Harits さんの未確認動物学の恋人

Rabu, 14 April 2010

Request:Misteri Naga

Naga.. Kalo inget naga jadi kebayang kalo dia itu mirip ular.. Kalo denger ular jadi kebayang kalo dia itu panjang.. Kalo denger panjang jadi kebayang bakmi.. Kalo denger bakmi jadi laper.. Kalo laper ga jadi ngeblog..

Yang di atas itu lamunan Harits! Cuekin aja!

Hai Readers, di post kali ini bahas Naga yuk. Naga mungkin bukan Cryptoid tapi cuma bagian dari legenda, tapi gapapa ya kalo kita bahas? Naga itu cryptoid yang ngetop banget, bisa dibilang kalo semua orang di dunia tau naga itu apa. Kenapa bisa kaya gini?
Dari mana konsep global ini berasal? Gimana bisa masyarakat di seluruh dunia menggambarkan, mencatatan, menggambar, membuat sketsa, menjahit dan mengukir makhluk tersebut dalam penyeragaman tersebut, kalo mereka ga liat makhluk ini selama hidup mereka?

Mungkinkah naga cuma imajinasi orang jaman dulu yang nemu fosil dinosaurus? Ato Naga itu suatu spesies tersendiri? Tapi kenapa kita ga pernah nemu fosil naga?


"Apakah saya yang mereka liat??"

Marcopolo menuturkan, eh, menceritakan kalo di perjalanannya ke china pada jaman dulu, dia liat naga dipelihara di rumah seorang bangsawan, dan juga naga yang diburu untuk dijadikan obat di provinsi Karazan.

Penjelasan yang paling masuk akal tentang naga itu ya berarti naga itu dinosaurus. Tapi kenapa hampir semua kebudayaan masa lalu punya sebagai dewa? Apa dulu mereka nyembah dinosaurus? Karena kalo semakin dipikirin kita makin pusing, ayo kita liat beberapa naga yang muncul di kebudayaan manusia:

Naga Barat
Naga di barat, maksudku di eropa memiliki ciri fisik yang paling mirip ma dinosaurus.. Leher mereka panjang, bersisik keras, memiliki 4 kaki,bersayap dan kadang punya semacam duri di ekor dan sepanjang punggungnya Satu-satunya yang ga mirip ma dinosaurus cuma cerita kalo mereka nyemburin api. Naga barat juga tragis idupnya, mereka diburu oleh para ksatria, dan mereka yang membunuh naga akan dianggap pahlawan.



Naga Timur
Kalo naga yang ini lebih mirip ular berkaki daripada dinosaurus, badannya panjang, ga bersayap, ga nyemburin api dan bersisik. Naga timur nasibnya lebih baik daripada naga barat, dia ga dibunuh tapi dianggep dewa oleh bangsa china. Naga sendiri konon memiliki bagia-bagian tubuh hewan lain. Badannya ular, sisiknya ikan, tanduknya rusa, kepalanya unta, matanya kelinci, lehernya iguana, telinganya sapi, telapak tangan harimau, cakar elang, jenggot singa buset..


Wyvern
Kalo naga yang satu ini konon punya 2 sayap, 2 kaki depan dan kadang digambarkan punya duri tajam di ujung ekornya. Liat gambarnya deh..



Hydra
Naga ini punya kepala banyak, antara 7 sampe 9.. Dalam mitologi, kepala hydra bisa tumbuh lagi kalo dipotong, dan baru bisa dikalahin kalo bekas lukanya di bakar.



Lindworm
Naga yang ini konon pertama kali ditemukan Marcopolo dalam penjelajahannya di asia tengah, naga ini punya 2 tangan, 2 kaki yang pendek, cakar yang tajam dan badan yang panjang banget.



Ouroboros
Ouroboros ada di peradaban mesir dan yunani, dia digambarkan sebagai naga yang menggigit ekornya sendiri. Dia adalah simbol dari keabadian. Ouroboros sendiri artinya pemakan ekor.



Sea Serpent
Sejak manusia pertama kali tau cara berlayar, yang namanya sea serpent uda disebut-sebut, apakah mereka plesiosaurus? Konon naga ini punya bentuknya kaya ular panjang, gigi tajam dan sering makan orang.Sea serpent yang paling terkenal adalah nessie.



Kesimpulan
Para ahli menyatakan kalo naga itu gambaran imajinasi dari orang jaman dulu yang nemuin fosil dinosaurus. Tapi orang-orang yang mendalami cryptozoology tentu saja menolak pernyataan itu. Kesimpulan itu rasanya terlalu dipaksakan dan mengabaikan fakta-fakta yang ada (fakta apaan?)

Kalo Readers di pihak siapa?

5 komentar:

  1. saya dipihaaak org yg percayaa nagaaa !!!! :D

    BalasHapus
  2. shiirnyaak ! aku juga dipihak mu !!!!!!!!

    BalasHapus
  3. saya juga dino

    BalasHapus
  4. Dragon VS Dino26 Maret 2011 12.46

    Dragonosaurus

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter