Harits さんの未確認動物学の恋人

Senin, 31 Mei 2010

Namitarou&Takitarou-Ikan Gede Asli Jepang

Ohayo Readers.. Kali ini bahas tentang ikan yuk.. Kali ini bintang tamu kita berasal dari jepang.. Welcome namitarou dan takitarou!

Namitarou adalah ikan gede yang konon hidup di telaga takanami di perfektur niigata, honshu, Jepang. Para saksi bilang kalo ikan ini memiliki panjang 2 sampe 4 meter. Ikan ini ngetop banget di niigata dan sempat terpotret oleh salah satu turis, ini dia gambar telaganya..

Kalo yang ini foto namitarou..



Gede ya?

Namitarou sering dianggap sebagai ikan kerapu raksasa. Kalo ga kerapu rumput(Ctenopharyngdon idella), ya kerapu perak (Hypophthalmichthys molitrix). 2 spesies ikan kerapu ini emang lazim ditemui di jepang, daging kerapu perak terkenal enak.Kerapu rumput bisa tumbuh sampe 1.2 meter dan memiliki berat sampe 18 kilo, sedangkan kerapu perak bisa mencapai 1 meter dan berat 27 kilo.


Ini kerapu lho..

Beberapa berteori kalo namitarou ini adalah spesies dari ikan kerapu terbesar di dunia, kerapu siam (Catlocarpio siamensis), panjangnya bisa 3m (10 ft) dan beratnya 300kg. Malah ada yang memulai isu kalo namitarou itu ikan kerapu siam impor yang dilepas di telaga takanami untuk menarik pengunjung.. Bisa jadi sih..

Telaga takanami sendiri cuma memiliki kedalaman ga lebih dari 13 meter, agak sempit buat cryptoid buat ngumpet, paling ga itu kata ilmuwan.. Tapi keajaiban alam sapa yang bisa memprediksi iya ga sih..

Oia sebelum lupa, telaga ini punya atraksi alami yang disebut ombak tarou, konon ombak ini terbentuk karena namitarou lagi berenang di permukaan telaga.. Ga ada gambarnya sih, tapi bisa kok dikira-kira.

Takitarou ga jauh beda sih prediksinya, cuma beda tempat aja.. Takitarou dipercaya ada di perfektur yamagata, tepatnya di danau otori, liat deh danaunya..


Takitarou konon memiliki panjang 3 meter dengan berat 80 kilo, konon seekor takitarou pernah ketangkep taun 1907 dan langsung dimakan sama penduduk, katanya enak lho..


Danaunya sendiri memiliki kedalaman 68 meter dan luas 3,2 kilo dan ga lupa banyak ikan dan plankton, yah cukup mendukung mobilitas ikan segede takitarou ini emang, ga mustahil takitarou idup disini..



Well, karena penjelasannya kurang lebih sama kaya namitarou, jadi ga kutulis lagi gapapa kan?? Ehm, sebenernya ikan yang gede itu udah lazim kok jadi ga aneh lagi, liat aja acara monsterfish di natgeo.. Tapi emang kutulis soalnya di jepang, ikan-ikan yang gede ini kerap disimbolkan sebagai pembawa hoki maupun tunggangan dewa!

Sebelum udahan, liat deh foto-foto ikan gede lainnya di berbagai penjuru dunia..




21 komentar:

  1. Kemana aja Rits ? kok baru nongol?
    Saya juga punya ikan raksasa di kolam dekat rumah tu, si lele dumbo, wakakakaka...

    BalasHapus
  2. Weekend en hari BESAR g ngepost bro..hhe..
    =p
    Lgian d rmh g ad intrnet..

    BalasHapus
  3. waw.... itu foto ke 4, ikannya lebih gede dr anak kecilnya. sekali caplok, abis tuh. wkwkwkwk! XD
    iyaaa~~ monsterfish yg di natgeo apa di discovery channel ya? 0_o"a
    di discovery channel jg ada tuh yg tentang ikan2 gini. waktu itu saya sempet liat ikan lele yg makan2 org. katanya gara2 kebiasa makanin sisa2 mayat yg dibuang di sungai jd ikan lelenya berevolusi jd ikan lele pemakan ikan. gedeeeee deh katanya. hehehehe
    *lain kali udh ngga berani main di sungai* :P

    BalasHapus
  4. Saya sih pengen keterangannya sekalian, Oh ya bukannya Cripzootology itu hewan yang diketaui ada tapi biasanya hanya didukung sifat legenda atau mitosnya

    BalasHapus
  5. @licaca:iy kl g d natgeo y d disco gtu deh..lele pmakan ikan apa org tu ca?
    @andika:hhe,abis asik sih..
    =p

    BalasHapus
  6. iya, itu lelenya beneran makan org. gara2 kebiasa makan daging manusia, jd berevolusi deh lelenya. guede puoll! yg di disco itu aja yg ketangkep temennya si lele pemakan manusia itu doang. tp gede & serem. dan katanya yg makan2 org lebih gede dr temennya itu.... =="a

    BalasHapus
  7. @Lica
    Mungkin yang kamu maksud lele dari sungai Gangga di India kalau tidak salah, tapi saya juga sempat membaca jika ikan yang tertangkap adalah jenis ikan giant snakehead ( di blognya enigma ada artikelnya )
    gambar yang beredar di internet adalah ikan hiu apa gitu namnaya saya lupa, he..he..he

    BalasHapus
  8. @licavahn:kyanya klian brdua tgl patungan trs bkin akuarium ajadeh..
    Kwkwkwk..
    Iye,itu ikan lele demen mkan org,soalnya pnduduk sktr sunge gangga hobi ngalirin mayat d sungai,dan ngbikik ikan lele jd doyan mkan orang dan tmbuh jdi segede apaan tau..
    (=^3^=)

    BalasHapus
  9. @vahn : iyaaa! Itu dy! -n0n-
    hah, hiu? Hiu tinggal di sungai? Hmm.... Boong tuh~~ *0*)/

    @harits : sekalian aja patungan bikin river world (sea world kan dah ada) wkwkwkwk!
    Iya, lele yg itu. Gara2 kesenengan mkn daging org, jd abnormal gt deh. Gedenya jd lbh gede dr lele biasa. Mengerikan.... --'a

    BalasHapus
  10. ikan gede bang...... e..e.., ikan paus juga gede bang ^^", tapi kayakny gak sebab juga deh, lele makan daging orang bisa jadi gede banget, kan yang idup di sungai bukan lele doank :3

    BalasHapus
  11. @ Lica
    ada juga lhp jenis hiu yang bisa hidup di air tawar, namun itu hanya dugaan saja..
    Btw, ikan lele memang mantap..saya pernah beri makan lele dumbo saya dengan seekor ayam, hasilnya, 2 hari ayam itu ludes tinggal tulangnya :), hi..hi..hi

    @harits
    Ikut patungan juga donk rits, biar rame, wakakaka

    BalasHapus
  12. percaya deh vahn peternak lele..
    =p
    ada request kga nih??

    BalasHapus
  13. @vahn : oww.... Jd makin ga pengen main2 di air.... Hiks --'a
    what?! Lele km makanin ayam?! Sungguhan itu? Ckckck.... Hati2 lelenya berevolusi jd makanin km. Wkwkwk! :P

    @Harits : rikues yuki ona a.k.a wanita salju dong.... Blh ga tuh? Hehe -n,n-v

    BalasHapus
  14. Bang, kenalan dong ! Banyakin tentang monster laut/ air dong...... Oiya, mo request monster yang konon ada di great barrier reef (Ostralia) yaa... thx love pis en gaul.. (planet remaja yah ?)

    BalasHapus
  15. hebat ya update terus ya. mudah2an cpt putus sama pacarnya ya. haha. (just kidding) numpang lewat aja bro. slm knal. (anggep aja kita ga kenal)

    BalasHapus
  16. Ok req nya d tgu aja,aku cri bhnnya dlu..
    =p

    BalasHapus
  17. Di Indonesia juga ada ikan gede gitu...di telaga/Situ Patengan...namanya kata nelayan situ mah namanya si layung(warna ikannya orange)..diduga ikan mas besar..kira kira 2 meter panjangnya...sebesar perahu lah

    BalasHapus
  18. Waw..aku mlh g tw..tr q cb cri ma apdet dh..
    =3

    BalasHapus
  19. lumayan tu kak klo jadi ikan bakar, hehehe...

    BalasHapus
  20. bener juga tuh!!pasti enek kalo dijadiin ikan bakar...........

    BalasHapus
  21. dsar ni pda ngidam ikan bakar ye?
    :3

    BalasHapus

Hayo, komennya yang sopan ye..

twitter