Harits さんの未確認動物学の恋人

Kamis, 15 April 2010

Megalodon-Penguasa Laut Dalam

Berita gembira buat yang doyan sup sirip ikan hiu, soalnya di post ini aku mau bahas tentang megalodon. Aku yakin buat Readers yang pernah maen R.O tau nama ini. Enjoy..

Megalodon menurut bangsa yunani artinya gigi besar, megalodon itu sebutan buat hiu raksasa yang konon hidup di masa prasejarah kira-kira 1,5 juta taun yang lalu.


Paleontologis menyimpulkan kalo megalodon itu predator terbesar dan terkuat sepanjang sejarah. Dengan panjang sekitar 20 meter, megalodon bisa ngebalik kapal ukuran sedang cuma pake senggolan. Karekteristiknya ga beda jauh ma hiu, megalodon juga disebut rajanya hiu.. konon megalodon bisa memangsa tyranosaurus.

Ilmuwan swiss, Louis Agassiz yang ngasih nama megalodon ke hiu ini pada 1835. Megalodon sendiri kependekan dari carcharodon megalodon. Dia yang nemuin kalo fosil gigi megalodon sama persis sama hiu putih jaman sekarang. Fosil giginya megalodon kira-kira sepanjang 18 cm (7,1 inci) dan gigitannya 10 kali lebih kuat dibanding hiu putih, bayangin deh kalo kegigit.. Hii..

Oia, katanya sebelum megalodon ditemukan orang jaman dulu ngira kalo gigi megalodon itu gigi monster ato gigi naga.

Fosil megalodon ditemuin di tempat-tempat yang berbeda, di amerika utara, selatan, selandia baru, jepang, afrika, malta dan india. Fosilnya utuhnya belum pernah ditemuin, fosil-fosil yang ada sekarang cuma rekontruksi dari tulang belulang hiu putih. Louis Agassiz sendiri baru berhasil merekontruksi fosil megalodon pada 1843.

Liat foto-foto fosil megalodon di bawah ini deh Readers..



"gigi megalodon"


"rahang megalodon"


"fosil utuh megalodon"


"aku lagi dikejar megalodon"

Pertanyaan yang sering muncul tentu aja, Apakah megalodon masih idup sampe sekarang? Para ahli sendiri ga nyimpulin kalo megalodon tu masih idup, tapi juga ga nyangkal kalo dia mungkin masih eksis.

Kalo megalodon masih idup dan ga pernah keliatan ma manusia sih wajar aja, dengan gede yang nyaingin dan bahkan ngelebihin paus, megalodon butuh perairan yang dalam buat bisa berenang bebas, dan kita, yang cuma bisa liat dari kapal ga bakal bisa ngeliat, jalur pelayaran sedikit banyak emang dirancang buat nyusuri daratan dan ngejauhin laut dalam. Liat perbandingan gedenya megalodon ma hiu dan manusia.



Kita cuma dipake buat tusuk gigi doang tuh.. Buat Readers yang demen sirip hiu, ada yang mau nangkep megalodon ga? kalo mau jangan lupa siapin surat wasiat ya? Hehe..

11 komentar:

  1. Oh,ya kak Haritz, kemaren aku baca-baca tentang Hiu juga di blog enigma. Tentang hiu yang dimakan hiu raksasa. Coba deh liat dulu kalo blum, apa kayak gitu Megalodon? Apa gedean lagi?

    Aku juga mau request,kalo bisa tentang monster danau. Soalnya yang paling sering kan Nessie. Dah bosen... Minta yang lain ya...

    thanks

    BalasHapus
  2. Aku dh bca yg d enigma kok yov,itu hoax,d edit pk potoshop.
    Monter dano?y aku kmpulin bhn dlu ya..

    BalasHapus
  3. yaaaa .. monster danau :D apalagi nessie tuuh , mnta tolong di post yaaaa
    makasih

    BalasHapus
  4. Kak aku jg penasaran ma nessie,,,tolong di post y,,,

    BalasHapus
  5. Kalo Megalodon masih hidup, kemungkinan besar dia berenang di permukaan seperti kebanyakan hiu.

    BalasHapus
  6. mungkin megalodon pemalu, jadi jrang ke atas..
    :3

    BalasHapus
  7. megalodon itu sejenis hiu yang sangat ganasdanmegerikan dan dia mampu memakan 5orang sekaligus

    BalasHapus
  8. ah aq megalodon tpi bisa makan 10 sekaligus tuh
    :3

    BalasHapus
  9. nih ada video hiu besar banget ini alamatnya/watch?feature=player_detailpage&v=RTKzrVv7I_o

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

Protected by Copyscape Duplicate Content Detector