Harits さんの未確認動物学の恋人

Kamis, 12 Agustus 2010

Kappa-Makhluk Sungai Dari Jepang

Hai Readers.. Maap lama ga ngepost.. Kemaren-kemaren sibuk sih..

Kali ini eke mau bahas tentang kappa.. Gini-gini..

Kappa itu dari bahasa jepang, artinya 'anak sungai'.. Di jepang, kappa itu youkai terkenal yang berhabitat di sungai-sungai jepang.. Ni gambarnya Readers..


Ups, kok dia.. Harusnya yang ini..

Image:Kappa-4.jpg
"yang diatas bukan saya.."

Karakteristik kappa sendiri kaya gini.. Badannya kaya anak kecil, kulitnya ijo dan berlendir, jarinya berlendir kaya katak, di kepalanya ada tempurungnya buat nampung aer, mukanya kaya monyet, kadang ada tempurung kura-kura kaya kamesennin, rambutnya ngebob, tangan kakinya juga panjang, kappa juga jago banget renang.. 


Yang bikin kappa makin ajib soalnya konon mereka ini pinter.. Saking pinternya, mereka ahli bahasa jepang, koppo (teknik peremuk tulang), sumo, shogi (catur jepang), irigasi dan pengobatan.. Waw, kalo aku sih boro-boro bahasa jepang, bahasa indo aja suka salah eja.. 

Mungkin kalo diliat-liat kappa ini termasuk cryptoid yang culun punya, tapi jangan keliru, kappa juga terkenal sadis.. Kappa itu doyan makan anak kecil, ga cuma anak kecil sih, anak besar juga dia doyan. Sebenernya kalo dibilang 'makan' itu agak salah, yang bener tu kappa nyedot darah, liver dan shirikodama (bola life force yang konon ada di tubuh manusia) dari anus.. Sumpah ini beneran dia nyedot semuanya lewat anus.. 

Illustration by Gōjin Ishihara --  
 Kappa (river imp), Illustrated Book of Japanese Monsters, 1972

Kappa juga demen nyulik anak kecil, nyari cewe buat diperkosa dan nyolong mayat.. Jadi kalo ada yang sungai di deket rumah ada kappa, mending pindah aja sebelum terjadi hal-hal yang ga diinginkan..

Walopun gitu ada cara biar kappa ga nyerang manusia.. Karena kappa takut api, di desa-desa di jepang suka ngadain festival kembang api buat nakutin kappa.. Selain itu, konon kappa itu lebig suka timun daripada manusia, jadi uda jadi kebiasaan orang jepang buat nulis nama anaknya di kulit timun terus timunnya dibuang ke sungai, mereka percaya dengan cara ini anak meeka ga bakal diganggu kappa..

jenis-jenis kappa

Tapi kalo belum ngelakuin itu semua dan tiba-tiba ada kappa nyerang kata, yang bisa dilakuin cuma satu.. Yaitu ngebungkuk.. Karena kappa itu cryptoid sopan mereka pasti bakal ngebales ngebungkuk, nah, pas ngebungkuk itu air yang ada di tempurung di kepala mereka bakal tumpah dan kappa bakal kehilangan kekuatannya.. Karena kappa terkenal sopan, kalo kita nolongin kappa, mereka bakal utang budi seumur idupnya..

Oia, kappa juga punya self defence yang jorok bagus lo..Kalo ada nelayan mau nangkep kappa, kappa bakal ngeluarin gas yang bau banget dan banyak banget.. Konon, kappa itu punya 3 lobang pantat..

Sampe sekarang orang jepang percaya kalo kappa itu masih idup di sungai-sungai, sampe-sampe ada tanda larangan renang di sungai yang diduga berkappa..





Penampakan kappa di era modern juga ada lo Readers..


penampakan kappa di jepang


Nah, apakah kappa itu beneran ada? Kalo ngeliat kepercayaan orang jepang sih kayanya kappa bener-bener ada.. Selain itu uda jadi pengetahuan umum kalo sering ada mumi kappa yang ditemuin..

mumi kappa di museum di belanda

mumi kappa du kuil zuiryuji osaka

mumi kappa di pabrik sake di kota imari

Nah-nah.. Apakah kappa real?? Kalo tanya aku, aku bakal bilang kalo kappa itu real.. Soalnya ada muminya dan sering ada penampakan kappa sampe sekarang.. Walopun bisa aja muminya hoax sih..

Hehe.. Sekian dulu ya Readers.. Caoo..

5 komentar:

  1. Yang terakhir bukannya kurang percaya, kayaknya tuh mumi tulang semua. Kalau itu adalah kerangkanya. Maka Kappa adalah hewan pertama yang saya ketahui punya susunan tulang sejati di sekujur tubuhnya.

    Bro FB saya gk di konfirm yah

    BalasHapus
  2. Ia kn uda eke blg kl bsa aja hoax..
    :3
    Fb jrg ol dik sori..

    BalasHapus
  3. om haritz,gw bisa bhs jepang dikit2.itu papan larangannya tulisannya cuma jangan buang sampah di sungai loh, mari buat sungai kita indah. serius

    BalasHapus
  4. Yak betull..pinter..
    :3
    Itu ilustrasi aja..

    BalasHapus
  5. Yang penah saya baca klo mummi kappa yang ditampilin adalah karya seni dengan cara menggabungkan beberapa bagian tubuh mahluk hidup yang berbeda (alias hoax), jadi sampe dengan sekarang belum ada bukti otentik tentang keberadaan kappa selain berdasarkan dari kepercayan orang jepang dan beberapa penampakan yang belum bisa dipastikan kebenarannya. So...soal percaya akan adanya kappa kembali ke pribadi masing2. Thanx's

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter