Harits さんの未確認動物学の恋人

Selasa, 13 April 2010

Request:Kraken-Monster Laut yang Legendaris

Eh? Kraken? Apaan tuh? Merk snack yah?

Yak, mungkin sebagian orang belum pernah denger tentang kraken, apalagi kita, orang darat tulen. Tapi para pelaut sangat menyegani cryptoid satu ini (padahal sama dosen aja jarang segan). Yuk kita liat riwayatnya Readers..

Kraken adalah rakasa laut yang sangat besar dalam cerita rakyat Norwegia, yang kadang-kadang menyerang kapal dan memangsa para pelaut. Dikatakan mampu menyeret turun kapal terbesar dan bisa menyedot kapal bawah oleh pusaran air dibuat yang dibuatnya. Kraken digambarkan sebagai cumi-cumi raksasa atau gurita raksasa. Kraken sangat terkenal di seluruh dunia, ia kerap menjadi momok pada pelayaran laut jaman dulu.


"Penggambaran Kraken menurut deskripsi pelaut prancis,1801"

Mungkin ga ada rakasa laut selegendaris dan semengerikan Kraken, sebuah rakasa laut raksasa. (Bayangin segede apa)

Menurut cerita, makhluk tampak seperti sebuah pulau ketika bergerak dan akan mencapai bagian atas tiang utama dengan lengannya. Ketika Kraken menyerang sebuah kapal, Ia melilit lambung kapal dan membaliknya. Tragisnya, para kru bakal tenggelam atau dimakan oleh rakasa tersebut. Kalo aku sih boro-boro mau naek kapal, renang aja ga bisa..

Kraken kebanyakan terlihat di laut dari Skandinavia. Nelayan mengatakan bahwa sejumlah besar ikan biasa berenang sekitar Kraken dan perahu yang mendekat untuk menangkap ikan akan ditangkap Kraken. Ironis banget.. Mau nangkep ikan buat dimakan malah dimakan Kraken..



Pontoppidan's menggambarkan kraken sebagai "sebuah pulau mengambang" . Bahaya bagi para pelaut bukan makhluk itu sendiri, tapi pusaran air yang dibuatnya. Pontoppidan juga menggambarkan binatang raksasa berpotensi sebagai perusak: "Dikatakan bahwa ia bisa meraih kapal perang terbesar, dan bisa menariknya ke dasar laut" (Sjögren, 1980). Kraken berbeda dari ular laut. Deskripsi awal diberikan oleh Yakub Swedia Wallenberg dalam bukunya Min pa galejan ("Anakku di dapur kapal") dari 1781:

"
... Kraken, juga disebut Ikan-Kepiting, yang [menurut orang Norwegia] jika kepala dan ekor dihitung, ia tidak lebih besar dari kita daratan luas yaitu [ kurang dari 16 km] ... Dia tinggal di dasar laut, selalu dikelilingi oleh ikan kecil yang tak terhitung banyaknya, yang berfungsi sebagai makanannya proses makannya berlangsung tidak lebih dari tiga bulan, dan lain tiga kemudian diperlukan untuk mencernanya. Secara bertahap, Kraken naik ke permukaan, dan ketika pukul sepuluh sampe 12, perahu lebih baik pindah dari sekitarnya, karena kraken akan ke atas, seperti sebuah pulau mengambang, menyemburkan air dari lubang hidung yang mengerikan dan membuat cincin gelombang di sekelilingnya, yang dapat mencapai bermil-mil."

Apakah dia Leviathan dari Kitab Ayub?

Menurut Pontoppidan, nelayan Norwegia sering mengambil risiko mencari ikan di sekitar kraken, karena hasilnya amat baik. Jika seorang nelayan punya tangkapan yang luar biasa, yang lain bakal bilang, "Lo pasti mancing di Kraken ya?" Pontoppidan juga mengklaim bahwa rakasa itu kadang-kadang keliru terlihat sebagai pulau, ini membuat para pembuat peta sering berdebat menentukan peta sapa yang benar.


Legenda Kraken mungkin cuma cumi-cumi raksasa atau Cephalopoda. Meskipun ga sebesar Kraken, mereka cukup besar untuk bergulat dengan ikan paus sperma.





Gimanapun juga, legenda Kraken nendang banget buat orang-orang jaman dulu, malah sampe ada puisinya:

The Kraken by Lord Alfred Lord Tennyson

Below the thunders of the upper deep;
Far, far beneath in the abysmal sea,
His ancient, dreamless, uninvaded sleep
The Kraken sleepeth: faintest sunlights flee
About his shadowy sides: above him swell
Huge sponges of millennial growth and height;
And far away into the sickly light,
From many a wondrous grot and secret cell
Unnumbered and enormous polypi
Winnow with giant arms the slumbering green.
There hath he lain for ages and will lie
Battening open huge sea worms in his sleep,
Until the latter fire shall heat the deep;
Then once by man and angels to be seen,
In roaring he shall rise and on the surface die.
Wah, bener-bener karismatik ni monster..

Itu dia sedikit penggambaran tentang kraken, kalo belum puas bilang aja, tar aku apdet deh Readers.. Kalo ada yang mau buat puisi tentang aku kirim aja ke blog, hehe..

3 komentar:

  1. thanks mas Haritz, setelah saya tahu tentang Kraken, ini adik saya yang gantian pengen tahu tentang naga and jenis-jenisnya. Thanks

    BalasHapus
  2. Buset,iya ku usahain deh.
    Pnggilnya jgn mas dong,kakak aj..hehe..
    (='3'=)v

    BalasHapus
  3. kraken kan kek monster yg ada di pirate of the caribbean itu kan ? yg makan jack sparrow ?

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter