Harits さんの未確認動物学の恋人

Minggu, 16 Januari 2011

Mapinguari-Cryptoid Penghuni Hutan Brazil

Hai Readers, met hari minggu semua! Hooh.. Pas orang-orang pada joging ato siap-siap mau pergi maen, aku malah di rumah, ngeblog, mau ikut mami ke pasar tapi masih sakit, yaudah deh gapapa ngeblog aja..

Kali ini eke mau bahas tentang mapinguari, cryptoid asal brazil.. Gini-gini..

Mapinguari atau kadang dibilang mapinguary ato bahasa Indonesianya mapinguharits, adalah makhluk mamalia gede mirip sloth yang berambut tebel kecoklatan dan berjalan dengan 4 kaki yang berhabitat di hutan-hutan brazil.. Di brazil sendiri mapinguari artinya "Hewan Peraung". Kenapa di hutan? Iya soalnya kalo di kandangin namanya hamster..  Nih gambarnya:

http://1.bp.blogspot.com/_iq2vQY1Jeaw/TTIKy_WLeWI/AAAAAAAAXPg/UvsnI91A7sw/s1600/sloth.JPG
 
Oia, kenapa aku bilang berambut? Ga berbulu? Soalnya aku mau ngelurusin salah kaprah yang kayanya udah mendarah daging benjet di Indonesia, inget, yang berbulu itu bangsa burung kaya ayam ato merak, sedangkan yang berambut itu mamalia, kaya monyet, singa ato panda sama kucing.. Jadi ga ada yang namanya "Wah.. Bulu kucingku rontok.." ato "Ih, bulu kaki harits rontok.." itu salah, yang bener "Wah.. Rambut kucingku rontok kaya rambut kaki harits..",aneh sih, tapi itu yang bener, got the point? Gut-gut.. 

Omong-omong dari tadi aku ngomong sloth, tapi aku yakin banyak Readers yang seumur-umur belum pernah liat sloth, aku juga baru tau barusan dari wikipedia, nih bentuknya sloth:

File:Bradypus.jpg

Nah itu dia yang namanya sloth, mapinguari bentuknya kaya sloth juga tapi jauh lebig gede, tingginya 2 meter dan bergerak kaya beruang.. Mapinguari dikenal sangat agresif, ga kaya cryptoid yang umumnya lari kalo deket manusia, dia bakal nyerang dengan membabi-buta memampinguari-buta. Konon, dia bisa jalan menyibak hutan tanpa suara buat nyergap pemburu yang ga waspada, tempat yang aman dari mapinguari cuma aer soalnya dia ga bisa renang..

http://images.wikia.com/lostpedia/images/f/f8/Animal.gif

Mapinguari pertama dilaporkan taun 1994 sama seorang ahli biologi bernama David Oren. Dia ngelaporin kalo di hutna amazon ada makhluk yang dijuluki mapinguari dan bentuknya mirip sloth..

Penduduk brazil percaya kalo mapinguari itu eksis, gimana ga percaya coba, soalnya taun 2003 ada kejadian mapinguari yang hampir nyerang sebuah desa. Geovaldo Karitiana, 27 taun, anggota dari suku karitiana pernah mengalami kejadian itu, waktu itu dia lagi berburu di area yang dijuluki "goa mapinguari", udah bisa ditebak, mapinguarinya keluar dan nguber dia sampe ke deket desa. Waktu mapinguari udah sampe deket Geovaldo, dia mencium bau yang busuk yang ngebuat dia pingsan. Lucas Karitiana, ayahnya Geovaldo membenarkan kejadian itu, soalnya dia yang nyelametin anaknya, dia ngeliat jelas ada jejak kaki mapinguari disana..

Taun 2007 juga ada penampakan dari rio branco, brazil. Konon di hutan daerah itu ada makhluk berkaki empat, tapi dilaporkan bisa berdiri dengan 2 kaki. Berambut kecoklatan dan sangat kuat..

Okeh, ada makhluk segede itu di hutan dan ga ada yang pernah motret. Rasanya wajar sih kalo ga bisa motret, secara di galak.. 

Menurut peneliti, mapinguari adalah spesies mylodon yang bertahan hidup, mylodon sendiri udah punah 10000 taun yang lalu.. Nih, mylodon..

http://theora.com/images/mylodon.jpg

File:Mylodon fur.jpg
Rambut mylodon di Museum für Naturkunde, Berlin

Wow, rambut mylodon cocok banget ama diskripsi mapinguari, sama-sama kecoklatan..Ok, menurutku sih mapinguari beneran mylodon yang bertahan idup, kalo menurut Readers mapinguari itu apa? Mylodon? Makhluk yang bener-bener baru? Apa harits?

naturalplane
wikipedia
wikipedia
wikipedia
unkonwnexplorer

14 komentar:

  1. hmm hanya ada satu cara mengetahui apakah cryptoid di dunia itu asli atau nggak yaitu dgn cara mengosongkan dunia dan kita lihat apakah mereka akan muncul

    BalasHapus
  2. emng kya'nya tuh binatang bener mylodon doh
    bang request kasai rex donk
    -faisal-

    BalasHapus
  3. klo yg ini gak bakal hoax soalnya ada bukti2 konkritnya deh,tpi sloth jaman purba yg di ice age kecil gak sebesar mammoth nah yg ini besar banget walopun mungkin masih 1 spesies

    BalasHapus
  4. @faisal:kasai rex?iy bsk2..
    @anonim:btul3..
    :3

    BalasHapus
  5. menariknya penampakan mapinguharits ini deket2 dasawarsa ini, ngga kaya cryptid lain yg penampakannya sekian puluh tahun ato abad lalu yg mgkn dah punah, jd peluang tercovernya mapinguharits ni lbh gede,,hayo sapa mau nangkep mapinguharits ni gw kasi modal...100 rebu cukup kan :D

    BalasHapus
  6. ya ya bener..100 rebu dolar maksdnya?
    :3

    BalasHapus
  7. klo dapat banyak minta stu ya mau plihara

    BalasHapus
  8. @ Harits: dolar dunk,, klo kurang nt gw tambahin lg,,tp nunggunya sabar ya kan ngeprint duitnya jg lama klo sebanyak ntu :D

    BalasHapus
  9. Hi it's me ikkyu tau gak yang di FB itu lhooo

    hmmm kak harits coba liat film walking with beast disc ke 2 Ada hewan mirip kayak gitu

    BalasHapus
  10. @rasyid:boro2,ksna aja ga tw naek apa
    @sony:duit palsu dong!
    @ikyu:walking with beast?ga ada,krim k sni ntr ku tonton..
    :3

    BalasHapus
  11. mylodon itu sama gak sama Megatherium?

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter