Harits さんの未確認動物学の恋人

Jumat, 13 Agustus 2010

Paus Giglioli-Paus Misterius

Hai Readers.. Post kali ini mau bahas tentang paus nih.. Tapi jangan salah lo, ini bukan paus biasa tapi paus giglioli..

Paus giglioli sendiri adalah paus yang ditemukan oleh Enrico Hillyer Giglioli, seorang zoologist dari italia.

File:Giglioli Enrico Hillyer 1845-1909.jpg


Meskipun ditemukan dan diobservasi sama Enrico, tapi sampe sekarang eksistensi paus ini masih ga bisa dibuktikan? Kenapa? Gini-gini..

Pada 4 september 1867, Enrico yang lagi naik kapal magenta dan ada 1200 mil dari pantai chili, ngeliat penampakan paus yang aneh dan ga bisa dikenali bahkan olehnya yang seorang zoologist. Paus itu berenang di deket kapal selama 15 menit(waktu yang cukup buat nentuin jenis paus itu). 
Menurut Enrico paus itu mirip sama paus rorqual, dengan panjang 18 meter.

File:Humpback Whale underwater shot.jpg
paus rorqual

Tapi ada 1 pembedanya.. Paus aneh itu punya 2 sirip punggung! Padahal ga ada satupun spesies paus di dunia yang punya 2 sirip punggung. Manusia aja cuma punya idung satu..

File:Amphiptera pacifica.jpg
nih gambarnya..

Penampakan paus serupa ga cuma kasus ini aja, awak kapal lily juga pernah ngeliat paus ini di perairan skotlandia. Selain itu pada 1983, zoologist dari eropa Jacquest Maigret juga ngeliat paus aneh ini perairan antara corsicca dan prancis.

Walopun gitu spesies ini belum pernah kebukti eksis, selain jarang ada penampakan, ga ada satupun foto dari paus ini, bangkainya aja ga pernah keseret ke pantai.. Tapi walopun gitu paus ini telanjur diklasifikasikan sama Enrico sebagai balaenopteridae. Tapi sekarang paus misterius ini lebih sering disebut sebagai paus giglioli, mengambil nama belakang dari Enrico.
Nah, apakah paus giglioli ini real? Mengingat kalo yang ngeliat paus ini para zoologist, dikit banget kemungkinan kalo ini cuma kesalahan persepsi aja. Tapi.. Dengan ukuran segede itu, paus ini ga pernah keliatan bahkan di jaman modern ini, hal ini ngebikin banyak yang ngeraguin eksistensinya..

Hmm.. Misterius juga nih paus, uda cape-cape diklasifikasiin tapi jarang nongol.. Gimana mau di foto? Karena langkanya penampakan dari paus inilah makanya paus ini mule sering dikategoriin sebagai cryptoid dibanding hewan langka. 

Menurut Readers gimana? Paus ini real apa kaga? Sori kalo postingnya pendek ye Readers..

P.S: Paus ini mirip banget sama rhinoceros dolphin ciri-cirinya

23 komentar:

  1. pertama saya maafkan karena postingannya pendek.hahahaha(bercanda Rits)
    wah mantap nih...
    mungkin perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai ke eksistensian paus ini kali...,

    btw tx for the info..

    BalasHapus
  2. kak harits,tukeran link dooong...
    nih link aku :

    http://www.avicenahumam.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. @pram:sma2 mamen..
    @avicena:yah,eke uda g d warnet nih..bsk deh..
    :3

    BalasHapus
  4. binatang segede tu aj masi ga ketemu ya..(geleng2 mode)

    BalasHapus
  5. mungkin tinggal di laut dalam dan jarang muncul sprt kraken atau sejak penampakkan terakhir jangan2 itu adalah hewan terakhir dan sekarang sudah mati.

    BalasHapus
  6. Trakir?iy jg ya..mngkn dya kcapean jlan2..byngin aja dr chili k prancis..
    :3

    BalasHapus
  7. Paus Rorqual sama paus bongkok itu sama atau beda? sekilas mirip ya, he..he..
    Mungkin salah satu dari spesies paus bongkok yang belum pernah diidentifikasi :)

    BalasHapus
  8. HAH? paus GIGOLO?

    ooh, Giglioli (akh... ribet amet).

    oh ya bang harits, kenalkan
    saya bang tio pelarian Mr. E yang belum updet :D

    baru bisa post komen sekarang

    BalasHapus
  9. bisa aja itu paus jaman jebot(baca: purba) dan idupnya demen di tempat yang dalem, tapi gak mungkin juga, paus kan mamalia, bisa jadi kalo hewan tsb bukan paus, tapi hanya mirip

    BalasHapus
  10. @bang tio:hai bang.. How r u?wkwk,msa paus gigolo?
    @499:kl bkn paus apa dong?inget,yg ngliat tu ahli lo..
    :3

    BalasHapus
  11. fine thank you, and you?
    oh ya, bang harits punya kaskus ya?

    BalasHapus
  12. Kaskus?pnya tp lupa pass,lma g keurus..
    :3

    BalasHapus
  13. udah lupa ya? berarti yang ane liat bukan dong (namanya h4r1ts)

    BalasHapus
  14. Bkan bang..
    :3
    That's not me..fans eke kalii..

    BalasHapus
  15. MARAONITES OF LEBANON15 Agustus 2010 15.41

    kan katanya kamu di post-post sebelumnya itu bahwa leviathan adalah paus itu mungkin juga adalah paus giglioli

    BalasHapus
  16. ulas tuh di cryptomundo ada serombongan cadborosaurus lewat (^!^)

    BalasHapus
  17. Wow,makasih infonya..
    @3@
    Ill check it now..

    BalasHapus
  18. mao ahli ato kagak kan kalo saat itu dia mabok laut? kan sapa tw aja tapi dia gengsi makanya gk bocor ke publik hehe

    BalasHapus
  19. Wktu itu dya g mabok kok,kn mnum antimo..
    :p
    Wkwkw..

    BalasHapus
  20. mari tukeran link, linkmu udah aku pasang

    http://ianfile-memories.blogspot.com/

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter