Harits さんの未確認動物学の恋人

Senin, 17 Mei 2010

Moa-Burung Terbesar Di Dunia

Hai Readers, Kemaren dah bahas mamalia, kemaren-kemarennya lagi reptil, kalo dipikir-pikir unggas jarang banget ya? Sekarang bahas unggas aja yuk, gini-gini..

Kita tau dong kalo unggas terbesar di dunia itu burung unta, tapi itu baru-baru ini. Jaman dulu ada burung yang ukurannya jauh lebih besar dari burung unta, yaitu moa! Persamaannya mereka sama-sama ga bisa terbang.

Ralat, jangankan terbang, sayap aja mereka ga punya..


ilustrasi

Moa pernah hidup di selandia baru, tapi sekarang moa udah punah gara-gara perburuan yang dilakuin orang maori dan gara-gara elang haast, elang haast sendiri adalah elang yang ga kalah gede dan makannya moa!

Elang ini juga uda punah..


run for your life!

Sebagai burung moa itu luar biasa banget, tingginya bisa sampe 3,7 meter dan beratnya 230 kilo! Bandingin ma burung onta yang berat dan tingginya ga sampe separonya.. Liat gambar deh, yang dibawah ini perbandingan moa, burung unta ma kiwi..



Jangan takut tapi Readers, moa itu makan taneman kok..

Tapi beneran ga kalo moa itu udah punah? Karena ditemuin jejak kaki moa antara taun 1911 sampe 1973. Apakah itu satu-satunya moa yang tersisa? Jejaknya juga gede kurang lebih 36 senti.


moa?

Lebih heboh lagi, konon sekumpulan moa terlihat di southwestland, selandia baru, pada 2008!

Ada juga situs moa yang keren yaitu goa moa, di gua ini berserakan tulang belulang moa.. Kenapa tulang belulang ini ada di dalem gua? Ga tau..



Diliat dari keterangan singkat diatas, yang bisa kusimpulin itu:
  1. Moa dagingnya enak dimakan
  2. Moa hidup berkelompok
  3. Kalo mau mati moa masuk gua dulu
Okeh, itu dia sedikit info tentang moa, maap kalo pendek ya Readers..

8 komentar:

  1. Mungkin burung kasuari dan burung onta keturunannya kali, he..he..he

    BalasHapus
  2. Kwkwkw,Ga skalian burung kiwi?
    =p

    BalasHapus
  3. kesimpulan nomer tiga tuh..
    kocak banget..!!!
    wkwkwkwkwk..!!!
    nice post..

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. ada yang lebih besar: burung gajah (aepyornis maximus), beratnya 500 kg dan tingginya 3 meter. hewan ini punah pada abad ke-17 setelah kepunahan burung dodo dari pulau mauritius

    BalasHapus
    Balasan
    1. burung gajah juga tidak punya sayap seperti moa, rhea, emu, dan kiwi

      Hapus
  6. kyknya yang di film UP itu burung Moa

    BalasHapus
  7. coba bahas J'Ba Fofi Laba-laba raksasa sepanjang 5 kaki dari pedalaman Congo.

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter