Harits さんの未確認動物学の恋人

Selasa, 03 Agustus 2010

Trunko=Gajah Mina?

 *Warning Arikel ini ga jelas dan bisa bikin pusing.*

Hai Readers.. Kemaren kan eke uda bahas trunko(walopun ga lengkap) sekarang bahas gajah mina yuuk..

Kemaren pas posting tentang trunko ada pembaca yang ngomen kalo trunko itu mirip kaya gajah mina, nah karena aku penasaran makanya aku cari artikel tentang gajah mina dan ternyata emang bener.. Trunko sama gajah mina itu mirip, bisa aja itu spesies yang sama.. Penasaran kan.. gini-gini..

Di bali, kalo kita nunjukin gambar trunko sama penduduk asli sana, mereka pasti bakal bilang kalo itu gambar gajah mina, gajah mina sendiri artinya gajah laut.

 
gajah laut?

mirip ga??

Ngomong-ngomong soal gajah mina, konon pada 15 januari 2005 silam ditemuin bangkai dari gajah mina ini di pantai dungun. sekarang tulangnya ada di museum lingga di riau. Ni gambar bangkenya..

satwa langka, gajah laut 
Dari bangkai itu bisa dektahui kalo panjangnya 12,40 meter, panjang pangkal ekor sampai ujung ekor 1,80 meter, panjang gading 2,40 meter, tebal kulit 10 sentimeter, panjang sirip bawah 78 cm, dan lebar sirip bawah 47 cm. Untuk lengkapnya silakan baca artikel ini..

Nah lo, apakah ini gajah mina alias trunko yang legendaris? Walopun ga jelas tapi kita bisa liat kalo warnanya putih..

Ga cuma itu lo Readers, tanggal 20 juni kemarin tulang dari makhluk yang diduga gajah mina diangkat dari perairan natuna. Jadi ada seorang nelayan yang ngeliat gajah mina ini terperangkap di jebakan miliknya tapi karena ga berani ndeket dia nyuekin si gajah mina ini, 3 bulan kemudian pas dia balik gajah mina ini uda tinggal tulang doang, liat deh tulangnya..

Images of the sea monsters bones found by fishermen in the waters of Indonesia. Natuna, Indonesia. 20/06/2010

Images of the sea monsters bones found by fishermen in the waters of Indonesia. Natuna, Indonesia. 20/06/2010


Images of the sea monsters bones found by fishermen in the waters of Indonesia. Natuna, Indonesia. 20/06/2010


Images of the sea monsters bones found by fishermen in the waters of Indonesia. Natuna, Indonesia. 20/06/2010

Wow, kaya ikan tapi ada gadingnya ya? Apakah ini beneran gajah mina? Ato trunko?

Aku juga ga tau sih ini beneran tulang gajah mina ato bukan..

Nah, apakah bener kalo gajah mina itu spesies yang sama sama trunko? Bentuknya sama-sama kaya paus, warnanya juga sama-sama putih, uda gitu tulangnya punya gading kaya gajah.. Bedanya kalo yang ini di indonesia kalo trunko di afrika.. Jadi kesimpulannya.... Ga ada.. Selama ga ada yang ngejejerin gajah mina dan trunko aku ga bakal tau apakah mereka spesies yang sama apa bukan.. Mau ngebandingin tulang gajah mina ma gambar trunko juga sia-sia..

"Siapa bingung?"
"Sayaaa..."

Demi perdamaian otak eke, alangkah baiknya kalo kesimpulan dikembalikan kepada Readers masing-masing..

Hehe, menurut Readers gimana?

PS:Kalo ada yang yang minat ngirim tulisan bertema cryptozoology bisa dikirim ke email harits, artikel yang diterima berhak untuk harits edit. Lumayan lo jadi ngetop..

23 komentar:

  1. PEEEEEERTAAAAAMAAAAAXXXXXX wkwkwkwk
    bro apa ini termasuk spesies ikan laut dalam/cryptoo?apa ada peneliti ga yang udh meneliti tentang gajah mina?kayanya gajah mina berevolusi dari gajah darat/kebalikannya!!!! jd bingung plus penasaran pengen liat bentuk utuhnya or yang hidupnya heheheheh

    BalasHapus
  2. emang mirip sih, tapi ga mungkin sampe ke Afrika segala....

    BalasHapus
  3. @x-zone:kyanya crypto deh,d cri b'jam2 g ktmu aslinya sih..bda lo gjah mina ma gjah laut..
    @anonim:hhe,kali2 lg mudik k afrika
    :p

    BalasHapus
  4. Wah2 ga nyangka komen saya ditebus pakai artikel! top abizz! ternyata di indonesia ada juga kisah penemuan bangkai2 criptid yah! tapi kenapa, oh kenapa, ga seheboh di luar negeri yah? di luar nemuin bangkai kecil kayak di Montauk aja heboh banget. kayaknya bloggers misteri Indonesia harus liat2 sekitar nih skali2. Haritz paling oke nih!!

    But, mslh hubungan antara trunko dan gajah mina tu mungkin aja bro. Laut ini kan luas banget, Kayak ikan Coelacanth(semoga ga salah tulis) yang pertama ditemukan di Afrika, ternyata banyak banget ditemukan di. . . ...

    INDONESIA!!

    memang sih selama makhluk itu belum ditemukan, kita tak bisa membuktikan apa2

    St. Germain

    BalasHapus
  5. Perasaan kayak paus kk

    Lupa namanya hehehehe. Paus Biru mungkin atau pasu bungkuk. Kalau dari tulang sih mana bisa ka' identifikasinya

    Menurut saya gading itu mirip kerangka paus (lupa namanya)

    BalasHapus
  6. @st germain:hhe..seru sih..tp iy nih heran,tulang d natuna aja ada d media luar negeri nemunya..
    @andika:criin dong dik indonya..
    :p

    BalasHapus
  7. Cariin apa, ga jelas. Ngomongnya gede2.

    Indo apaan

    BalasHapus
  8. Nah ini dia jawabanya menurut saya sih hehehehehe.

    Kerangkanya itu mirip disini

    http://en.wikipedia.org/wiki/File:GreenlandWhaleLyd3.jpg

    Dan panjang Paus ini (Bow Head) sekitar 22 meter. Sedangakan panjang Gajah mina itu 12 m ditambah gading yang mungkin salah kaprak alais HOAX. 12+2= 14. Kali aja tuh paus masih anakkan

    Hal diatas cuma saya analisa dari tulang.

    BalasHapus
  9. Wow,brt ni mksdnya tulang paus grinlen??
    :3

    BalasHapus
  10. Waduh kerangkanya mirip paus itu sih. Tapi kalau saya lihat di

    http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_whale_species

    Kita bisa menemukan paus yang mirip dengan Bowhead itu, banyak kok. Nah, silahakan mencari paus yang tepat sesuai daerah peraiarannya. Selamat Mencoba hehehehe

    BalasHapus
  11. Wkwkw,ill try deh bro..
    Makacyu infonya..
    :3
    Mg2 ku cri g ktmu,biar ttp jd mis..

    BalasHapus
  12. sperti yang ada di insaniquarium..

    BalasHapus
  13. Wkwk..yg naro ikan ke mulut kl ada alien bkn?
    :p

    BalasHapus
  14. Hmm, gajah laut ya?

    Klo dalam ilmu biologi sih emang ada gajah laut, tapi itu sejenis anjing laut dari kutub. Wekekekek

    BalasHapus
  15. Haha.. Ketawa geli liat gambar yg pertama. Tu kepala gajah campur ama badan Paus/duyung y? Hihi.. Om harits kreatip euy..!!
    -Nuning-
    PS : td coba posting status gagal :(

    BalasHapus
  16. bedaa sama trunko. kalo trunko gapunya gading, ini adaa. eh terus kalo itu emg bener gajah mina, harusnya bisa copot dr jaringnya dooong-- haha

    BalasHapus
  17. ya di Lingga, sekarang fosilnya ada di museum linggam cahaya ini fotonya dan menurut saya itu bukan greenland whale juga bukan trunko.....

    http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://www.pariwisatalingga.com/imgberita/tulang.jpg&imgrefurl=http://www.pariwisatalingga.com/indmuseum.php&h=115&w=151&sz=6&tbnid=XxMLA5NmUnmUDM:&tbnh=91&tbnw=120&prev=/search%3Fq%3Dgajah%2Bmina%26tbm%3Disch%26tbo%3Du&zoom=1&q=gajah+mina&usg=__K_06XZugVY5vY3D82DtUV60Krco=&docid=NpDGU47XEpJthM&sa=X&ei=80_vT9jEB8HOrQfpr_i9DQ&ved=0CHEQ9QEwBQ&dur=152

    BalasHapus
  18. Kenapa mereka gak laporin ke national geography untuk di teliti.....

    BalasHapus
  19. this extinct animal is still exist in part of kepri province Indonsia, museum @ daik lingga, anambas and natuna, and also a museum in north mollucas, hope that soon natgeo or discovery channel would like to documentary the sightings.... for further info mail me ... dian.batamtourism@gmail.com

    BalasHapus
  20. gajah mina dalam mitologi melayu bukan rahasia umum, sejak kecil kami sering diceritakan hewan langka ini baik oleh orang tua dan kakek serta keluarga yang lain. Banyak masyarakat dipesisir kalimantan barat serta riau kepulauan mengkoleksi bagian tubuh (entah bulu, tulang bahkan taring) gajah mina. di sekitar Indonesia khususnya perairan sekitar kalimantan terdapat tidak kurang 20 jenis paus (jangan berpikir paus hanya paus biru dan paus bongkok) yang senantiasa berimigrasi setiap tahun. masyarakat pesisir cukup paham mana ikan paus yang umumnya tidak berbulu lebat dengan hewan lain. dalam 20 tahun terakhir saja terdapat 2 jenis baru paus yang diidentifikasi, sehingga kemungkinan bertambahnya jenis2 baru untuk ditemukan cukup besar. Jangan dibiasakan untuk mengejek atau menganggap hoax sesuatu yang sedang diteliti, pesimis boleh namun harus kita dukung individu2 yang berusaha menganalisis sebuah temuan. semoga ada kabar yang lebih up to date dan positif mengenai gajah mina atau trunko (saya termasuk yang yakin keberadaan makhluk ini). terima kasih

    BalasHapus
  21. Ajib sekali akan gajahmina
    Tempatnya da'im di laut Cina
    Mencari air ke Tur Sina
    Oleh itu kerjanya hina
    Hamzah Fansuri sungguhpun hina
    Tiada ia radî akan Tur Sina
    Diamnya da'im di laut Cina
    Bermain-main dengan gajahmina

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter