Harits さんの未確認動物学の恋人

Selasa, 20 April 2010

Request:Chimera-Makhluk Mitologi Yunani

Waaah.. Ga kerasa aku udah sebulan lebih ngeblog.. Ternyata asik juga..

Hai Readers.. Post kali ini aku mau bahas chimera, chimera emang lebih ke mitologi dibanding cryptoid tapi gapapa ya?

Dalam mitologi yunani chimera adalah makhluk bernapas api yang konon tinggal di lycia di asia kecil, kalo harits dalam bahasa yunani berarti makhluk bernafas bau dari tangerang. Chimera terdiri dari beberapa bagian hewan, bagian atasnya singa betina, ekornya ular dan du ruas tulang punggungnya ada kepala kambing. Chimera sendiri keturunan dari Typhon dan Echidna, dia juga kakak perempuan dari cerberus dan hydra.

Ada versi lain yang nyebutin kalo chimera itu anaknya sphinx ma singa. Ga tau deh mana yang bener..





Homer mendiskripsikan chimera sebagai sesuatu yang abadi, singa di bagian depan, ular dibelakang dan kambing di tengah. Ia menyemburkan napas api yang terang benderang.

Ada juga yang menggambarkan chimera memiliki 3 kepala yang terdiri dari kepala singa, kambing dan naga. Chimera sendiri berjenis kelamin betina, liat deh gambar kepala singanya, walopun punya surai tapi kupingnya tetep keliatan, kalo singa jantan kupingnya ga keliatan.



Penampakan chimera merupakan pertanda badai, kapal karam dan bencana alam, khususnya gunung meletus. Chimera sendiri dikalahin sama Bellerophon, seorang pahlawan yunani sebelum masa hercules.


"sori bro, skenarionya gini.."

Dalam seni kristen abad pertengahan, chimera dianggap simbol dari kekuatan setan.

Banyak teori bermunculan tentang asal usul chimera, salah satu yang paling terkenal itu teori kalo chimera itu area semburan gas api yang ada di Lycian di barat daya turki. Semburan ini dinamakan Yanartas (batu membara), terdiri dari 2 lusin lubang yang nyemburin gas metana. Pada jaman dulu semburan ini dijadikan pedoman buat para pelaut.



"api abadi chimera"



So far, ga ada bukti kalo chimera beneran ada. Mau ga mau kita harus nyimpulin kalo chimera itu cuma imajinasi doang, cuma makhluk dalam mitologi. Tapi sapa tau beneran ada, kita tungguin aja deh Readers..

Commentnya ditunggu loh..

10 komentar:

  1. oooo , baru tau klo trnyata cwe haha. thx info-nya.

    BalasHapus
  2. http://www.cryptozoology.com/sightings/sightings_show.php?id=3663

    oiya, mau nanya, maaf kebanyakan -_-

    ini kira2x apa? waktu itu lgi nyari2x yg cryptozoology, terus ketemu kyk gini

    BalasHapus
  3. hm.. menurut pengamatan mata tajamku yang minus 4 ini, itu keliatan kaya anjing bunting kurang gizi yang lagi jalan di hutan.
    (='3'=)?
    bener ga?

    BalasHapus
  4. iy, sma tdi mikirnya gtu, tpi kakinya yang depan kyk rusa gtu, kepala-nya kayak monyet
    -_-
    chimera jenis baru apa? kepala monyet,tangan rusa, belakangnya anjing(?)

    BalasHapus
  5. bukan gitu, dia itu chimera wanna be..
    jadi tu anjing mau operasi plastik, tapi karena duitnya kurang trus gagal operasinya..
    iya,kayaknya gitu deh..
    soalnya chimera dimana2 ya kayak yang ku post itu me..
    (=*3*=)

    BalasHapus
  6. benran nggk boleeh copas yaaah ? :( hmm , kan luamayan buat bloog , kalo nggk boleh paling nggk dibawahny dicantumin sumbernyaa dong :)
    makasih , maaf bnyak mintaaa

    BalasHapus
  7. dengan terpaksa ga bole di kopas..sori ya shiirnyak..
    (='3'=)
    biar para blogger kreatif dong,, kasian yg dikopas..

    BalasHapus
  8. yaah, :( beneran nggk boleh yaa?
    maaf tanya berkali-kali di postinganmu kak, hehe habis lupaa awalny aku nanya dimanaa -,- hahaha yaudah deh ...

    BalasHapus
  9. Yawdh bole,tp 1 aj y?
    =p
    Cntumin link aku!

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter