKA: Cetacean Centipede, Con rit, Great Sea-Centipede

Nama con rit sendiri diciptain sama Dr. A. Krempf, direktur dari departemen kelautan dan perikanan indo china taun 1920. Mulanya gini, dalam risetnya dia dengar kesaksian dari Tran Van Con tentang bangkai makhluk aneh  yang terdampar di pantai hongay pada 1883.Dia mengklaim kalo makhluk itu panjangnya 60 kaki lebarnya 3 kaki, dilapisi armor dan banyak kaki. Warnanya kecoklatan dengan leher berwarna kuning terang. Sayang bangkai makhluk itu terseret ombak dan akirnya ilang.

Itu bukan penampakan satu-satunya, pada 1899 kapal narcissus lagi berlayar deket tanjung falcon, algeria, waktu para pelaut tiba-tiba ngeliat monster. Monster itu panjangnya 135 kaki dan punya banyak sirip di sisi tubuhnya, setelah muncul selama 30 menit akirnya monster itu masuk lagi ke aer dan ilang..

Menurut cryptozoologist Bernard Heuvelmand con rot mungkin spesies kuno dari paus ber-armor yang sumpah seumur idup aku baru tau ada paus ber-armor. Kaya aku, beberapa peneliti percaya kalo ga ada yang namanya paus ber-armor.

Teori lain bilang kalo con rit itu oarfish, oke, mungkin sih yang mereka liat itu oarfish tapi kan oarfish badannya ga ber segmen, kalo di nalar ga mungkin oarfish itu con rit.

http://www.magiedubouddha.com/images/prod/naga/oarfish.jpg

Kalo menurut Karl Shuker, con rit itu adalah spesies dari isopod raksasa atau chilopoda laut raksasa yang bertahan idup.

http://bio.fsu.edu/~bsc2011l/insecta/chilopoda_centipede.jpg
chilopoda

Okeh itu tadi con rit versi Bernard Heuvelmand sama Karl Shuker sama, sekarang versi harits ye: 

First, menurutku con rit itubisa aja spesies arthropleura raksasa yang masih bertahan idup. Arthropleura adalah invertebrata terbesar yang pernah ada dan bentuknya hampir mirip diskripsi con rit, warnanya juga kecoklatan, gede lagi..

http://www.geology.cz/aplikace/fotoarchiv/sobr.php?r=700&id=14570

http://www.avph.com.br/jpg/arthropleura1.jpg

http://img530.imageshack.us/img530/6506/sizecomparison.jpg
 perbandingan ma orang

Second, selain arthropleura, bisa aja con rit itu spesies dari kalajengking laut atau eurypterid, kenapa aku bilang gitu? Soalnya bentuknya mirip con rit dan tinggalnya di laut, cuma minus capit aja..

http://www.bbc.co.uk/science/seamonsters/factfiles/images/seascorpion_closeup.jpg

http://www.newscientist.com/data/images/ns/cms/dn12941/dn12941-1_351.jpg
perbandingan ma orang

Emang sih ga begitu mirip kelabang teoriku tapi lumayan ngejawab deh paling enggak.. Sayang penampakan con rit ga pernah ada di jaman sekarang, terakir yang taun 1900 an itu.. Jadinya ga ada bukti foto ato video dari con rit.. Dan ga ketutup kemungkinan kalo con rit cuma bualan Tran Van Con, abis ga ada buktinya sih..

Ok, thats it.. Kalo menurut Readers con rit itu apa? Beneran kalajengking laut? Oarfish? Hoax? Ato harits?

Bonus:yang mau liat film yang ada haritsnya klik disini, dijamin nyesel..

16 komentar:

  1. harits aj deh kesimpulanny

    BalasHapus
  2. kayak monster d filmnya amphibious 3d

    BalasHapus
  3. BOLOT the DONGO18 Januari 2011 18.08

    wah wah sepertinya dunia sudah mulai memunculkan makhluk"nya yg dulu telah tiada ini

    BalasHapus
  4. hmpir kiamat kali,btw knp namanya jd dongo gt?wkwkw..
    :3

    BalasHapus
  5. BOLOT the DONGO19 Januari 2011 16.27

    ^
    hmm title ane berubah rits hehehe

    BalasHapus
  6. enak gak ya klo dimakan

    BalasHapus
  7. pas perang Vietnam ada penampakan gak?

    BalasHapus
  8. ga bkal ada kayanya, perang vietnam kn di hutan2 gtu..
    :3

    BalasHapus
  9. Katanya con rit termasuk sea serpent

    BalasHapus
  10. mungkin itu sebenernya sejenis cacing laut ( pemakan Terumbu karang ) bentuknya persis dengan kelabang, dalam 1 tahun di dalam aquarium mampu tumbuh sampai 1,5 meter,beberapa di temukan di Indonesia, pernah nonton di discovery channel, kemungkinan kalo di laut lepas isa lebih gede lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooo..ada benernya jg tuh..di akuarium aja bsa segitu gmn d laut bneran..

      Hapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter