Harits さんの未確認動物学の恋人

Senin, 24 Mei 2010

Chiang shih-Chinese Vampire

Hai Readers.. Pernah ga nonton film vampir? Pasti pernah dong..

Tapi maksudku bukan nyu mun tapi film vampir china, inget ga dulu taun 1996 tiap sabtu jam 10an ada film vampir di RCTI? Liat foto di bawah buat pengingat..



Inget kan?? Nah di post ini aku mau bahas tentang chiang shih ato yang kadang dikenal dengan nama jiangshi.. Ini termasuk zombie lho.. Jadi gapapa kan aku post di blog ini..

jiangshi sering disebut chinese vampire oleh orang amerika, kadang juga disebut mayat loncat (bukan pocong lo). Jiangshi sering memburu manusia dan menghisap energi kehidupannya, jadi kalo di film dia digambarin ngisep darah itu sebenernya agak salah.. gini-gini..



Kalo diliat dari penampilannya jiangshi mirip banget sama manusia, bedanya dia punya taring dan kuku yang tajam, kadang juga disertai aura kehijauan.. konon mereka ga jalan soalnya mayat bakal mengalami kesakitan, jadi mereka memilih loncat. Mata jiangshi punya lingkaran item di bawahnya, mukanya juga lebih pucet dibanding manusia.

Dalam film, jiangshi sering diperlihatkan pake baju kekaisaran dinasti qing, tangannya juga lurus ke depan, ini menggambarkan pejabat dinasti qing yang mengerikan dan mencerminkan stereotip umum di antara orang cina han dari orang manchu, dinasti qing adalah dinasti yang haus darah dan ga memperhatikan kemanusiaan.

Jiangshi adalah makhluk malam dan mereka mengalami kesulitan melintasi air yang mengalir. Orang bilang kalo mereka sangat kejam dan ga ragu merobek kepala atau anggota tubuh dari korban mereka. Mereka juga dikatakan punya dorongan seksual yang kuat yang menyebabkan mereka menyerang dan memperkosa wanita (buset). Setelah beberapa periode, Jiangshi akan memperoleh kemampuan untuk terbang, tumbuh rambut putih panjang, dan kemampuan untuk berubah menjadi serigala.



Mereka dapat dihindari dengan cara menahan nafas, soalnya mereka buta dan melacak makhluk hidup dengan mendeteksi napas mereka. Mereka juga bisa diusir pake bawang putih ato garam. Mereka bisa diusir dengan suara keras, dan petir bisa membunuh mereka. Sapu bisa dipake untuk menuntun jiangshi balik ke kuburan mereka, sementara beras, dan kacang merah dipake buat perlindungan. Intinya kalo ada jiangshi kita tinggal ke dapur aja..

Kalo jiangshi memasuki
tahap rambut putih, jiangshi cuma bisa dibunuhpake peluru atau guntur. Tubuhnya kemudian harus dikremasi.

Kalo sebuah desa diserang jiangshi maka cuma
pendeta Tao yang bisa diandalin buat ngelakuin upacara mengusir energi negatif. Pendeta Tao memakai potongan-potongan kertas jimat-kuning dengan karakter tak terbaca yang ditulis dengan tinta merah atau darah.Selanjutnya pendeta Tao tinggal nempelin kertas mantra tadi di jidat jiangshi, terus menuntun mereka pergi pake bel. Kalo jiangshi udah terlalu kuta buat diusir, pendeta Tao biasanya makai pedang kayu yang uda ditulis mantra dan mengusir jiangshi itu.

Feng shui dalam arsitektur Cina punya cara sendiri buat ngusir jiangshi, tinggal masang batang kayu setinggi 6 inci di pintu gerbang dan niscaya mereka ga bakal bisa loncat. Bisa sih loncat, tapi tar bakal kejedot.. Gerbang di rumah china kan pendek tuh..




Nah lo..

Gimana caranya orang mati jadi jiangshi, ada yang bilang kalo matinya menderita kita bakal jadi jiangshi, misalnya mati kecelakaan, sakit menahun ato bunuh diri, tapi orang bisa jadi jaingshi juga kalo upacara penguburannya ga layak..

Ada legenda tentang jiangshi yang cukup terkenal, konon taun 1907 ada seorang wanita yang punya suami bernama liu, suatu pagi dia bangun dan ngeliat kalo liu udah mati dan kepalanya ga ada. Polisi terus nangkep dia karena dituduh membunuh suaminya. Tapi terus orang desa nemuin sebuah makam yang uda kebuka dan ga ada mayat di dalem petinya. Karena penasaran mereka ngeliat sekeliling dan di balik rerimbunan bambu mereka ngeliat jiangshi berambut putih lagi berlindung dari sinar matahari dan lagi nenteng kepalanya liu! Kepalanya liu ga bisa dilepas dari jaingshi itu terus mereka motong tangan jiangshi itu, anehnya kepala liu ga netesin darah, selidik-punya selidik darahnya uda diisep abis ama jiangshi!

Nah, apakah jiangshi itu eksis? Menurut ilmu sains sih ga bakal bisa orang mati tu idup lagi, pengamat sejarah di china percaya kalo jiangshi itu cuma perusuh yang ingin nakut-nakutin orang..

Kalo menurut Readers gimana? Apakah mereka eksis??


SAYA EKSIS! GROAA!

15 komentar:

  1. Klo vmpir di Indonesia sprti apa ya kira - kira ? :)

    BalasHapus
  2. Gmbr yg trakhir kyanya prnh liht dmn y ? oh ya, di profilnya Harits =p, xixixi

    BalasHapus
  3. weks, eke sejuta x lipet lbh ganteng tauk..
    =p
    request stargate dong vahn..

    BalasHapus
  4. Bang, menurut abang vampir tuh cryptozoology ya? Kalo iya berarti sama ma saya wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  5. mampir ke blog saya dong
    http://499-Mitologi.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. di indo mah adanya kolor ijo... mungkin tabiatnya sama kaya jiangzi ini ^^

    BalasHapus
  7. hahahahahaha! perasaan loncat lebih sakit & melelahkan dibanding jalan.... fiuhh.... dasar jiangshi aneh2.... :P

    BalasHapus
  8. walah si harits ngepost artikel yang sama anehnya ma doski...wakakakkak

    BalasHapus
  9. wah rame nih..
    (='3'=)
    tgl dibagiin golok uda bisa tawuran..
    we'e'e, masa uda ganteng mampus gini dibilang aneh sih?

    BalasHapus
  10. kalau vampire vs dracula sapa ya yg menang ??? mereka kan sama2 pengisap darah manusia tuh ???

    BalasHapus
  11. vampir lah,kan ada edward cullen..
    :3

    BalasHapus
  12. Palasik vampirnya Indonesia

    BalasHapus
  13. tempelin tulisan di kepalanya, tulisannya "diskon 50%. ibu-pasti suka, daster cina yang kayak gitu.

    BalasHapus
  14. vampir gue taunya edward cullen wahaha

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter